5 Tindakan yang Bikin Wasit Gak Segan Keluarkan Kartu dalam Sepakbola

Bukan cuma tekel pemain lawan yang bisa bikin kena kartu

Sepak bola merupakan olahraga yang seru untuk ditonton. Kemampuan olah bola dari antar pemain itu sendiri yang membuat membuat sepak bola itu menjadi menarik untuk ditonton. Saling bekerja sama untuk dapat memenangkan pertandingan.

Terkadang para pemain melakukan berbagai cara untuk memenangkan pertandingan. Cara-cara itu kadang dapat merugikan timnya sendiri hingga wasit tak segan memberikan kartu.

Bukan cuma tekel pemain lawan, berikut 5 tindakan yang membuat pemain sepak bola mendapat ganjaran kartu oleh wasit.

1. Diving

5 Tindakan yang Bikin Wasit Gak Segan Keluarkan Kartu dalam Sepakbolailustrasi mencoba menghalau bola (twitter.com/FIFAWorldCup)

Diving dalam sepak bola merupakan istilah yang digunakan buat pemain yang sengaja menjatuhkan diri. Pemain yang sengaja melakukan diving biasanya mengharapkan dapat ganjaran pelanggaran dari wasit. Namun, aksi tersebut selamanya berjalan berhasil.

Wasit yang mengetahui tindakan pemain yang melakukan diving dengan tegas akan langsung memberikan kartu ke pemain. Tindakan tersebut dianggap sebagai tindakan yang tidak fair karena merugikan lawan atau tim sendiri.

Baca Juga: Mengenal Fullball, Olahraga Baru yang Revolusioner dari Indonesia

2. Melepas pakaian

5 Tindakan yang Bikin Wasit Gak Segan Keluarkan Kartu dalam Sepakbolailustrasi wasit beri kartu (twitter.com/tribundergi)

Melepas pakaian dalam sepak bola saat ini umum dilakukan para pemain saat pertandingan masih berlangsung. Melepas pakaian biasa dilakukan pemain saat merayakan gol pada situasi krusial. Sebagai bentuk luapan emosi membuat pemain refleks melepas pakaian.

Meski tindakan ini sepintas tidak merugikan siapa pun namun wasit akan langsung memberikan kartu kepada pemain yang melepas pakaian. Hal itu dikarenakan wasit menganggap pemain yang melepas pakaian dapat mengulur-ulur waktu.

3. Protes keras

5 Tindakan yang Bikin Wasit Gak Segan Keluarkan Kartu dalam Sepakbolailustrasi protes ke wasit (instagram.com/brfootball)

Dalam pertandingan sepak bola, wasit sebagai pengadil di lapangan memiliki wewenang penuh pada setiap keputusan yang di ambil. Banyak drama yang terjadi saat pertandingan berlangsung membuat wasit juga harus bersikap tegas saat menjalankan tugasnya.

Namun, kadang kala keputusan wasit di dalam lapangan dapat merugikan salah satu tim. Hingga tim yang merasa dirugikan melakukan protes keras namun tindakan protes yang berlebihan ini juga dapat merugikan tim karena wasit tidak segan memberikan kartu kepada pemain/staff yang melayangkan protes berlebihan kepada wasit.

4. Rasisme

5 Tindakan yang Bikin Wasit Gak Segan Keluarkan Kartu dalam SepakbolaMario Balotelli (instagram.com/mb459)

Tindak rasisme dalam sepak bola masih sering terjadi di dunia sepak bola. Perbedaan ras, suku dan bangsa yang membuat itu sering terjadi. Tindak rasisme ini kerap diterima oleh bangsa kulit hitam.

Tindak rasisme ini tidak hanya terjadi dari supoter ke pemain namun bisa terjadi di antar pemain/staff. Tindakan seperti ini jika terjadi di antar pemain/staff dapat berujung kartu yang dikeluarkan oleh wasit karena tindakkan itu dianggap tidak fair.

5. Mengulur waktu

5 Tindakan yang Bikin Wasit Gak Segan Keluarkan Kartu dalam SepakbolaKiper Belanda di Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Dalam sepak bola banyak drama yang terjadi dalam lapangan. Demi mendapatkan kemenangan, tindakan mengulur waktu kerap digunakan.

Tindakan mengulur waktu ini kerap dilakukan dimenit-menit akhir saat salah satu tim unggul tipis. Saat wasit menganggap salah satu pemain mengulur waktu tanpa ampun wasit langsung mengganjarnya dengan kartu. Pemain yang sering mendapat kartu karena di anggap mengulur waktu pemain dengan posisi penjaga gawang. 

Pertandingan sepak bola memang salah satu cabang olah raga yang sangat seru untuk dinikmati. Banyak drama-drama yang membuat pertandingan menjadi seru hingga wasit tak sungkan mengeluarkan banyak kartu untuk satu pertandingan.

Itu tadi tindakan-tindakan yang membuat wasit dapat mengeluarkan kartu. Kira-kira tindakan apalagi ya yang membuat wasit mengeluarkan kartu?

Baca Juga: 6 Wasit Paling Kontroversial di Dunia Sepakbola

Tri Utomo Photo Community Writer Tri Utomo

Perasaan orang pada dasarnya dangkal, mereka berubah seiring situasi - Itaewon Class

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya