Comscore Tracker

Selekda Judo Sumut, Atlet Medan Dominasi Gelar Juara

Atlet Pelatda Sumut unjuk gigi

Medan, IDN Times-  Para atlet asal Kota Medan masih mendominasi hasil Seleksi Daerah (Selekda) Judo Sumatra Utara 2022 yang digelar di Padepokan PJSI Sumut, Jalan Gaharu, Minggu (14/8/2022). Medan meraih 9 gelar juara dari berbagai kelas.

Sementara di peringkat kedua ada Pengcab Dairi dengan 3 gelar juara, 4 runner up dan 2 peringkat ketiga. Disusul Tebing Tinggi dengan 2 gelar juara, 2 runnner up dan 1 peringkat ketiga.

1. Para atlet Pelatda PON Sumut juga juara di berbagai kelas

Selekda Judo Sumut, Atlet Medan Dominasi Gelar JuaraPertarungan atlet Pelatda Sumut, Winner Panggabean dengan atlet senior, Riki Ramadhani pada Selekda Judo Sumut 2022, Minggu (14/8/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu para atlet pelatda PON Sumut juga tampil sebagai juara di berbagai kelas. Seperti Gusti Irawan Gowasa di kelas -55 kilogram, Winner Felix Panggabean di kelas -66 kilogram, Muhammad Okky Wicaksono di kelas -81 kilogram, Willy Pratama di kelas -90 kilogram untuk kategori putra.

Sementara untuk putri Nanda Olivia Banurea (Dairi) di kelas -70 kilogram, dan Helena Susyen di kelas +78 kilogram. Sementara Jihan Syahkilla jadi runner up di kelas -52 kilogram.

Sementara gelar Best of The Best (BoB) untuk putra diraih Willy Pratama dan putri diraih Helena Susyen.

Baca Juga: Medan Polonia Juara Umum Judo Porkot Medan 2022

2. Selekda untuk mendukung program promosi dan degradasi atlet

Selekda Judo Sumut, Atlet Medan Dominasi Gelar JuaraAtlet pelatda Sumut, Willy Pratama saat beraksi di Selekda Judo Sumut 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Ketua Pengprov PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah mengatakan Selekda ini digelar untuk menjaring atlet-atlet potensial Sumut. Bahkan tak menutup kemungkinan untuk masuk pelatda.

"Memang dari hasil selekda ini,kita lihat atlet Pelatda masih mendominasi juara. Dari 7 atlet Pelatda kita, 6 meraih gelar juara dan 1 runner up. Tapi kita juga siapkan pelatda untuk lapis kedua dan berikutnya," kata Arief.

Namun pihaknya menetapkan sistem promosi dan degradasi. Jadi tak tertutup kemungkinan atlet yang ada bisa tergeser.

"Kita akan pertimbangkan promosi dan degradasi. Pastinya akan ada evaluasi. Selain itu mereka yang berpotensi pada selekda ini akan kita persiapkan untuk even-even berikut," kata Arief.

Saat ini pelatda PON Sumut dihuni 7 atlet. Namun ada 7 atlet lainnya yang menjadi lapis kedua. "Hal yang positif dengan munculnya bibit-bibit pejudo baru daerah yang besar kemungkinan akan kita promosikan di pelatda. Selain itu juga kita akan kirimkan untuk pilihan di berbagai kejuaraan. Untuk kejurnas nanti mungkin atlet pelatda plus beberapa dari atlet dari hasil selekda yang akan kita kirim. Selain itu ada Kejurwil Barat di Kepri,mungkin kita kirim lapis kedua," ucapnya.

3. KONI Sumut targetkan judo dapat medali emas di PON 2024

Selekda Judo Sumut, Atlet Medan Dominasi Gelar JuaraPara atlet pelatda dan pengurus PJSI Sumut bersama Kabid Penelitian dan Pengembangan KONI Sumut, Basyarudin Daulay (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu KONI Sumut diwakili Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Drs H Basyaruddin Daulay MKes mengatakan para atlet judo beruntung punya fasilitas yang baik seperti di Padepokan PJSI Sumut. Hal itu harus dimanfaatkan untuk meraih prestasi.

"Gak banyak cabang olahraga yang punya padepokan sebaik ini, selain karate, wushu taekwondo. Jadi kita harapkan juga dari selekda ini terpilih atlet-atlet potensial. Yang pelatda gak boleh kalah dengan di luar pelatda. Tentu untuk PON 2024 nanti judo Sumut harus meraih medali emas," pungkasnya.

Selekda ini sebelumnya diikuti 65 atlet dari daerah Medan, Tebing Tinggi, Dairi, Karo dan Binjai. Mereka mengikuti 14 kelas yang dipertandingkan.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Sahrul Rebut Emas Judo di ASEAN Para Games

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya