Venue Akuatik Selayang Selesai Direvitalisasi untuk PON 2024

Masih perlu tambahan fasilitas penunjang

Medan, IDN Times- Arena akuatik Selayang Medan salah satu venue yang sudah tuntas direvitalisasi. Venue ini dinyatakan layak untuk tempat pertandingan akuatik Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

"Seluruh sarana dan prasarana pertandingan di arena akuatik Selayang sudah siap digunakan. Dalam waktu dekat akan datang delegasi teknis dari PB PON untuk melakukan pemeriksaan dan selanjutnya dilaksanakan uji coba arena akuatik PON tersebut," kata Ketua Bidang Pertandingan PB PON Wilayah Sumut Budi Syahputra.

1. Perlu ditambah fasilitas penunjang

Venue Akuatik Selayang Selesai Direvitalisasi untuk PON 2024ilustrasi renang (Pexels/@kindlemedia)

Namun diperlukan adanya fasilitas penunjang seuai pantauan dan usulan dari Pengurus Besar Akuatik Indonesia (PBAI). Antara lain papan loncat indah, papan penilaian atau scoring board, ruang untuk pers, hingga pencahayaan di lokasi venue.

Anggaran pengadaan item tersebut tidak ditampung pada APBD Sumut Tahun 2024, sehingga pengadaan perlengkapan pertandingan menggunakan anggaran PB PON.

Baca Juga: Adaptasi Venue PON, Atlet Selam Sumut Berangkat Lebih Awal ke Aceh

2. Venue-venue cabor akuatik

Venue Akuatik Selayang Selesai Direvitalisasi untuk PON 2024ilustrasi kolam renang (pexels.com/Pixabay)

Diketahui di Stadion Akuatik Selayang Medan sudah ditetapkan sebagai venue beberapa cabang olahraga akuatik. Mulai dari renang indah, renang, polo air dan loncat indah.

Sedangkan, Danau Toba, Kabupaten Simalungun untuk pertandingan cabang renang perairan terbuka dan ski air.

3. Kondisi atlet prima jelang PON

Venue Akuatik Selayang Selesai Direvitalisasi untuk PON 2024Atlet renang Sumut untuk PON 2024 (dok.istimewa)

Para atlet akuatik Sumut sendiri dalam kondisi fisik yang prima. Hal ini diungkap Pelatih akuatik Sumatera Utara (Sumut) Dwi Jitrada Afrido.

“Para atlet akuatik Sumut sampai saat ini berada dalam kondisi fisik cukup baik, termasuk dari sisi teknis dan performance. Mudah-mudahan mereka bisa menerapkan itu semua dalam pertandingan yang sesungguhnya di PON 2024,” kata Dwi.

Sumut di cabang akuatik akan menerjunkan empat atlet putra, masing-masing Giony Ruben Dwinov Siahaan, Guntur Mahesa Putra, Reyhan Kiming Yudistira, dan Syahgali Ivano Purba. Sedangkan atlet putri, masing-masing Evivania Satriani Siahaan dan Grecia Marjori Hutapea.

Sebelum menjalani pemusatan latihan terpusat yang dijadwalkan pada awal Agustus 2024, menurut pelatih yang akrab disapa Dodo ini, enam atlet akuatik Sumut itu sejak Mei 2024 lalu telah menjalani pemusatan latihan di kolam renang Detis Sari Indah Pematang Siantar.

Sementara atlet loncat Indah Sumut berlatih di Malaysia demi memenuhi target empat medali emas loncat indah pada PON 2024. Lima atlet loncat indah Sumut berlatih intensif di Pusat Akuatik Tuanku Zara, Ipoh, Malaysia.

“Untuk loncat indah, kita menargetkan minimal empat medali emas meski DKI Jakarta dan Jawa Barat merupakan tim yang kuat. Kita optimistis bisa memberikan yang terbaik untuk Sumut,” kata Sekretaris Pengurus Provinsi (Pengprov) Akuatik Indonesia Sumut Wildan Diapari Hasibuan.

Baca Juga: Pertina Tolak Gedung Merdeka Siantar untuk Venue Tinju PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya