Comscore Tracker

Deretan Masjid di Medan dengan Sajian Buka Puasa yang Khas 

Ada makanan khas Melayu, Aceh dan India
Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Seluruh umat Islam menyambut dengan suka cita tak tekecuali umat Islam di Indonesia termasuk di Kota Medan.

Bagi sebagian orang berburu menu berbuka puasa gratis di masjid merupakan kegiatan menarik. Menu buka puasa di beberapa masjid ini menjadi sangat dinanti setiap bulan puasa. Berikut 3 masjid di Medan yang menyediakan menu berbuka puasa yang khas.

1. Masjid Ghaudiyah dengan menu khas India

Deretan Masjid di Medan dengan Sajian Buka Puasa yang Khas Masjid Ghaudiyah Medan (IDN Times/Yurika Febrianti)
Masjid ini terbilang unik, karena menawarkan suasana khas India yang kental di dalamnya. Masjid Ghaudiyah berada di Kampung Madras, jalan KH. Zainul Arifin. Masjid ini dikelola oleh komunitas muslim India Tamil yang tergabung dalam Yayasan The South Indian Moslem Mosque & Walfare Committe.
 
Ada yang unik dari menu berbuka puasa di Masjid Ghaudiyah ini, pengurus Masjid menyediakan menu makanan khas India, seperti buah kurma, bubur sup India yang dicampur dengan daging kambing, kari kambing, acar nanas, serta susu India atau chai.

Baca Juga: Intip Menu Buka Puasa Khas India di Masjid Jami Medan

2. Masjid Raya Aceh Sepakat dengan bubur khas Aceh

Deretan Masjid di Medan dengan Sajian Buka Puasa yang Khas Masjid Raya Aceh Sepakat Medan (IDN Times/Yurika Febrianti)
Masjid yang berlokasi di Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan selalu ramai dikunjungi dari awal puasa sampai akhir menjelang hari Raya Idul Fitri.

Setiap bulan Ramadahan Masjid Raya Aceh Sepakat ini selalu menyediakan bubur kanji khas Aceh untuk menu berbuka puasa warga Medan. Tak heran banyak yang menantikan berbuka bersama di Masjid Raya Aceh Sepakat ini.

3. Masjid Raya Al-Mashun dengan bubur pedas Melayu

Deretan Masjid di Medan dengan Sajian Buka Puasa yang Khas Masjid Raya Al Mashun (IDN Times/Prayugo Utomo)
Masjid tertua di Kota Medan ini setiap tahunnya selalu sediakan bubur pedas khas Melayu sebagai menu berbuka puasa. 
 
Tradisi bubur pedas merupakan warisan Kesultanan Melayu Deli yang sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu. Bubur pedas dipadukan dengan anyang selalu menjadi incaran menu berbuka khas Melayu bagi masyarakat saat Ramadan.
 
Masjid Raya Al-Mashun ini terletak di jalan Mahkamah No. 74c Kecamatan Medan Kota, Kota Medan Sumatra Utara. Sayangnya sudah tiga tahun terakhir bubur pedas Melayu tak tersedia karena pandemik.

Baca Juga: 10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang Memukau

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya