Comscore Tracker

Berwisata ke Air Terjun Tongkat: Info, Rute, dan Harga Tiket

Masih satu aliran dengan Kolam Abadi dan Teroh-teroh

Medan, IDN Times- Ada banyak tempat wisata di Sumatra Utara. Termasuk di Binjai. Ada banyak wisata air terjun dan sungai di sini yang indah. 

Salah satunya adalah Air Terjun Tongkat di Binjai, Sumatra Utara. Dengan namanya yang unik berikut yang perlu kamu tahu soal Air Terjun Tongkat.

1. Alasan dinamakan Air Terjun Tongkat

Berwisata ke Air Terjun Tongkat: Info, Rute, dan Harga TiketAir Terjun Tongkat (instagram/air_terjuntongkat)

Air Terjun Tongkat dinamakan demikian karena memang terdapat batang pohon yang melintang sepanjang turunan air terjun yang terlihat seperti tongkat. Diameter pohon yang melintang tersebut memiliki kurang lebih diameter 1 meter dan panjang batang pohon 38 m. Asal usul batang pohon yang melintang tersebut terlihat seperti sudah dimakan usia dan jatuh sepanjang jatuhnya air terjun hingga ke dasar kolam dan berdiri tegak. 

Dari Kota Medan harus harus melakukan perjalanan selama satu jam 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 48 kilometer. Setelah itu kamu akan sampai di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumut.

Sebelum sampai ke lokasi air terjun kita harus masuk melalui gerbang utama, kemudian masuk ke area parkiran yang dikelilingi oleh perkebunan sawit. Letaknya berdekatan dengan Kolam Abadi Pelaruga. Kamu bisa sekaligus menjajal dua tempat ini jika ke sana.

Baca Juga: Info, Harga Tiket, Rute, dan Daya Tarik Air Terjun Pelaruga Binjai

2. Rute menuju Air Terjun Tongkat

Berwisata ke Air Terjun Tongkat: Info, Rute, dan Harga TiketAir Terjun Tongkat (instagram/air_terjuntongkat)

Dari gerbang utama area air terjun tongkat setelah parkiran kamu akan menemui 3 level rute yang berbeda tantangannya menuju ke Air Terjun Tongkat. Level pertama rute masih cukup lebar jalanan dan datar di mana di sekitarnya disajikan keindahan alam hutan alami. Kemudian roti level kedua jalanan cenderung turunan dan dan jalan setapak sehingga wisatawan harus menggunakan sepatu yang tepat agar tidak terpeleset. Rute level 3 jalanan sudah mendatar kembali ke jalur datar dengan terlihatnya aliran sungai yang menunjukkan sudah dekat dengan area air terjun tongkat. 

Airnya yang warnanya kebiru-biruan jadi daya tarik. Ya saking jernihnya kamu bisa melihat dasar kolam air terjun tersebut secara kasat mata.

3. Harga tiket masuk

Berwisata ke Air Terjun Tongkat: Info, Rute, dan Harga TiketAir Terjun Tongkat (instagram/air_terjuntongkat)

Untuk bisa Menikmati keindahan air terjun tongkat harga tiket masuk adalah Rp100 ribu untuk kendaraan dan Rp20 ribu per orang. Harga tersebut masih cukup terjangkau dan bilamana membutuhkan pemandu atau guide juga bisa dengan menambahkan sedikit biaya.

Kamu bisa berolahraga dengan cara trekking sekaligus Menikmati keindahan alam hutan dan dan sungai. Setelah lelah menyusuri jalur rute menuju air terjun dengan cara trekking berenang atau berendam adalah salah satu solusi untuk menghilangkan lelah. 

Baca Juga: Info, Harga Tiket, Rute, dan Daya Tarik Air Terjun Pelaruga Binjai

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya