Stadion Teladan Direnovasi, PSMS Berkandang di Lubukpakam?

PSMS berkoordinasi dengan Wali Kota Medan soal renovasi

Medan, IDN Times- Pemerintah Kota Medan akan merenovasi Stadion Teladan tahun ini. Kemudian muncul pertanyaan di mana stadion yang akan menjadi kandang PSMS uuntuk menghadapi Liga 2 musim 2023/2024.

Manajemen PSMS lewat PT Kinantan Medan Indonesia (KM) belum menentukan hal itu. Direktur PT KMI Arifuddin Maulana Basri mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan Wali Kota Medan.

"Homebase PSMS musim ini, kita sudah berkoordinasi dengan Pak Wali Kota agar ketika memang stadion belum dimulai renovasi kita memohon bisa menggunakan lapangan ini, karena perbaikan stadion untuk PSMS juga ke depannya," kata Arifuddin.

1. Manajemen mencari alternatif pengganti jika Stadion Teladan

Stadion Teladan Direnovasi, PSMS Berkandang di Lubukpakam?PT LIB melakukan verifikasi Stadion Teladan Medan, Selasa (9/8/2022) (Dok.Istimewa)

Namun PSMS memaklumi jika memang Stadion Teladan tak bisa digunakan karena sudah dalam proses pembongkaran. "Kalau pembongkaran kita cari alternatif lainlah. Kita harus bijaksana menanggapi itu," katanya.

Sebelumnya PSMS berbagi kandang dengan Karo United (kini Sada Sumut FC) di Liga 2 musim lalu.

"Gambaran sementara kita sama dengan Sada Satu hoembase-nya. Apakah memang di Stadion Baharoeddin atau Stadion Mini Pancing, kalau layak untuk Liga 2.  Kita usahakan tetap di Sumatra Utara," kata Arifuddin.

Baca Juga: Fardan Harahap dan Joko Susilo dari Arema Balik ke PSMS

2. Hanya Stadion Baharoeddin Siregar yang layak untuk alternatif kandang

Stadion Teladan Direnovasi, PSMS Berkandang di Lubukpakam?Stadion Baharoeddin Siregar kandang PSDS di Liga 2 (Dok.Istimewa)

Jika melihat opsi yang disampaikan Arifuddin, hanya Stadion Baharoeddin Siregar yang paling representatif untuk dijadikan kandang alternatif. Kandangnya PSDS di Liga 2 musim lalu ini sebelumnya sudah lolos verifikasi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Itupun dengan beberapa catatan.

Hanya saja berbeda dengan Stadion Teladan, stadion ini tak punya penerangan yang memadai. Makanya laga-laga PSDS hanya digelar siang hari. Sementara Stadion Mini Pancing saat ini sedang direnovasi. Belum diketahui apakah renovasi ini membuat stadion milik Dispora Sumut ini layak untuk menggelar Liga 2.

Jika benar di Stadion Baharoeddin Siregar, bisa jadi ada 3 tim yang berkandang di sini. Selain PSDS, PSMS bisa juga Sada Sumut menjadikannya homebase.

3. Renovasi Stadion Teladan digunakan dengan anggarakan Kementerian PUPR

Stadion Teladan Direnovasi, PSMS Berkandang di Lubukpakam?Tampak depan desain baru Stadion Teladan Medan (Dok.Istimewa)

Sebelumnya disebutkan pengerjaan fisik Stadion Teladan Medan akan dilakukan dengan anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan sistem multiyears. Ditargetkan, renovasi stadion yang berdiri sejak PON 1953 itu akan selesai tahun 2024.

Konsep Teladan nantinya menara yang dipertahankan. Selain merupakan ciri khas Stadion Teladan, kondisi bangunan menara itu setelah diteliti pihak PUPR juga masih kuat.

Stadion Teladan akan dilengkapi dengan museum olahraga di bagian depan stadion, persisnya dekat menara. Di museum olahraga itu nanti, ujarnya, masyarakat dapat melihat foto-foto atlet-atlet berprestasi yang pernah mengharumkan nama Kota Medan maupun Sumatra Utara di kancah nasional hingga internasional.

Namun belum ada disebutkan kapan pengerjaan fisik dilakukan, Sebab, tidak tertutup kemungkinan Stadion Teladan akan menjadi tempat penutupan PON ke-21 tahun 2024 dengan tuan rumah Sumut dan Aceh.

Baca Juga: Kontraknya Diperpanjang, Ini Ambisi Nico Malau Bersama PSMS Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya