Comscore Tracker

Usianya Lebih Seabad, 5 Bangunan Bersejarah di Kota Medan

#HUT430Medan Sering dijadikan spot foto 

Medan, IDN Times - Hari ini Medan memasuki usia ke-430 tahun. Usia sudah ratusan tahun, kota deli ini tentunya punya rekam jejak sejarah yang panjang. 

Salah satu jejak yang ditinggalkannya adalah bangunan-bangunan bernilai sejarah sisa peninggalan di zaman penjajahan Belanda. Gedung-gedung ini masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Biasanya gedung-gedung heritage ini juga dijadikan sebagai spot photoshoot lho. Gedung-gedung peninggalan kolonial ini seperti menambah kesan vintage pada hasil foto.

Yuk simak 4 gedung tua di Medan yang bersejarah dan jadi tempat foto yang keren.

1. Warenhuis

Usianya Lebih Seabad, 5 Bangunan Bersejarah di Kota MedanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Jika berkunjung ke gedung yang satu ini, kamu akan melihat kemegahan gedung tua. Siapa sangka bahwa gedung yang tak lagi utuh dan penuh lumut ini dulunya adalah supermarket pertama dan terbesar di kota Medan, bahkan di Pulau Sumatera.

Saat itu Wali Kota Medan, Daniel Baron Mackay yang meresmikan gedung ini tahun 1919. Pada 2013, gedung ini sempat terbakar dan kini hanya tersisa sebagian gedung saja. Saat ini, Gedung Warenhuis sering dijadikan tempat pemotretan termasuk prewedding.

2. Gedung London Sumatera

Usianya Lebih Seabad, 5 Bangunan Bersejarah di Kota MedanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Gedung yang terletak di tengah pusat kota ini terlihat berdiri kokoh di persimpangan lampu merah. Gedung ini adalah gedung pertama di Kota Medan yang memakai fasilitas elevator, lho. Gedung ini sudah ada sejak tahun 1906.

Gedung yang dulunya dikenal sebagai Gedung Juliana ini mengadaptasi gaya arsitektur rumah di London Abad ke-18. Lihat saja dari ciri khas jendelanya yang panjang dan lebar dengan tiang-tiang di depan pintu masuk.

Kemegahan dari gedung ini yang membuat orang tak berpaling untuk berfoto di sini. Tentu saja gedung ini masih menjadi kantor dari London Sumatera.

Baca Juga: 5 Kedai Es Krim Lezat di Medan, Ada yang Eksis Sebelum Kemerdekaan

3. Gedung Bank Indonesia Medan

Usianya Lebih Seabad, 5 Bangunan Bersejarah di Kota MedanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Gedung bercat putih dengan asitektur khas Eropa ini berlokasi di depan Lapangan Merdeka. Bangunan ini didirikan pada tahun 1906 dan mulai beroperasi pada tahun 1907 yang saat itu mulanya berfungsi sebagai pusat Bank Belanda.

Walau sudah mengalami renovasi, namun keaslian dari bangunan itu berusaha tetap dipertahankan. Nah, lokasi ini lah yang dijadikan spot foto. Tapi jika hendak berfoto di depan gedung ini, kamu harus izin dulu ya!

4. Kantor Pos Besar Medan

Usianya Lebih Seabad, 5 Bangunan Bersejarah di Kota MedanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Di wilayah yang berdekatan ada Kantor Pos Medan. Di sinilah aktivitas surat menyurat yang mulai terjadi sejak dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda. Bahkan sampai sekarang, kantor Pos Besar ini masih beroperasi dengan baik. Gedung ini dioperasikan sejak 1911.

Bangunan ini juga merupakan peninggalan Belanda. Tak jarang banyak aktivitas pemotretan di sini. Tapi, sayangnya, air mancur yang menghiasi depan bangunan ini telah mengalami perubahan.

5. Menara PDAM Tirtanadi

Usianya Lebih Seabad, 5 Bangunan Bersejarah di Kota MedanMenara PDAM Tirtanadi (pemkomedan.go.id)

Bangunan ini termasuk landmark kota Medan. Sudah berusia lebih seratus tahun sejak didirikan 1908 oleh pemerintah Belanda. Ini adalah menara yang sebenarnya adalah tempat penampungan air bagi warga Medan.

Menara ini tingginya 42 meter dan beratnya sekitar 300-an ton.Saat itu Belanda membangun perusahaan air yang bernama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih, yang berpusat di Amsterdam, Belanda. Tentu saja sejak era kemerdekaan sudah menjadi perusahaan air minum milik pemerintah.

Baca Juga: PSMS Medan Ingin Putus Kutukan di Markas Persiraja Banda Aceh

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya