Comscore Tracker

Biar Tetap Awet, 5 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Apalagi selama PPKM level 4 ini

Medan, IDN Times - Sudah lebih dari sebulan, kota Medan memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Masyarakat dituntut untuk lebih sering berada di rumah.

Mobilitas pun menjadi berkurang. Jika kamu punya mobil di rumah, dengan jarangnya turun ke jalan raya, perlu perawatan agar kendaraan kamu tetap nyaman.

Dilansir dari laman Suzuki, Assisten To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi, mengatakan mobil yang jarang dipakai perlu dirawat agar kinerjanya tetap baik. Berikut lima kiat merawat mobil di rumah.

1. Memanaskan mesin secara teratur

Biar Tetap Awet, 5 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakaisuzuki.co.id/

Mobil memiliki banyak komponen yang bagiannya harus selalu terlumasi dengan baik, terutama bagian mesin. Oleh karena itu, memanaskan mesin mobil perlu dilakukan secara rutin dengan rentang beberapa hari sekali. Kegiatan ini juga dapat dilakukan sambil memastikan kondisi lainnya seperti suara maupun getaran yang ditimbulkan agar bisa mendeteksi lebih dini bila ada kejanggalan.

2. Jaga kebersihan dan kesegaran ruang interior

Biar Tetap Awet, 5 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakaisuzuki.co.id/

Kebersihan dan kesegaran aroma ruang kabin sangat menunjang suasana hati yang positif saat berkendara. Setelah membersihkan eksterior, sebaiknya bagian interior turut dijaga dengan cara membuang sisa sampah yang tersisa di dalam mobil, membersihkan panel interior, dan jika perlu sedot debu menggunakan vacuum cleaner secara rutin.

Penyemprotan kabin menggunakan cairan disinfektan setelah bepergian juga diperlukan saat ini terutama untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Ban Serep Mobil Agar Tetap Prima

3. Periksa kebersihan area ruang mesin

Biar Tetap Awet, 5 Cara Merawat Mobil yang Jarang DipakaiIDN Times/Dwi Agustiar

Meskipun sudah dilengkapi kap mesin sebagai bagian pelindung area ruang mesin, namun sering kali bisa kita dapati adanya kotoran atau benda asing yang masuk ke dalamnya, seperti daun kering, kotoran hewan, maupun sampah lain.

Kondisi yang kotor seperti itu lambat laun akan mempengaruhi kinerja dan keamanan ruang mesin. Maka, sebaiknya periksa keadaan sekitar area ruang mesin dan bersihkan jika perlu.

4. Cuci bagian eksterior

Biar Tetap Awet, 5 Cara Merawat Mobil yang Jarang DipakaiIDN Times/Dwi Agustiar

Mobil yang sedang terparkir di rumah juga bisa terpapar debu ataupun kotoran. Oleh karena itu, cucilah bagian eksterior mobil secara berkala. Selain itu, segera hilangkan bekas kotoran atau getah yang menempel. Dengan demikian, tampilan cat mobil akan terjaga dengan baik dan menarik untuk dilihat.Cuci bagian eksterior

5. Rotasikan ban dalam jarak dekat

Biar Tetap Awet, 5 Cara Merawat Mobil yang Jarang DipakaiIDN Times/Dwi Agustiar

Mobil yang terlalu lama terparkir memiliki beban yang harus ditanggung oleh keempat ban, sehingga bisa memunculkan masalah seperti tire flat atau permukaan ban yang rata pada salah satu sisi saja.

Menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika pemilik mobil meluangkan waktu untuk mengendarai mobilnya di sekitar tempat tinggal dengan jarak yang pendek. Ban mobil pun akan terotasi dengan baik dan mudah.

Baca Juga: Biar Gak Cepat Kusam, 3 Tips Sederhana Merawat Dashboard Mobil

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya