Comscore Tracker

SMKN 5 Medan Beri Beasiswa untuk Peraih Emas Judo Kasad Cup

Dukung siswa dan siswi berprestasi di segala bidang

Medan, IDN Times- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Medan bangga atas prestasi salah satu siswinya, Helena Susyen di kancah olahraga nasional. Helena baru saja meraih medali emas Kasad Cup XIII di Cilodong pada kejuaraan nasional yang berlangsung 25-27 Maret 2022 lalu.

Apresiasi ini disampaikan Kepala Sekolah SMKN 5 Medan, Dedi Darmadi saat menerima pengurus Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara di sekolah yang beralamat di Jalan Timor Medan itu, Selasa (12/4/2022).

"SMKN 5 Medan selalu mensupport siswa kita untuk menjadi atlet. Apalagi mulai kemarin siswa berprestasi kita berikan apresiasi berupa beasiswa. Untuk yang berprestasi secara akademik juara 1 itu biasa reward free 3 bulan SPP, juara 2 selama 2 bulan, juara 3 dapat 3 bulan. Karena Susyen berprestasi secara nasional, kami beri beasiswa 6 bulan," kata Dedi.

1. Dedi berharap Susyen bisa seimbangkan atlet dan pendidikannya

SMKN 5 Medan Beri Beasiswa untuk Peraih Emas Judo Kasad CupKepala Sekolah SMKN 5 Medan, Dedi Darmadi (Dok.Istimewa)

Dedi mengatakan keberhasilan Susyen diharapkan menjadi motivasi untuk terus berprestasi sebagai atlet. Namun dia berharap Susyen tak melupakan pendidikannya.

"Hari ini dukungan kami berikan supaya dia juga berhasil di akademik. Secara atlet kan dia berhasil. Kita komunikasikan dengan tim kepelatihan agar seiring sejalan pendidikan dan atletnya," kata Dedi.

Baca Juga: Usai Kasad Cup, PJSI Sumut Siapkan Atlet Hadapi Musi Open 

2. PJSI Sumut bangga pihak sekolah mau memberikan apresiasi untuk atlet

SMKN 5 Medan Beri Beasiswa untuk Peraih Emas Judo Kasad CupPengurus PJSI Sumut dan Helena Susyen saat berkunjung ke SMKN 5 Medan (Dok.Istimewa)

Sementara itu Ketum Pengprov PJSI Sumut, M Arief Fadhillah menyambut positif dukungan dari sekolah terhadap atlet. Apalagi dengan memberikan beasiswa. "Kami berterima kasih kepada pihak sekolah yang mau mengerti soal kondisi atlet dan bahkan memberikan beasiswanya. Kami harap ini jadi motivasi bagi atlet untuk memberikan prestasi terbaiknya di ajang-ajang berikutnya," kata Arief didampingi Sekretaris, Josef Yus.

Arief juga mengatakan meski harus Susyen harus menjalani Pelatda jangka panjang untuk PON 2024 dan berbagai even, pihaknya akan berusaha mensinergikan dengan pihak sekolah. "Kita memang berharap pendidikannya juga tidak tertinggal meskipun atlet harus berbagi waktunya dengan pelajaran. Nantinya akan disinergikan dengan pelatih jadwal latihan agar bisa tetap sekolah," tambah Arief.

Arief juga mengatakan siap bekerja sama dengan sekolah-sekolah, termasuk SMKN 5 Medan untuk mensosialisasikan judo. "Jadi terbuka kemungkinan siswa dan siswi di sini yang berminat untuk dilatih judo. Kita siapkan pelatihnya. Dan bisa juga untuk ekstrakurikuler," beber Arief.

3. Helena Susyen ingin berprestasi di even-even berikutnya

SMKN 5 Medan Beri Beasiswa untuk Peraih Emas Judo Kasad CupHelena Susyen, siswi SMKN 5 peraih medali emas Kasad Cup (Dok.Istimewa)

Sementara itu Helena Susyen juga mengatakan beasiswa ini membuatnya lebih bersemangat mengejar prestasi. Apalagi ada dukungan dari sekolah. "Terima kasih atas sekolah saya SMKN 5 Medan yang sudah memberi dukungan kepada saya menjadi atlet. Mudah-mudahan saya bisa membuat sekolah lebih bangga lagi ke depannya," kata Susyen.

Perempuan kelahiran 24 Maret 2005 itu sebelumnya meraih medali emas usai mengalahkan judoka asal Jawa Timur di kelas -78 kg. Sumut total meraih 1 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu di ajang tersebut.

Baca Juga: Total 7 Medali di Kasad Cup 2022, Tim Judo Sumut Bikin PB PJSI Kaget

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya