Asprov PSSI Sumut Tak Restui Edy Rahmayadi Cup, Ini Alasannya

Tolak kirimkan wasit untuk bertugas

Medan, IDN Times-  Piala Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Cup 2022 akan kick off Sabtu (23/7/2022). Namun ternyata ajang ini tak mendapat rekomendasi dari Asosiasi Provinsi (Asprov)PSSI Sumatra Utara.

Hal itu berdasar surat yang beredar dengan nomor: 030/Asprov-Sumut/FGS/VII/2022 tanggal 21 Juli 2022, yang ditujukan kepada Panitia Pelaksana Kegiatan Turnamen Sepakbola Piala Gubsu Tahun 2022.Surat tersebut menjawab permohonan panitia soal rekomendasi kegiatan dan perangkat untuk turnamen Piala Gubernur Sumut Tahun 2022.

“Untuk maksud tersebut diatas, dengan kewenangan yang ada maka untuk itu Asprov PSSI Sumatera Utara menyatakan TIDAK MEMBERIKAN REKOMENDASI PELAKSANA KEGIATAN,” bunyi surat yang ditandatangani Wakil Ketua Umum Asprov PSSI Sumut, Fidel Ganis Siregar itu.

PSSI Sumut menyebutkan PSMS Medan sebagai yang menggelar turnamen itu berdasarkan surat yang ditandatangani Direktur PT KMI, Arifuddin Maulana. Asprov beranggapan Direktur PSMS Medan yang diakui PSSI, yakni Kodrat Shah.

“Setiap kegiatan yang mengatasnamakan PSMS harus seizin Direktur PT Kinantan Medan Indonesia yang mengelola PSMS yang resmi sebagaimana terdaftar di database PSSI sesuai hasil kongres PSSI di Bandung tanggal 30 Mei 2022, yaitu atas nama Bapak KODRAT SHAH,” jelas surat tersebut.

1. Panpel dua kali menyurati Asprov PSSI Sumut

Asprov PSSI Sumut Tak Restui Edy Rahmayadi Cup, Ini AlasannyaIDN Times/Hasudungan

Exco PSSI Sumut, Julius Raja membenarkan surat dari Asprov PSSI Sumut tersebut. Menurutnya panpel mengirim dua surat ke Asprov PSSI Sumut. Namun ada atas nama Persatuan Sepak Bola Medan Sekitarnya (PSMS).

"Itu surat yang kedua kali. Surat pertama yang ditandatangani Pak Kodrat. Di situ surat pertama mereka menyebutkan Arifuddin Maulana tidak terdaftar di PSSI hasil kongres. Diubah mereka lagi ketua panitia Iswanda Ramli di surat kedua  Tapi kita kan tahu Nanda adalah ketua Askot. Dia juga sudah disurati dan diberi peringatan. Tentu ditolak. Pakai nama Persatuan Medan dan Sekitarnya pakai logo PSMS semua," kata Julius Raja, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Edy Rahmayadi Cup 2022 di Stadion Teladan

2. Exco PSSI sebut Asprov PSSI Sumut tak akan menugaskan perangkat pertandingan

Asprov PSSI Sumut Tak Restui Edy Rahmayadi Cup, Ini AlasannyaIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Begitupun menurut Raja jikapun turnamen tetap berjalan itu menjadi hak panpel. Pihaknya hanya sebatas tak beri rekomendasi hingga tak menurunkan perangkat pertandingan.

"Ya seandainya jalan hak mereka. Tapi perangkat pertandingannya  dan kita tidak menugaskan. Tapi nanti ada sanksinya kalau wasit bertugas. Yang saya dengar wasit-wasit yang tidak bertugas di PSSI. Dalam tanda kutip wasit pensiun. Apapun namanya itu nanti kita lihat seperti apa. Sanksinya nanti dirapatkan dulu. Jalan atau tidaknya pertandingan, pihak kepolisian yang menentukan," tambahnya.

3. Turnamen Edy Rahmayadi Cup II diikuti 4 tim

Asprov PSSI Sumut Tak Restui Edy Rahmayadi Cup, Ini AlasannyaInstagram.com/@edy_rahmayadi

Turnamen Edy Rahmayadi Cup 2022 akan kick off 23 Juli 2022 sampai 29 Juli 2022. Turnamen pramusim ini akan menyajikan duel tiga tim Liga 2 Sumut, PSMS, PSDS, Karo United dan PSAD Bukit Barisan.

Ketua panpel, Iswanda Ramli mengatakan turnamen memakai sistem setengah kompetisi. "Empat tim saling berjumpa. Dua tim teratas akan berlaga di final. Sementara dua tim terbawah memerebutkan peringkat tiga," kata Iswanda saat konfrensi pers, Kamis (21/7/2022). 

Baca Juga: Edy Rahmayadi Cup 2022 Kick Off 23 Juli, 3 Tim Liga 2 Uji Kekuatan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya