Comscore Tracker

Mau Cari Jodoh, Yuk Datang ke Festival Gondang Naposo di Samosir

Cocok nih buat para jomblo

Samosir, IDN Times - Danau Toba selalu menghadirkan atraksi yang menarik bagi wisatawan yang hadir. Atraksi soal narasi kebudayaan terus dikembangkan. Karena atraksi ini begitu menarik minat wisatawan baik lokal atau pun mancanegara untuk hadir.

Samosir menjadi salah satu dari delapan kabupaten yang ada di kawasan Danau Toba concern akan narasi kebudayaan.

Jumat (31/5), Pemkab Samosir akan menggelar Festival Gondang Naposo. Festifal yang melibatkan peserta dari para pelajar di Samosir ini akan digelar dua hari sampai Sabtu (1/7). Ini adalah kali keempat Festival Gondang Naposo digelar.

Sebenarnya, apa sih Gondang Naposo itu. Simak nih ulasan yang berhasil dihimpun Tim IDN Times.

1. Gondang Naposo adalah budaya mencari jodoh muda-mudi Batak

Mau Cari Jodoh, Yuk Datang ke Festival Gondang Naposo di SamosirIDN Times/Prayugo Utomo

Dalam adat Batak, Gondang Naposo adalah tradisi mencari "Rokkap ni tondi" atau odoh. Gondang Naposo merupakan satu dari sekian tradisi Batak Toba sejak jaman leluhur.

 dalam adat Batak. Para muda-mudi yang belum menemukan jodoh datang ke Gondang Naposo untuk mendapatkan cintanya. Digambarkan dengan tarian tor-tor muda-mudi.

Menurut ceritanya, Gondang Naposo dibuat oleh para orang tua di kampung untuk memfasilitasi para pemuda yang masih menjomblo.

Festival Gondang Naposo memang sengaja dibuat untuk mengingatkan generasi muda tentang tradisinya. Karena di era sekarang sudah sangat sedikit pemuda yang mau ikut ataupun mempelajari tradisinya.

Baca Juga: Selama Lebaran, Ada Kapal Patroli Pantau Kawasan Wisata Danau Toba

2. Gondang Naposo rencananya digelar di bibir Pantai Tandarabun

Mau Cari Jodoh, Yuk Datang ke Festival Gondang Naposo di SamosirIDN Times/Prayugo Utomo

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menjelaskan, Gondang Naposo kali  ini akan digelar di bibir Pantai Tandarabun, Kecamatan Pangururan. Tata letak venue utama diatur tak jauh dari bibir pantai. Semakin menambah keindahan Gondang Naposo.

“Festival Gondang Naposo ini sungguh unik. Bagi yang masih jomblo atau bagi yang sudah berpasangan tapi pingin mengenang indahnya masa berpacara dulu, datang aja ke festival ini. Siapa tahu dengan ikut festival ini, bisa menemukan cinta dan pasangan hidupnya, dan bagi yang sudah berpasangan semakin menambah kemesraan diantara mereka,” kata Rapidin, Kamis (30/5).

3. Selain cari jodoh, Gondang Naposo juga asah kemampuan manortor para pemuda Batak

Mau Cari Jodoh, Yuk Datang ke Festival Gondang Naposo di SamosirIDN Times/Prayugo Utomo

Gondang Naposo, kata Rapidin, harus tetap dikembangkan. Gondang Naposo juga menjadi tontonan menarik bagi generasi millenial. Gondang Naposo juga menjadi sarana para muda-mudi untuk mengasah kmampuan manortor.

 “Kita apresiasi para muda-mudi di sini yang ambil bagian di Festival Gondang Naposo tahun ini yang berasal dari berbagai kalangan. Ini membuktikan betapa budaya masih terjaga dengan baik disini,” ungkap Rapidin.

4. Akan dihadiri bintang tamu kelas nasional

Mau Cari Jodoh, Yuk Datang ke Festival Gondang Naposo di SamosirIDN Times/Prayugo Utomo

Gondang Naposo tiap tahunnya mengalami perkembangan. Pemkab Samosir sudah menyiapkan bntang tamu nasional untuk mememeriahkan Gondang Naposo tahun ini.

Ada group Marsada Band yang telah melanlang buana ke Eropa memperkenalkan lagu Batak, dan juga grup band Naff sebagai band Indonesia yang terkenal. Lalu, ada Sanga Pajimpang dan Hobasta Trio.

5. Gondang Naposo optimistis sedot wisatawan

Mau Cari Jodoh, Yuk Datang ke Festival Gondang Naposo di SamosirIDN Times/Prayugo Utomo

Gondang Naposo menjadi pembuka event Horas Samosir Fiesta (HSF) 2019. Sebelumnya Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) optimis jika event Gondang Naposo bakal menyedot perhatian dari wisatawan.

“Kita mengapresiasi Gondang Naposo yang diselenggarakan di Samosir. Membuat kita semakin optimis mengembangkan Danau Toba untuk menghadirkan lebih banyak lagi wisatawan,” ujar Dirut BPODT Arie Prasetyo.

“Pengembangan Danau Toba terus kita lakukan supaya memberikan dampak positif kepada masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Kapal Motor di Danau Toba Wajib Miliki Sertifikat Kelayakan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya