Comscore Tracker

Wisata Taman Alam Lumbini Berastagi, Replika Pagoda Shwedagon

Replika tertinggi kedua di Asia Tenggara

Medan, IDN Times - Sumatera Utara memiliki banyak sekali spot wisata hits dan memesona. Salah satunya, Taman Alam Lumbini, sebuah kawasan yang di dalamnya berdiri sebuah pagoda besar.

Pagoda ini termasuk dalam golongan pagoda tertinggi di Indonesia dan merupakan Replika Pagoda Shwedagon. Jadi, gak perlu ke Myanmar untuk melihat kemegahan pagoda kan? Karena di Sumut, kamu bisa melihat kemegahan replikanya.

1. Pagoda ini replika tertinggi kedua di Asia Tenggara

Wisata Taman Alam Lumbini Berastagi, Replika Pagoda ShwedagonIDN Times/Masdalena Napitupulu

Taman Alam Lumbini ini memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan. Menariknya, pagoda ini termasuk dalam golongan pagoda tertinggi di Indonesia dan sudah masuk ke dalam rekor MURI, replika tertinggi kedua di Asia Tenggara.

Wisata ini berlokasi di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo. IDN Times berkunjung ke lokasi, Minggu (23/5). Waktu tempuh dari Medan sekitar 2 jam. 

Baca Juga: Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi, Alternatif Wisata Edukasi di Sumut

2. Taman Alam Lumbini ini dibangun selama tiga tahun

Wisata Taman Alam Lumbini Berastagi, Replika Pagoda ShwedagonIDN Times/Masdalena Napitupulu

Taman Alam Lumbini ini dibangun selama tiga tahun, sejak 2007 dan selesai pada 2010. Dalam peresmiannya, dihadiri ribuan anggota Sangha dan ada ratusan bhiksu dari Indonesia. Turut hadir juga ratusan anggota dari Burma Myanmar dan Thailand dalam peresmian pagoda tersebut. 

3. Lumbini sebuah tempat yang berada di kaki Gunung Himalaya

Wisata Taman Alam Lumbini Berastagi, Replika Pagoda ShwedagonIDN Times/Masdalena Napitupulu

Nama taman tersebut diambil dari 'Lumbini' yang merupakan tempat Siddharta Gautama dilahirkan dan menjadi Buddha. Sebuah tempat yang berada di kaki Gunung Himalaya Nepal. 

Berkunjung ke lokasi, kamu akan disuguhkan kemegahan pagoda yang megah berwarna emas. Tak hanya itu, taman ini juga dikelilingi pepohonan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Siap-siap deh betah berlama-lama di sini!  

Namun, karena Taman Alam Lumbini merupakan tempat suci, jika berkunjung ke sini diharapkan menggunakan pakaian yang sopan ya.

Baca Juga: 10 Objek Wisata di Berastagi Ini Bakalan Membuat Liburanmu Berkesan!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya