Comscore Tracker

Dampak APRC di Danau Toba, Perputaran Uang di Hotel Tembus Rp1 Miliar

APRC sudah bikin untung, apalagi WRC

Medan, IDN Times- Gelaran Asia Pasific Rally Championship (APRC) seri IV Asia Cup yang dirangkai dengan Kejuaraan Nasional Reli putaran 2 di Danau Toba baru saja berakhir Minggu (25/9/2022) kemarin. Even ini memiliki dampak positif terhadap perekonomian.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan hampir sepekan even reli di Danau Toba, perputaran jumlah uang dari hotel di sekitar Danau Toba mencapai Rp1 miliar lebih.

"Kita senang dengan event-event seperti ini. Ajang ini sangat menguntungkan Kabupaten Simalungun. Berdasarkan data sektor penginapan, untuk perputaran uang di hotel mencapai Rp1 miliar lebih," ucap Radiapoh.

1. Hotel-hotel banyak yang penuh

Dampak APRC di Danau Toba, Perputaran Uang di Hotel Tembus Rp1 MiliarIDN Times/Indah Permatasari Lubis

Radiapoh mengatakan dengan adanya even APRC ini, hunian hotel di Danau Toba tinggi. Bahkan banyak yang penuh. 

"Yang datang juga bukan hanya wisatawan dari lokal saja, melainkan juga wisatawan dari mancanegara. UMKM-UMKM kita juga terbantu. Kuliner kita juga dikenal mereka," sebutnya.

Bulan lalu Danau Toba juga baru saja menggelar kejuaraan nasional reli putaran I dan juga memberikan efek positif ke pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Arji Juarai Kelas F3, Ini Hasil Lengkap APRC dan Kejurnas Danau Toba

2. Apalagi jika WRC yang bisa digelar, tidak hanya Simalungun dan Sumut yang kena dampak

Dampak APRC di Danau Toba, Perputaran Uang di Hotel Tembus Rp1 MiliarWagub Sumut, Musa Rajekshah dan Bupati Simalungun, Radiapoh (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengatakan Kejurnas dan APRC sudah mendatangkan banyak dampak positif. Apalagi jika Sumut bisa menjadi tuan rumah World Rally Championship yang sudah diidamkan berpuluh tahun sejak 1997. 

"Sudah pasti ajang ini menjadi promosi bagi kita ke dunia. Perputaran ekonominya bukan hanya dirasakan pemerintah kabupaten saja, melainkan juga bisa dirasakan pemerintah provinsi. Bahkan kalau WRC nanti dilaksanakan, Indonesia juga akan merasakan dampaknya. Bayangkan turis dari berbagai negara datang dan kenal dengan Indonesia," kata Ijeck.

3. Tahun depan Sumut kembali gelar dua seri APRC

Dampak APRC di Danau Toba, Perputaran Uang di Hotel Tembus Rp1 MiliarPara juara Asian Pasific Rally Championship (APRC) Seri IV Danau Toba (IDN Times/Doni Hermawan)

Ijeck juga memastikan APRC kembali singgah musim depan. Bahkan gak hanya satu seri, tapi dua seri.

“Target kita World Rally Championship (WRC) bisa kembali, tapi bersyukur Observer dari FIA kembali menawarkan dua seri Asia Pasific Rally Championship. Satu diantranya seri penutupan yang mewajibkan seluruh peserta hadir. Kita tinggal pilih seri mana dan bersama IMI Sumut kami sepakat ambil dua seri di tahun 2023. Kita yakini WRC dapat kembali ke sini 2024,” pungkas Ijeck.

Baca Juga: Rifat Sungkar Juarai APRC Seri IV Danau Toba, Wagub Ijeck Runner Up

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya