Comscore Tracker

Angka Kecelakaan Tinggi, Sudahkah Memeriksa Kaki-kaki Mobil Anda ? 

Ternyata kondisi ban bisa jadi faktor kecelakaan

Medan, IDN Times - Tingginya angka kecelakaan di Indonesia, tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh kondisi mobil. Karena soal kondisi mobil tidak bisa main-main guys.

Kondisi yang sering kali luput adalah ban. Pengendara seringkali hanya mengecek kondisi mesin.

Padahal ban adalah bagian yang sangat penting. Karena ban adalah komponen yang langsung berkenaan dengan aspal.

“Faktor utama kecelakaan bisa ban. Ban sudah botak tidak bisa mencengkram. Harusnya dilakukan cek berkala,” ujar Vice President PT. Himawan Putra Kevinski Himawan saat membuka cabang baru Himawan Putra Corporation di Medan, Kamis (3/10).

1. Spooring dan balancing perlu dilakukan berkala untuk keselamatan

Angka Kecelakaan Tinggi, Sudahkah Memeriksa Kaki-kaki Mobil Anda ? IDN Times/Prayugo Utomo

Dalam kecepatan tinggi, sering kali mobil kita tidak berjalan dengan lurus. Atau bahkan setir kita bergetar.

Kondisi ini pastinya membuat pengemudi menjadi cepat lelah karena mempertahankan posisi setir. Kondisi ini juga membuat penipisan ban menjadi tidak seimbang.

Kevin mengatakan, dalam kondisi seperti itu mobil memerlukan spooring dan balancing. Supaya kondisi kaki-kaki mobil kembali stabil.

Balancing itu untuk keselamatan kita. Getaran di mobil bisa berpotensi merusak mobil,” ungkap Kevin.

Untuk itu, kata Kevin, diperlukan pengecekan berkala. Pengendara pun harus pilah pilih bengkel. Bengkel spooring yang baik harus punya peralatan yang canggih supaya hasil balancing tidak mengecewakan.

Baca Juga: Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Meski Terus Hidupkan AC

2. Bengkel yang punya alat canggih untuk balancing masih sedikit

Angka Kecelakaan Tinggi, Sudahkah Memeriksa Kaki-kaki Mobil Anda ? IDN Times/Prayugo Utomo

Di Kota Medan, kata Kevin, belum banyak bengkel yang punya alat mutakhir untuk melakukan spooring dan balancing. Itu juga yang mendorong Himawan Putra Corporation membuat cabang di Medan. Kantor cabang ini akan menjangkau daerah di Sumatera.

Mereka pun memberikan angin segar bagi perbengkelan di Sumatera bagian utara. Himawan akan menjadi distributor tunggal mesin bengkel Hunter dan Corghi.

“Sekarang ini belum banyak bengkel, yang punya alat canggih untuk cek berkala. Jadi kita punya Hunter Hawkeye, yang bisa melakukan cek berkala dengan waktu cepat,” ujar Kevin.

3. Pelaku perbengkelan tidak bisa main-main dengan keselamatan

Angka Kecelakaan Tinggi, Sudahkah Memeriksa Kaki-kaki Mobil Anda ? IDN Times/Prayugo Utomo

Kecanggihan alat bisa menjadi tolok ukur sejauh mana kualitas bengkel untuk konsumen. Karena urusan performa mobil begitu berpengaruh pada keselamatan pengendaranya.

“Kami fokus kepada mesin yang berkualitas. Karena itu berkaitan dengan, keselamatan pengendara,” ujar Kevin.

Pertumbuhan kendaraan yang semakin cepat harus dibarengi dengan pertumbuhan bengkel. Bisnis perbengkelan juga tidak akan sepi. Karena kualitas mobil tidak memandang kondisi ekonomi konsumennya.

“Optimalisasi kendaraan tersebut dibutuhkan teknologi perbengkelan yang mampu mengikuti perkembangan teknologi kendaraan yang semakin maju dan berkembang. Utamanya fitur yang terkait aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara,” ungkapnya.

Himawan juga menawarkan layanan purnajual untuk peralatan mereka. Sehingga bengkel tidak merugi saat akan mengganti alatnya.

“Sebagai versi tertinggi, Hunter Hawkeye Elite memiliki banyak kelebihan salah satunya fitur Hunter Quick Check, fitur yang dapat mendeteksi kondisi kaki-kaki mobil hanya dalam +/-2 menit saja sehingga dapat meningkatkan produktivitas bengkel di tengah tuntutan kebutuhan perawatan kaki-kaki mobil dengan harga terjangkau,” pungkasnya.

Baca Juga: Jarang Digunakan, Ini 7 Ritual Wajib Perawatan Mobil Biar Tetap Awet

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya