Comscore Tracker

Masa Pandemik, Honda Kenalkan Safety Riding pada Pelajar Lewat Daring

90 persen kecelakaan yang terjadi akibat faktor manusia

Medan, IDN Times - Mengawali tahun 2021, konsistensi PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dalam keselamatan di jalan raya kembali digaungkan melalui kampanye #Cari_aman" yang cocok dan mudah dimengerti di kalangan anak muda.

Masih memanfaatkan media online Zoom meeting yang digelar pada 20 Januari 2021, tim safety riding mengajak puluhan pelajar SMK Muhammadiyah 9 Medan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen dalam keselamatan berkendara (safety riding) generasi muda.

1. 90 persen kecelakaan yang terjadi akibat faktor manusia

Masa Pandemik, Honda Kenalkan Safety Riding pada Pelajar Lewat DaringEdukasi safety riding pada pelajar SMP di Indako Safety Riding Center Medan (Dok. IDN Times)

Melalui edukasi bertemakan “Tahun Baru Resolusi #Cari_aman”, para instruktur safety riding Honda berbagi ilmu dan memperluas wawasan para pelajar dengan pengetahuan terkait sejumlah faktor penyebab terjadinya kecelakaan yaitu manusia, kendaraan dan faktor lingkungan.

Dimana 90 persen kecelakaan yang terjadi akibat faktor manusia, sehingga sangat dibutuhkan kewaspadan dan etika berkendara yang baik saat berkendara.

Para pelajar juga dibekali dengan pengetahuan tentang teknik berkendara yang baik, postur tubuh berkendara yang benar, dan juga perlengkapan aman yang wajib digunakan saat berkendara seperti helm, jaket, masker, sarung tangan dan sepatu.

2. Langkah preventif terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas

Masa Pandemik, Honda Kenalkan Safety Riding pada Pelajar Lewat DaringIDN Times/Daruwaskita

Selain itu Honda juga berbagi informasi tentang komitmennya dalam mewujudkan budaya keselamatan berkendara yang dibuktikan dengan didirikannya 9 safety riding center (pusat pelatihan berkendara) yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera Utara yang berlokasi di Jl. Bunga Sakura Medan.

Rohadi ST selaku Kepala SMK Muhammadiyah 9 Medan mengungkapkan sangat menyambut baik kegiatan edukasi keselamatan berkendara dari Honda yang tentunya sangat bermanfaat bagi para pelajar untuk menghargai nilai kehidupan dengan meningkatkan kesadaran akan keselamatan saat berkendara.

Menurutnya upaya ini juga merupakan langkah preventif terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas yang banyak didominasi usia produktif.

3. Honda memperkuat kontribusi terhadap upaya membangun budaya aman berkendara

Masa Pandemik, Honda Kenalkan Safety Riding pada Pelajar Lewat DaringDok. IDN Times/IStimewa

Sementara itu Reuben Simatupang selaku Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan sangat mengapresiasi antusias para pelajar SMK Muhammadiyah 9 Medan selama mengikuti kegiatan edukasi ini. Pihaknya berharap mereka dapat menjadi duta safety riding yang selalu mengutamakan keselamatan berkendara di jalan raya, dan menjadikan #cari_aman sebagai bagian dari gaya hidup.

“Dengan Semangat Satu Hati, bersama Indako Safety Riding Center, Honda akan terus menjalankan komitmen dan memperkuat kontribusi terhadap upaya membangun budaya aman berkendara, sekaligus berperan aktif mendukung kinerja pihak kepolisian dalam menciptakan keamanan dan kelancaran berlalu lintas di wilayah Sumatera Utara, “ ujar Reuben.

Baca Juga: Weekend Ride Jadi Cara Komunitas Scoopy Bersilaturahmi di Masa Pandemi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya