Comscore Tracker

Target Emas PON 2024, PJSI Sumut Kirim Atlet Berlatih di Pelatnas

PJSI Sumut masih andalkan dana sendiri

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara tak main-main untuk mewujudkan target meraih medali emas PON 2024 mendatang. PJSI Sumut mengirimkan atlet untuk berlatih di Pelatnas. 

Ada dua atlet yang ditempa di Pelatnas SEA Games. Mereka adalah Winner Felix Panggabean dan Gusti Irawan Gowasa. Hal itu dibenarkan Ketua Pengprov PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah. 

"Benar kita kirim mereka berlatih di Pelatnas. Jadi mereka bisa mengikuti program dari pelatnas sehingga punya keunggulan," kata Arief, Jumat (25/2/2022).

1. PJSI Sumut ingin mengirim lebih dari 2 atlet ke Pelatnas

Target Emas PON 2024, PJSI Sumut Kirim Atlet Berlatih di PelatnasKetum PJSI Sumut, M Arief Fadhillah saat menyerahkan rencana program kerja ke KONI Sumut (Dok.PJSI Sumut)

Sebenarnya bukan hanya dua atlet yang akan dikirim PJSI Sumut. Akan ada dua atlet lagi yang akan menyusul.

"Jadi sebenarnya semua atlet kita yang ada di Pelatda yang akan kita kirim berlatih di Pelatnas. Tapi kan kita masih swadaya dari pengprov sendiri. Kalau sudah masuk anggaran dari KONI Sumut, kita bisa mengirim lebih banyak. Karena tidak murah biaya ke Pelatnas. Rencananya empat orang dulu. Nantinya di Sumut kita akan bentuk tim lapis duanya," beber pria yang berprofesi sebagai notaris itu.

Kedua atlet itu akan bertolak ke Jakarta, Selasa (1/3/2022). Nantinya para atlet berlatih di Pelatnas SEA Games hingga Mei. "Nanti mereka pulang dan saat ada Pelatnas Asian Games bergabung lagi," tambahnya.

Baca Juga: Pimpin PJSI Sumut, Arief Fadhillah Ingin Judo Kembali Tunjukkan Taji

2. Ada 8 atlet yang saat ini mengikuti pelatda

Target Emas PON 2024, PJSI Sumut Kirim Atlet Berlatih di PelatnasPara atlet pelatda PJSI Sumut saat berlatih (IDN Times/Doni Hermawan)

Saat ini ada 8 atlet yang mengikuti Pelatda PJsI Sumut. Mereka adalah Okky Wicaksono, Nanda Olivia Banurea, Willi Pratama, Winner Felix Panggabean, Helena Susyen, Gusti Irawan Gowasa dan Jihan Syakila Lubis. "Nantinya Riki Ramadhani atlet senior menyusul bergabung di Pelatda. Tapi sudah ikut program," tambahnya.

Menurut Arief, saat ini para atlet pelatda sudah berlatih setiap hari. Hal itu juga menyesuaikan program dari pelatnas. "Tiap hari latihan sesuai program pelatnas. Pengprov juga akan menjaring atlet lagi ke daerah untuk talent scouting. Dimulai bulan depan," bebernya.

3. PJSI Sumut minta perhatian KONI Sumut dan pemerintah daerah

Target Emas PON 2024, PJSI Sumut Kirim Atlet Berlatih di PelatnasPara atlet pelatda PJSI Sumut saat berlatih (instagram/pjsi_Sumut)

Arief mengatakan semua upaya itu demi mewujudkan target 2 medali emas PON 2024. Namun menurutnya Pengprov PJSI Sumut tak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari KONI Sumut maupun pemerintah daerah.

"Apalagi berjalan lancar dan mendapat dukungan dari berbagai stakeholder, kami yakin bisa meraih lebih dari dua medali emas PON," tambah pria yang juga agen berlisensi FIFA ini.

Selain itu Arief mengatakan, PJSI Sumut juga sedang membenahi internal organisasi dan mengembangkan pengcab/pengkot PJSI di daerah. PJSI Sumut menargetkan membentuk tujuh kepengurusan Pengkab/pengkot pada tahun 2022.

Baca Juga: Deklarasi Tuan Rumah PON 2024, Aceh Gelar 33 Cabor dan Sumut 34 Cabor

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya