Sumut Targetkan 4 Medali Emas Cabor Balap Motor PON 2024

11 atlet diusulkan ikut tes fisik Juni mendatang

Medan, IDN Times- Status sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 tak mau disia-siakan cabang olahraga balap motor Sumatra Utara. Untuk itu Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) menargetkan empat medali emas. 

Hal itu disampaikan Kabid Roda Dua, Syabra Buana di Posko Publikasi PON XXI/2024 Aceh-Sumut Dispora Sumatra Utara, Selasa (30/05/2023).

" Kita yakin dengan kemampuan atlet kita yang masih muda-muda, dan mereka telah memiliki pengalaman di nomor masing," ucap Syabra didampingi dan Kabid Mobility, Mahyudanil.

1. Atlet grasstrack sudah menjalani pelatda

Sumut Targetkan 4 Medali Emas Cabor Balap Motor PON 2024Ahmad Fadillah andalan Sumut di nomor grasstrack pada PON 2024 mendatang (instagram/ahmad_fadilah_115)

Syabra menjelaskan, empat medali emas itu ditargetkan dari nomor Grasstrack kelas trail modifikasi perorangan dan standar peroangan. Begitu juga untuk balap motor kelas standar perorangan dan beregu.

Untuk nomor grasstrack yang sudah melakukan pelatda diikuti sebanyak 4 pebalap yakni Ahmad Fadillah, Ahmad Yusrizal, Ricky Revanza dan Bima Artha Wibowo.

Para pembalap tersebut sudah berprestasi di tingkat nasional. Seperti Ahmad Fadillah yang pernah meraih peringkat 3 di tingkat nasional dan Ahmad Yusrizal juara nasional tingkat junior.

Baca Juga: Target 4 Emas PON 2024, Arung Jeram Sumut Butuh Peralatan yang Memadai

2. Balap motor belum melakukan pelatda

Sumut Targetkan 4 Medali Emas Cabor Balap Motor PON 2024IMI Sumut membeberkan persiapan cabor balap motor di Posko Publikasi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Syabra menambahkan, keempat pembalap ini berlatih sendiri. Mereka dibatasi untuk mengikuti kejuaraan. Hal ini untuk menghindari hal tak diinginkan seperti cedera.

Sementara untuk nomor balap motor, belum di;akulkan pelatda. Hal ini disebabkan Sirkuit Jalan Pancing saat itu belum siap direnovasi. Kejurda baru digelar usai Lebaran kemarin.

3. Sebanyak 11 pembalap diusulkan ikuti tes fisik Juni mendatang

Sumut Targetkan 4 Medali Emas Cabor Balap Motor PON 2024Kontingen balap motor Sumatra Utara saat berlaga di PON XX Papua (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu Mahyudanil menambahkan, mereka mengatakan 11 pembalap akan diusulkan menjalani tes fisik yang digelar KONI Sumut pada Juni mendatang.

"Tapi saya yakin dengan demikian target 2 medali emas di nomor standar perorangan dan beregu nantinya bisa terwujud, karena dari 11 nama pebalap yang diajukan tentunya memiliki prestasi terbaik di kelasnya," pungkasnya.

Baca Juga: Hadapi PON 2024, Cabor Angkat Besi Minta Nutrisi Atlet Diperhatikan 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya