Comscore Tracker

Bisnis Properti Tumbuh Pesat, Yukio Sentani Ludes dalam 2 Bulan

Tahun 2022 properti diprediksi semakin melambung

Medan, IDN Times- Bisnis properti kembali ke treknya setelah sempat terpukul karena pandemik. Seiring dengan mulai tumbuhnya perekonomian dan daya beli masyarakat yang membaik, properti kini tumbuh pesat hingga menjelang pergantian tahun ke 2022.

Yukio Development, developer unit dari agency berbasis aplikasi, PetaRumah merasakan hal itu. Perumahan Yukio Sentani yang beralamat di Jalan Danau Sentani, Sei Agul, Kecamatan Medan Barat ini sudah terjual 100 persen dalam kurun waktu singkat.

"Hanya dalam waktu dua bulan, penjualan enam unit rumah di Yukio Sentani sudah sold out 100 persen. Jadi hari ini kami melakukan groundbreaking dengan mengundang customer dan pembeli. Ini sebagai bukti kita akan melakukan pembangunan," kata Edward Sofian, Founder Yukio Development dan PetaRumah saat acara groundbreaking Yukio Sentani, Senin (27/12/2021). 

1. Pembangunan ditarget tuntas 2022

Bisnis Properti Tumbuh Pesat, Yukio Sentani Ludes dalam 2 BulanGroundbreaking Perumahan Yukio Sentani, Senin (27/12/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Edward mengatakan, pembangunan unit rumah proyekan pertama mereka ini ditargetkan tuntas tahun depan. "Diprediksi akhir Desember 2022 atau paling lambat Maret 2023 selesai. Pembelinya tidak hanya dari Kota Medan. Tapi juga luar kota seperti Rantau Prapat dan kota lainnya," katanya. 

Perumahan ini dibangun di atas tanah seluas 1.000 meter. Masing-masing rumah dengan luas tanah 6x23 meter, dan luas bangunan 6x23 meter. Rumah bertipe 148 juga menyediakan taman kecil hingga car port.

Baca Juga: Cerita Edward, Tamatan Kuliah Optik yang Sukses Bangun PetaRumah

2. Selama 2021 total transaksi mencapai hampir Rp500 miliar

Bisnis Properti Tumbuh Pesat, Yukio Sentani Ludes dalam 2 BulanEdward Sofian,founder PetaRumah dan Yukio Developer saat Groundbreaking Perumahan Yukio Sentani, Senin (27/12/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Pada kesempatan itu, Edward juga mengatakan Yukio maupun PetaRumah sudah menyiapkan berbagai rencana strategis untuk tahun 2022. Apalagi selama tahun 2021, PetaRumah dan Yukio sudah semakin bertumbuh.

"Selama 2021, PetaRumah melakukan transaksi yang cukup banyak. Totalnya mencapai hampir sekitar Rp500 miliar dan untuk jumlah agen yang kemarin masih belasan orang, kini sudah 50-an. Tahun depan kami akan membuka cabang di daerah Krakatau dan Citraland," tambah alumni jurusan optik Akademi Refraksi Optisi ini. 

3. Berbagai kemudahan dari pemerintah turut mendongkrak sektor properti

Bisnis Properti Tumbuh Pesat, Yukio Sentani Ludes dalam 2 BulanGroundbreaking Perumahan Yukio Sentani, Senin (27/12/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Sebagai pelaku bidang properti, Edward memprediksi tahun 2022, properti akan kembali melambung. Apalagi didukung dengan berbagai kemudahan.

"Proyeksi bidang properti di tahun depan saya sebagai pelaku di bidang properti 2012 sudah menuju ke sunrise karena terus mengalami peningkatan. Bahkan lebih baik dibanding sebelum pandemi," kata pria berusia 32 tahun itu.

Beberapa faktor disebut Edward mempengaruhi pertumbuhan itu. Termasuk dukungan dari pemerintah. "Dari pihak pemerintah sudah membantu, mulai segi pajak dengan PPN 0 persen dan DP juga dipermudah. Selain itu juga regulasi untuk meminjamkan uang ke bank itu sudah dipermudah. Suku bunga bank juga sudah diturunkan. Jadi ini termasuk bantu transaksi dan juga pertumbuhan di bidang properti," tambah Alumni SMA Sutomo 1 itu. 

Pihak developer juga tak mau kalah memberikan kemudahan-kemudan. Seperti perumahan Yukio Sentani ini, mereka menawarkan DP yang bisa dicicil hingga membantu proses Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

"Jadi kami menawarkan cara bayar yang mudah. DP 30 persen dapat dicicil selama 12 kali atau satu tahun setelah itu bangunan sudah selesai kita baru lanjut KPR," pungkas Edward.

Baca Juga: Eksistensi Bisnis Properti Digital ala PetaRumah

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya