Comscore Tracker

Traveling ke Aceh? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan 

Hal yang membuat liburanmu semakin aman

Medan, IDN Times - Berlibur ke Aceh mungkin menjadi salah satu hal yang jarang dilakukan oleh para turis termasuk turis lokal sekalipun. Dibanding Aceh, kebanyakan orang biasanya akan lebih memilih berlibur ke Bali atau Lombok.

Meski kedua kota itu memiliki pantai yang indah, bukan berarti tidak ada kota lain di Indonesia yang punya pesona sama memikatnya. Dan Kota Serambi Mekah adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Untukmu yang tertarik berlibur ke Aceh, empat tips sederhana ini bakal bikin liburan kamu jadi makin asik!

1. Jangan berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrim

Traveling ke Aceh? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan theatlantic.com

Jangan heran, di Aceh kamu gak akan menemukan orang pacaran atau naik motor berdua karena ini merupakan pelanggaran. Sesuai dengan ajaran Islam, perempuan dan laki-laki dilarang berdekatan kecuali mereka sudah menikah atau memiliki hubungan keluarga.

Bagi para pengunjung, akan lebih aman jika kalian tak melanggar aturan ini. Bahkan jika kamu berlibur bersama pasangan, pastikan kamu membawa buku nikah, ya. 

Baca Juga: Napi Menyamar Jadi Pejabat Polda Aceh,  Tipu Pengusaha Lewat Whatsapp

2. Tidak memakai pakaian ketat termasuk menggunakan celana jeans

Traveling ke Aceh? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Pexels/Rogério Martins

Penduduk di Aceh, mayoritas muslim. Maka tak heran jika kehidupan sehari-hari warganya pun sesuai dengan syariat islam termasuk dalam urusan pakaian. Di kota yang satu ini, penduduknya dilarang memakai pakaian ketat termasuk menggunakan celana jeans. Sebagai gantinya mereka memakai pakaian tertutup yang sopan, dan hijab bagi perempuan. 

3. Memakai pakaian tertutup saat mengunjungi Masjid

Traveling ke Aceh? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan instagram.com/azharifauzan

Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Aceh. Masjid yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini sempat jadi trending topik di tahun 2004, karena tetap berdiri tegap walau tsunami menghadang.

Nah, saat berkunjung ke sini, kamu harus menaati aturan dengan berpakaian tertutup dan sopan. Terutama bagi perempuan, kamu wajib memakai hijab saat mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman dan semua masjid lain yang ada di Aceh. 

4. Tempat wisata sudah tutup jam 11 malam

Traveling ke Aceh? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan unsplash.com/ John Sekutowski

Di kota ini, pemerintah daerahnya menerapkan aturan jam malam. Warga Aceh sudah harus kembali ke rumah sebelum pukul 23.00 WIB. Aturan yang sama juga berlaku bagi tempat wisata, restoran, atau warung kaki lima pinggir jalan.

Aturan ini dibuat untuk melindungi pekerja perempuan agar tidak pulang terlalu malam. Jangan heran, jika kamu keluar di atas jam 23.00 WIB, tempat yang kamu tuju sudah pada tutup.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Coffee Shop di Kota Medan, Berkelas Banget!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya