Comscore Tracker

Praktis Untuk Menu Berbuka Puasa, Ini Resep Kerang Gundul Saus Padang

#RamadanMasaKini Praktis dan bisa dicoba langsung di rumah

Medan, IDN Times - Kerang gundul adalah salah satu seafood yang banyak peminatnya. Lalu, kenapa dinamakan gundul? Warga Medan biasa menyebutnya kerang gundul. Nama tersebut adalah nama yang disesuaikan dari kulit yang tak berbulu pada kerang. Ya, walaupun di beberapa daerah namanya akan berbeda.

Akhir-akhir ini banyak kuliner yang menyajikan seafood yang dimasak dengan bumbu saus padang. Nah, ternyata tak hanya hits musiman saja, kerang saus padang ini juga dijadikan untuk menu berbuka. 

Untuk menu berbuka, kamu juga bisa buat sendiri kok di rumah, gak perlu beli terus-terusan kan? Berikut resep praktis membuat menu berbuka kerang gundul saus padang.

1. Cara memilih kerang

Praktis Untuk Menu Berbuka Puasa, Ini Resep Kerang Gundul Saus Padanginstagram.com/fI3_an1

Saat membeli kerang pastikan kita memilih kerang yang masih segar. Ciri-ciri kerang yang segar adalah tidak berbau busuk, tidak mempunyai lendir, dan cangkangnya masih tertutup rapat (tidak terbuka). Atau, kalau kerang sudah dilepaskan dari cangkangnya, kerang harus terasa kenyal ketika dipegang.

Bersihkan kerang dengan cara merendamnya dalam air garam. Asin dari garam akan membuat pori-pori pada kerang terbuka, sehingga kotoran yang ada pada kulit kerang akan keluar.

Bila tidak ingin segera memasaknya atau ingin memasaknya kembali di lain kesempatan, simpanlah kerang bersih dalam tempat atau toples yang tertutup dengan rapat, lalu taruh di dalam freezer. Dan umumnya kerang dimasak dengan cara dikukus. Jika hendak mengukus kerang, cukup kukus selama 30 menit saja.

Baca Juga: Jangan Asal Beli, Perhatikan 4 Hal Ini saat Beli Makanan Berbuka Puasa

2. Bahan yang diperlukan untuk membuat saus

Praktis Untuk Menu Berbuka Puasa, Ini Resep Kerang Gundul Saus Padangpexels.com/Maarten van den Heuvel

Bahan utama:

1 kg kerang gundul cuci bersih
8 lembar daun salam
1 batang sereh geprek
1 ruas jahe geprek
Air secukupnya

Bahan saus:

1 buah bawang bombay rajang
1 sdm saus tiram
2 sdm saus sambal
1 sdm kaldu jamur bubuk
1 sdt gula pasir
Garam sesuai selera
2 lembar daun salam
300 ml air
1 sdm tepung maizena campur dengan 2 sdm air
Minyak untuk menumis
2 batang daun ketumbar rajang (optional) 

Bumbu halus:

5 siung bawang putih
6 buah cabe merah keriting rebus (boleh tambah rawit merah sesuai selera)
2 buah tomat rebus
1 ruas jahe

3. Cara membuat kerang gundul saus padang

Praktis Untuk Menu Berbuka Puasa, Ini Resep Kerang Gundul Saus Padanginstagram.com/dnv_cake_n_bakery

Didihkan air dengan 8 lembar daun salam, sereh dan jahe kemudian masukkan kerang dan rebus selama 15-20 menit hingga kerang terbuka dan matang. Lalu, angkat kemudian cuci sampai bersih dan buka cangkang kerang yang masih tertutup.

Sembari menunggu, kamu bisa tumis bumbu halus sampai wangi bersama daun salam. Masukkan bawang bombay dan tumis hingga layu. Kemudian, tambahkan saus tiram, saus sambal, kaldu jamur bubuk dan gula pasir, aduk rata. Tuangkan air lalu masak hingga mendidih.

Jika sudah mendidih masukkan kerang gundul. Masak hingga bumbu meresap. Cek rasa, jika perlu tambahkan garam. Tuang larutan tepung maizena setengahnya lalu aduk rata kemudian tuang lagi sisanya hingga saus kental. Angkat dan taburi dengan rajangan daun ketumbar. 

4. Kandungan gizi dalam kerang

Praktis Untuk Menu Berbuka Puasa, Ini Resep Kerang Gundul Saus Padanginstagram.com/regunancha

Kerang merupakan salah satu makanan laut yang kaya akan protein, asam amino, asam lemak Omega 3 dan Omega 6, serta mineral besi dan selenium. Selain itu, kerang juga sumber vitamin B12 yang menjadi nutrisi penting bagi kardiovaskular. 

Baca Juga: [BREAKING] Usai Buka Puasa, Massa GNKR Bubar dari KPU Sumut

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Arifin Al Alamudi

Just For You