Seleksi Atlet untuk Kejurwil Barat, Judo Sumut Target Juara Umum

Kejurwil Barat penting untuk persiapan PON 2024

Medan, IDN Times- Pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara menggelar seleksi untuk menghadapi Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Barat Judo yang digelar di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan 3-4 Juni 2023 mendatang. Hal ini karena PJSI Sumut akan full team dan mengikuti kelas sebanyak-banyaknya.

Hal itu dikatakan Ketua Pengprov PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah usai menutup seleksi Kejurwil. Selain mengandalkan atlet pelatda, Sumut juga menyeleksi atlet dari daerah.

"Pejudo Sumut optimis, makanya kita persiapan full team. Seleksi digelar untuk menyaring atlet daerah dan kita akan ikuti sebanyak-banyaknya kelas. Target kita juara umum," kata Arief.

1. Hadapi atlet-atlet pelatnas dari DKI Jakarta dan Banten

Seleksi Atlet untuk Kejurwil Barat, Judo Sumut Target Juara UmumAtlet judo seleksi untuk Kejurwil Barat di Lubuk Linggau, Sumsel (IDN Times/Doni Hermawan)

Diakui Arief target itu tak mudah. Apalagi Kejurwil juga diikuti para atlet nasional dari DKI Jakarta dan Banten. Dua dari empat besar kekuatan judo nasional. Sumut sendiri juga menurunkan dua atlet pelatnas Winner Felix Panggabean dan Nanda Olivia Banurea.

"Gak bisa kita pungkiri ada DKI sama Banten. Empat teratas di Indonesia selain Jawa Barat dan Bali. Siapaun lawannya, dengan persiapan yang kita buat, saya optimis," kata Arief.

Pria yang berprofesi sebagai notaris itu mengakui untuk atlet seleksi dari daerah belum dibebani target. Namun hal itu jadi gambaran untuk kekuatan lapis kedua dan ketiga.
"Yang terpilih dari daerah, mungkin kita belum kasih beban target. Tapi kita sudah dapat gambaran lapis kedua dan ketiga," beber Arief.

Baca Juga: Judo Sumut Siap Jawab Tantangan Gubernur Edy untuk PON 2024

2. Kejurwil ajang sparing para atlet Sumut

Seleksi Atlet untuk Kejurwil Barat, Judo Sumut Target Juara UmumAtlet judo seleksi untuk Kejurwil Barat di Lubuk Linggau, Sumsel (IDN Times/Doni Hermawan)

Kejurwil ini menjadi salah satu agenda PJSI Sumut untuk persiapan PON 2024. Diakui Arief para pejudo Sumut butuh lawan tanding.

"Kita minta sama KONI kita latihan di luar. Salah satunya kalau pelatda judo Sumut, cari lawan tanding pulau Sumatra aja kita masih unggul. Karena itu memang kejurwil ini jadi salah satu ajang untuk beri jam terbang atlet," tambah Arief.

Diketahui Kejurwil Barat akan digelar di GOR TOM Jalan Ahmad Yani, Lubuklinggau Utara, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Kejurwil ini seyogyanya digelar 27-28 Mei 2023, namun diundur sepekan.

3. Daftar atlet yang akan diturunkan ke Kejurwil Barat

Seleksi Atlet untuk Kejurwil Barat, Judo Sumut Target Juara UmumAtlet judo seleksi untuk Kejurwil Barat di Lubuk Linggau, Sumsel (IDN Times/Doni Hermawan)

Para atlet yang akan diturunkan untuk Kejurwil Barat dari atlet pelatda plus hasil seleksi antara lain:

Putra:

1. Lutfi -50 kg junior
2.Nicholas -55 kg junior
3. Alfin Paulus -55 kg senior
4. James -60 kg senior
5. Rinaldi -60 kg junior
6. David -66 kg junior
7. Winner -66 kg senior (pelatnas)
8. Zaki -73 kg junior
9. Fadli -73 kg senior
10. Daffin -81 kg junior
11. Samuel - 81 kg senior
12. Willy Pratama -90 senior
13. Inoue -90 kg junior

Putri:

1. Sari -49 kg junior
2. Febby -49 kg senior
3. Jihan -48 kg junior
4. Della -52 kg junior
5. Martha -57 kg junior
6. Elvira Maria -63 kg junior
7. Nanda Banuera -70 kg senior (pelatnas)
8. Helena Susen -78 senior
9. Ezlin -57 kg senior

Baca Juga: Judo: Pengertian, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Peraturannya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya