Comscore Tracker

5 Oleh-oleh dari Tebing Tinggi yang Nikmat untuk Dibawa Pulang

Wajib bawa lemang dan kue kacang nih!

Medan, IDN Times- Makanan adalah salah satu hal yang dicari ketika sedang berwisata. Apabila memungkinkan, wisatawan biasanya bisa membawa makanan khas dari suatu daerah sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di tempat asal. 

Nah, bila sedang berlibur atau berwisata ke Tebing Tinggi, berikut ini sejumlah makanan yang bisa dipilih sebagai salah satu dari oleh-oleh khas kota yang satu ini. Ada apa saja? Intip di sini!

1. Halua

5 Oleh-oleh dari Tebing Tinggi yang Nikmat untuk Dibawa PulangUkmkotamedan.com

Halua merupakan makanan khas dari Melayu. Di Tebing Tinggi, Halua juga biasanya dibawa pulang. Halua memiliki rasa yang manis dan lembut. Rasa manis yang ada dalam makanan ini berasal dari proses pembuatan Halua yang diawali dengan proses fermentasi. 

Bahan-bahan yang digunakan dalam Halua bukanlah buah-buahan yang memang memiliki rasa manis, tetapi justru bahan sayuran seperti wortel, cabai bahkan kolang kaling. Perpaduan rasa manis dari gula pasir dan citarasa bahan asli membuat Halua cocok menjadi oleh-oleh.

2. Kue Kacang

5 Oleh-oleh dari Tebing Tinggi yang Nikmat untuk Dibawa PulangInstagram.com/azzura.mozza

Kue Kacang merupakan oleh-oleh berikutnya yang bisa dibawa dari kota Tebing Tinggi. Kue kacang dari wilayah ini memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan kue kacang dari tempat lain.

Dari segi tampilan, kue kacang ini tampak seperti roti biasa yang ditaburi dengan wijen dan isian kacang. Banyak orang yang membawa Kue Kacang sebagai oleh-oleh karena rasanya yang lezat dan pastinya awet.

Makanan ini bisa bertahan cukup lama sehingga cocok dibawa ke tempat yang jauh. Kamu bisa membeli kue kacang ini mulai dari harga Rp28 ribu hingga Rp40 ribu per kotak sesuai ukuran.

Baca Juga: Keren! Kantor Disdukcapil Tebing Tinggi Berkonsep Kafe Kekinian

3. Lemang

5 Oleh-oleh dari Tebing Tinggi yang Nikmat untuk Dibawa PulangShutterstock.com/YSK1

Lemang memang sudah menjadi oleh-oleh khas yang biasanya dibuat suku Minang. Saat memasuki kota Tebing Tinggi, deretan penjual lemang gampang kamu temui.

Lemang merupakan makanan yang terbuat dari bahan ketan putih atau hitam yang dibungkus dalam daun pisang muda. Proses memasaknya masih sangat tradisional, menggunakan bambu yang nantinya akan dipanggang di atas bara api. 

Salah satu yang populer adalah Lemang Batok di depan Masjid Raya Tebing Tinggi. Kamu bisa mencocolnya dengan srikaya ataupun durian.

4. Jus Terong Belanda

5 Oleh-oleh dari Tebing Tinggi yang Nikmat untuk Dibawa Pulanginstagram.com/noor.estiati

Buah Terong Belanda pasti sudah tidak asing lagi kan? Terong Belanda sendiri merupakan tanaman yang menjadi komoditas utama wilayah Tebing Tinggi. Karena itulah, jus Terong Belanda banyak menjadi pilihan menu oleh-oleh dari Tebing Tinggi.

Setelah buah ini diolah menjadi jus, rasanya berubah menjadi segar dan juga manis. Terong belanda memiliki daging buah yang berwarna kuning kehitaman dan memiliki rasa asam manis. 

5. Teri Bajak

5 Oleh-oleh dari Tebing Tinggi yang Nikmat untuk Dibawa Pulanginstagram.com/sarah_ari_nugroho

Selain itu, makanan yang juga sering dibawa pulang dari Kota Tebing Tinggi adalah Teri Bajak. Biasanya, makanan yang satu ini diolah dengan sambal. Sehingga rasanya yang pedas cocok dijadikan lauk. Jadi, tidak perlu mengolah masakan ini lagi, karena sudah bisa langsung disantap ya guys!

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas Binjai yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya