Comscore Tracker

La Nyalla Mau Jadi Ketum PSSI Lagi, Saktiawan Sinaga: Jangan Lagi Lah

Nama Erick Thohir dijagokan banyak pihak

Medan, IDN Times - PSSI akan menggelar Kongres Biasa pada Minggu (15/1/2023), di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Kongres tersebut bakal dihadiri perwakilan FIFA dan AFC.

Salah satu agenda dalam Kongres Biasa nanti adalah membentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Pembentukan dua komite itu adalah tahap awal menuju Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih pengurus PSSI Periode 2023-2027.

KP dan KBP terpilih nanti akan bekerja untuk memproses menuju kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif pada 16 Februari 2023.

Meski masih sebulan lagi, Pemilihan Ketua Umum PSSI sudah hangat diperbincangan. Salah satu nama yang muncul adalah  La Nyalla Mattalitti. Ia pernah menjabat wakil ketua umum PSSI pada tahun 2013 hingga 2015, serta menjadi ketua umum PSSI pada tahun 2015 hingga 2016.

La Nyalla menjadi orang pertama yang daftar secara resmi untuk menjadi Ketum PSSI periode 2023-2027. La Nyalla tiba di kantor PSSI pada Jumat (13/1/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Baca Juga: Liga 2 Dihentikan, Ini Pernyataan Sikap Karo United

1. Kalau bisa orang baru lah

La Nyalla Mau Jadi Ketum PSSI Lagi, Saktiawan Sinaga: Jangan Lagi LahLegimin Rahardjo dan Saktiawan Sinaga, dua eks penggawa PSMS saat runner up Liga Indonesia (IDN TImes/Doni Hermawan)

Legenda Timnas PSSI, Saktiawan Sinaga berharap ada sosok baru yang siap menjadi nahkoda induk organisasi sepakbola di tanah air tersebut. Menuurutnya La Nyalla sudah pernah menjabat dan sebaiknya memberikan kesempatan pada orang lain yang mampu.

"Jangan (Mattalitti) Lagilah. Kalau bisa orang barulah," kata Saktiawan, Jumat (13/1/2023) malam.

2. Nama Erick Thohir dijagokan banyak pihak

La Nyalla Mau Jadi Ketum PSSI Lagi, Saktiawan Sinaga: Jangan Lagi LahMenteri BUMN Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar dan juga resmi menjadi bagian dari suku Batak, Sumatera Utara. (Dok Instagram Erick Thohir)

Selain La Nyalla, nama lain yang muncul adalah Erick Thohir. Meski belum resmi mendaftar, namun nama Menteri BUMN ini digadang-gadang untuk memimpin PSSI.

Saktiawan mengaku siap mendukung Erick Thohir jika menjadi Ketum PSSI.

"Iya dong ( dukung Erick)," kata pesepakbola yang jadi legenda di PSMS Medan tersebut.

La Nyalla mengaku siap bersaing dia siapa saja untuk menduduki kursi PSSI 1.

"Ketika saya mendaftarkan diri, saya tidak melihat siapa dia. Yang penting adalah saya mau bekerja untuk PSSI agar bisa kembali berjaya," ungkap La Nyalla setelah mendaftarkan diri ke kantor PSSI.

3. Football Insitute: Erick Thohir calon paling kuat

La Nyalla Mau Jadi Ketum PSSI Lagi, Saktiawan Sinaga: Jangan Lagi LahMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Lembaga Independen Founder Football Insitute, Budi Setiawan, mengatakan bahwa Erick Thohir adalah calon paling kuat untuk menjadi Ketum PSSI.

“Bursa calon Ketua Umum PSSI sepertinya sudah mengerucut kepada satu sosok yakni, Menteri BUMN, Erick Thohir,” ucap Budi Setiawan dilansir dari Antara, Selasa (11/1/2023).

“Meskipun nantinya akan ada calon lain, sepertinya hanya penggembira saja. Mesti tokcer lah wakil ketua umum Erick Thohir,” tambah dia.

Menurut Budi Setiawan, sosok Wakil Ketua Umum PSSI pendamping Erick Thohir sangat penting. Sebab, akan mempresentasikan organisasi PSSI.

“Menurut kami (Football Insitute) Ketum PSSI sudah hampir final dan tidak perlu didiskusikan,” ucapnya.

“Yang perlu dicermati adalah dua sosok wakil ketua umum pendamping Erick Thohir kelak jika dia menjadi ketua umum, sosok wakil ketua umum sepertinya masih ketat,” tambahnya

Baca Juga: [Klasik] Memori Liga 1997/98, Kompetisi Dihentikan saat PSMS di Puncak

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya