Comscore Tracker

7 Makanan Khas Labuhanbatu Selatan yang Jadi Favorit

Kalau ke sana jangan lupa mencicipinya!

Labuhanbatu Selatan adalah salah satu daerah di Sumatra Utara. Daerah ini berbatasan langsung dengan provinsi Riau. Sebelumnya daerah ini pemekaran dari Labuhanbatu induk.

Kota ini juga punya berbagai hidangan kuliner khas yang perlu kamu coba jika berkunjung ke sana. Apa-apa saja? Berikut deretan kuliner khas Labuhanbatu Selatan.

1. Holat

7 Makanan Khas Labuhanbatu Selatan yang Jadi Favoritputramelayu.wab.id

Jika berkunjung ke Kota Pinang, Labuhanbatu Selatan, apakah sudah pernah mencoba menu masakan bernama holat? Wujud masakan ini dapat dikatakan cukup mirip dengan pindang ikan yang banyak dijual di rumah makan di berbagai daerah.

Keunikan holat ini sudah tampak mulai dari bahan utamanya yang merupakan ikan mas yang telah dibakar. Berbagai bumbu dengan takaran pas yang dicampurkan oleh ahli memasak holat menjadikan rasanya gurih dan sedap.

Makanan khas Labuhanbatu Selatan yang satu ini adalah masakan khas dari Raja Tapanuli Selatan dahulu. Berbagai bahan alami yang digunakan dalam memasak menu ini membuatnya memiliki kandungan gizi baik.

2. Kue Ulame

7 Makanan Khas Labuhanbatu Selatan yang Jadi Favoritinstagram.com/novabake_s

Bagi Anda pecinta kue yang sedang mengunjungi Labuhanbatu Selatan, cobalah untuk merasakan kue ulame. Ulame sendiri adalah kata serapan dari Bahasa Mandailing yang memiliki makna kelapa.

Penamaan kue ulame ini dapat dikatakan sesuai dengan bahan dasarnya yang berupa perahan kelapa dan air. Secara singkat dapat dikatakan bahwa makanan dengan cita rasa manis ini mirip dengan kue bernama dodol.

Makanan khas bernama ulame ini sebelum disajikan tentu melalui proses pembuatan yang termasuk cukup rumit. Baik bahan, bentuk, hingga proses pembuatan ulame ini tergolong masih secara tradisional.

3. Gulai Asam Ikan Baung

7 Makanan Khas Labuhanbatu Selatan yang Jadi Favoritagrowindo.com

Gulai merupakan salah satu menu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu makanan khas Labuhanbatu Selatan yang perlu Anda cicipi rasanya adalah gulai asam ikan baung.

Ikan baung yang digunakan nantinya dicampur dengan berbagai rempah dan bahan alami lainnya. Hasilnya berupa hidangan gulai asam dengan rasa yang sangat sedap dan mampu meningkatkan nafsu makan Anda karena rasanya tersebut.

Tidak hanya enak, tentunya perpaduan ikan dan bumbu dari alam akan memberikan asupan nutrisi dengan gizi baik bagi Anda.

4. Anyang Terubuk

7 Makanan Khas Labuhanbatu Selatan yang Jadi Favoritinstagram.com/shariemms

Bagi yang menyukai wisata kuliner dengan bahan masakan berupa ikan, cobalah cicipi anyang terubuk. Nah, kamu akan menemukan keunikan pada makanan yang satu ini mulai dari bagaimana cara mengolahnya.

Ikan yang digunakan tidak dimasak dahulu karena berdasarkan kepercayaan masyarakat, ikan tersebut hanya makan keladi, padi, dan buah sungai. Tradisi dalam memakan ikan seperti ini tentunya sudah dikenal lama di kalangan masyarakat setempat.

Baca Juga: Dominico Garden, Tempat Nongkrong Bernuansa Taman di Medan

5. Pakkat Lalapan Pahit

7 Makanan Khas Labuhanbatu Selatan yang Jadi FavoritPakkat (instagram.com/ ucokmf)

Untuk kamu yang belum tahu, pakkat sendiri merupakan pucuk atau ujung rotan yang masih muda. Karena sifatnya yang masih muda dan berada di pucuk, pakkat ini memiliki tekstur lunak sehingga kerap dijadikan lalapan.

Dari segi rasa, dapat dikatakan bahwa pakkat ini cenderung kelat dan sedikit pahit. Proses pengolahan yang dilalui sebelum dikonsumsi adalah melalui pembakaran terlebih dahulu.

Pakkat dibakar hingga mencapai gambaran kulit luar berubah hitam atau gosong. Nah, setelah itu kamu dapat mengupas bagian yang berwarna hitam tadi dan mengkonsumsi bagian bersihnya.

Terlepas dari rasanya yang cenderung pahit, banyak orang terutama masyarakat sekitar yang gemar mengkonsumsinya. Kamu bisa menjadikannya pelengkap dalam makan makanan lain, sebagai contoh adalah sambal hijau dan lain sebagainya.

6. Ikan Mas Bakar Madu

7 Makanan Khas Labuhanbatu Selatan yang Jadi FavoritIkan Mas Bakar Madu (cookpad)

Ikan mas yang dibakar dan ditambahkan bumbu manis, menjadi andalan di daerah ini. Rasanya yang manis membuat sebagian orang menyukai masakan ini.

7. Udang Goreng Madu

7 Makanan Khas Labuhanbatu Selatan yang Jadi Favoritinstagram.com/aylanin

Sama halnya dengan ikan. Untuk masakan udang juga digoreng dengan bumbu yang manis. Karena sebagian masyarakat disana menyukai bumbu yang sedkit manis, dibandingkan bumbu pedas.

Nah, itulah deretan makanan khas dari Labuhanbatu Selatan. Beberapa mirip sih dengan daerah pesisir lainnya. Ada yang bikin kamu penasaran?

Baca Juga: 7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya