Comscore Tracker

Pakai Itinerary, Liburan Singkat Kamu Bakal Jadi Lebih Seru

Berlibur sesuai dengan jadwal yang tersusun rapi

Medan, IDN Times - Sudah pernah coba liburan dengan itinerary? Itinerary adalah merancang perjalanan wisata mulai dari budget, hotel, tempat-tempat yang dituju dan lainnya.

Liburan dengan itinerary akan mempersingkat dan membuat liburanmu lebih tersusun. Sebuah itinerary bisa menunjukkan semua elemen dari liburan, mulai dari penginapan sampai tujuan wisata.

Itinerary diperlukan bukan hanya untuk traveling yang panjang, tapi juga untuk liburan singkat akhir pekan, sehingga jumlah tujuan wisata yang ingin dikunjungi bisa maksimal. Meski tampaknya rumit, membuat itinerary sebenarnya sangat sederhana.

Dengan informasi dasar traveling dan sebuah peta, kamu bisa merencanakan liburan dan menyusunnya dengan baik. Bagaimana caranya? Yuk simak!

1. Hal pertama yang bisa kamu lakukan dengan mencatat jadwal pesawat dan penginapan

Pakai Itinerary, Liburan Singkat Kamu Bakal Jadi Lebih SeruSuasana pusat kuliner di kawasan Taman Prestasi, Surabaya. (IDN Times/Reza Iqbal)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dengan mencatat jadwal pesawat dan penginapan. Kemudian kamu juga harus mencari sejumlah transportasi, dan informasi rumah makan yang bisa kamu kumpulkan. 

Jangan lupa juga untuk mencari rute-rute ke lokasi tujuan. Misalnya rute bandara ke penginapan, ke lokasi wisata dan kendaraan-kendaraan apa saja yang bisa digunakan.

Baca Juga: Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk Dikunjungi!

2. Membuat daftar semua hal yang ingin dilakukan selama liburan

Pakai Itinerary, Liburan Singkat Kamu Bakal Jadi Lebih SeruSuasana di dalam Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Selain itu di daerah yang kamu tuju, kamu harus juga membuat daftar hal-hal menarik di sana. Misal, kuliner khas di daerah itu, lokasi wisata apa saja yang menarik sampai acara lokal yang sedang berlangsung ke sana. Misalnya ada acara musik, atau festival budaya.

3. Untuk setiap kegiatan, perkirakan lama waktu agar kamu bisa menjangkaunya

Pakai Itinerary, Liburan Singkat Kamu Bakal Jadi Lebih SeruSuasana Taman Prestasi, Surabaya. (IDN Times/Reza Iqbal)

Hal penting yang juga harus kamu ketahui adalah durasi perjalanan. Misalnya perjalanan dari bandara ke penginapan. Lalu dari penginapan ke lokasi wisata. Jangan lupa menandai dan mencatat alamatnya agar tidak kesasar dong.

4. Mahal atau tidaknya liburanmu tergantung bagaimana kamu menetapkan alokasi budget

Pakai Itinerary, Liburan Singkat Kamu Bakal Jadi Lebih SeruArmada kapal Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Budget menentukan semewah apa liburan kamu. Tentu saja sangat krusial hal yang satu ini. Misalnya dengan budget sekitar Rp10 juta, kamu bisa menginap di hotel berbintang dan makan makanan mewah.

Atau misalnya mau liburan ala backpacker, tentu dengan budget yang sederhana. Sama asyiknya kok. Semua tergantung uang yang kamu bawa.

5. Menyusun itinerary adalah petunjuk supaya kamu tetap dalam jalur yang benar selama liburan

Pakai Itinerary, Liburan Singkat Kamu Bakal Jadi Lebih SeruPotret pengunjung yang hendak masuk kapal di Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Jangan sampai saat kamu tiba di lokasi liburan, kamu bingung mau ke mana. Ya, ininerary adalah cara agar kamu bisa tetap berada di jalurnya selama liburan.

Selain itu komunikasi dengan penduduk lokal juga perlu. Kamu mungkin bisa mendapat tempat-tempat yang lebih baik dan murah dibanding data yang kamu dapat dari mesin pencari di internet. Yuk, nikmati liburan kamu.

Baca Juga: Alamak! 10 Nama Singkatan di Warung Kaki Lima Ini Bikin Salah Paham

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya