Sean Gelael Gagal Finish, Ijeck Tempel Pereli Portugal

Hari pertama Kejurnas Reli Danau Toba 

Simalungun, IDN Times - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally Indonesia Seri 3 bertajuk Danau Toba Rally 2019 di Kawasan Hutan Taman Industri sektor Eknauli, Parapat, Sabtu (23/11) Kabupaten Simalungun, menghadirkan kejutan. Subhan Aksa yang mendominasi seri I dan II gagal memimpin dan melorot ke posisi kelima.

6 Special Stage (SS) di hari pertama menjadi milik pereli Portugal Nuno Pinto bersama navigatornya Hervian Soejono. Dia mencatatkan overall waktu 50 menit 58,7 detik. Sementara pereli tuan rumah Musa Rajekshah didampingi Uche mencatat waktu 53 menit 37,1 detik.

1. Sang Wagub Sumut tampil nyaris sempurna di 6 SS

Sean Gelael Gagal Finish, Ijeck Tempel Pereli PortugalPereli Musa Rajekshah di Kejurnas Reli Danau Toba (Dok.IDN Times/istimewa)

Berbeda dengan seri I dan II di mana Ijeck mengalami masalah dengan gear box mobilnya, kali ini sang Wagub Sumut melaju mulus. Dia nyaris tak membuat kesalahan melahap 6 SS.

Ijeck awalnya sempat mengawali SS1 dengan berada di posisi 7 dengan catatan waktu 11 menit 11,9 detik. Selanjutnya pereli Bla Bla Bla Motorsport ini berhasil memperbaikinya dengan 8 menit 46,9 detik.

Sementara itu H.M Rihan Variza dan navigatornya Anthony Sarwono dengan raihan waktu yang dikumpulkan 52 menit 42 detik.

Sementara posisi keempat diraih perelly Rizky Prayoga dan Navigatornya Donny Wardono. Menggunakan Mitsubishi Lancer Evo X mereka berhasil mencatatkan waktu 53 menit 15.7 detik.

2. Subhan melorot karena dapat penalti

Sean Gelael Gagal Finish, Ijeck Tempel Pereli PortugalIDN Times/Doni Hermawan

Sementara itu pereli asal Makassar, Subhan Aksa dan navigatornya Mago Sarwono mencatat waktu 53 menit, 42 detik di tempat ke lima. Subhan membuat kesalahan karena mendapat sebelumnya mendapatkan penalti waktu pada SS 4, akibat keterlambatan saat TC.

Padahal sebenarnya performa Subhan cukup baik. Di rute Aek Nauli, Subhan memang berada di peringkat ketiga dengan catatan waktu 10 menit 26,7 detik. Tapi di SS 2 dia memperbaiki catatan waktu dengan 8 menit 11,3 detik.

Di SS3, dengan rute Gorbus B/1 dengan jarak tempuh 8.29 KM, pebalap asal Sulawesi Selatan ini kembali berada di peringkat kedua dengan 6 menit 30,7 detik.

Baca Juga: Rihan Juarai Seri V APRC, Subhan Aksa Sapu Bersih 2 Seri Kejurnas

3. Sean Gelael alami masalah mobil

Sean Gelael Gagal Finish, Ijeck Tempel Pereli PortugalPereli Sean Gelael di Kejurnas Reli Danau Toba (Dok.IDN Times/istimewa)

Sedangkan Sean Gelael yang sempat menguasai SS1 dan SS2 harus puas berada di peringkat 10 dengan total waktu yang didapat 1 jam 01,42 detik.

Sean Gelael dan Navigatornya Tony Sircombe mengalami masalah pada mesin mobilnya dan tidak dapat melanjutkan balapan di SS4, SS5 dan SS6.

Pebalap F2 ini rencananya akan turun kembali pada Leg-2 yang berlangsung Minggu (24/11).

4. Diikuti 42 peserta, tersisa 5 SS di hari kedua

Sean Gelael Gagal Finish, Ijeck Tempel Pereli PortugalCeremonial start Kejurnas Reli Danau Toba (Dok.IDN Times/istimewa)

Sebelumnya Kejurnas diikuti 42 peserta. Wagub Sumut H Musa Rajek Shah melepasnya lewat ceremonial start di pantai bebas Parapat, Sabtu pagi.

Di hari kedua besok, seluruh perelly harus melalui 5 Special Stage yang tersisa untuk menentukan juara pada even Rally Nasional Seri Ke-3 2019

Baca Juga: Subhan Rajai Kejurnas Seri I, Rihan Tercepat APRC di Rambung Sialang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya