Comscore Tracker

5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dari Dairi yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Ada kopi hingga durian Sidikalang

Hasil pertanian menjadi salah satu produk unggulan dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh di Dairi. Oleh-oleh menjadi salah satu hal yang wajib kita cari saat sedang berwisata atau berkunjung ke suatu wilayah, tidak terkecuali ketika Anda sedang berkunjung ke Dairi.  

Dairi merupakan sebuah Kabupaten yang beribukota di Sidikalang. Topografinya yang berupa wilayah pegunungan dan perbukitan membuat Dairi memiliki udara yang sejuk. Pada umumnya, masyarakat Dairi berprofesi sebagai petani.

Berikut ini ada 5 rekomendasi yang dapat kamu bawa sebagai buah tangan saat berkunjung ke Dairi.

1. Kopi Sidikalang

5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dari Dairi yang Wajib Kamu Bawa Pulanginstagram/yohanes_oentoro

Pasti akan nikmat jika saat sore atau malam hari kamu menikmati waktu berkumpul bersama keluarga dengan ditemani Kopi Sidikalang. Tak perlu khawatir, sebagai oleh-oleh di Dairi, Kopi Sidikalang dapat dengan mudah Anda dapatkan di swalayan,toko, maupun pasar tradisional. 

Tersedia pilihan saat kamu hendak membelinya, Anda dapat membeli Kopi Sidikalang dalam bentuk serbuk kopi maupun biji kopi. Atau minum langsung di tempat, maka kamu bisa memperolehnya di warung-warung kopi yang ada di sekitar.

2. Durian Sidikalang

5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dari Dairi yang Wajib Kamu Bawa PulangIlustrasi durian (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Ternyata tidak hanya kopi yang tersohor dari daerah ini. Berikutnya ada Durian Sidikalang yang merupakan produk unggulan yang dapat Anda bawa sebagai oleh-oleh di Dairi. Tingginya animo dan permintaan dari para pembeli, Durian Sidikalang menjadi salah satu barang yang disediakan oleh para pedagang. 

Kenikmatan Durian Sidikalang ini terletak pada rasanya yang manis dan daging buahnya yang sangat tebal. Lidah para penikmat durian akan dimanjakan dengan tekstur buah ini yang legit dan creamy. Rasanya pasti juga idak akan kalah nikmat jika dinikmati dalam bentuk es krim durian ataupun pancake.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!

3. Lemang

5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dari Dairi yang Wajib Kamu Bawa Pulanginstagram.com/asrin.band

Lemang terbuat dari beras ketan dan santan yang digulung dengan daun pisang. Pengolahannya dilakukan dengan cara membuat gulungan lemang yang kemudian dimasukkan ke ruas bambu.

Proses memasaknya dengan cara dibakar, setelah selesai dibakar Anda akan mendapatkan teksturnya berupa ketan yang pulen serta gurih. Lemang dapat dinikmati bersama selai srikaya, durian maupun tape. 

Kenikmatannya akan maksimal untuk dinikmati saat masih hangat. Para pelancong yang berkunjung ke Dairi ataupun Sumatera Utara biasanya juga memilih Lemang sebagai alternatif oleh-oleh kerana Lemang memiliki ketahanan selama masih ada di ruas bambunya, dan dapat disimpan hingga sekitar 2 hari.

4. Lappet

5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dari Dairi yang Wajib Kamu Bawa PulangCookin.ID

Lappet atau lepat yang kadang disebut awug oleh masyarakat sekitar ini merupakan salah satu makanan tradisional Dairi. 

Lappet merupakan sebuah olahan makanan yang terbuat dari tepung beras, gula dan kelapa yang dilapisi oleh daun pisang. Lappet ini dapat di jumpai di pasar tradisional Dairi. Jika anda sedang berada di Dairi, maka jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang salah satu makanan tradisional khas Dairi ini.

5. Ginaru

5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dari Dairi yang Wajib Kamu Bawa Pulanginstagram.com/zonapakpak

Makanan ini hampir sama dengan kolak ubi, namun ada tambahan bumbu lainnya yang membuat rasa lebih gurih dan manis.

Itulah beberapa oleh-oleh di Dairi yang dapat anda beli. Jika Anda sedang berwisata ke daerah ini, maka jangan lupa membeli produk pertanian dan hasil olahan khas daerah ini. Pastikan Anda mencicipi makanan tradisional di Dairi.

Baca Juga: Filosofis dan Bermakna, Ini 5 Makanan Khas Tradisional Dairi 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya