Comscore Tracker

Rifat Sungkar Juarai APRC Seri IV Danau Toba, Wagub Ijeck Runner Up

Mereka juga memastikan gelar juara kejurnas seri II

Medan, IDN Times- Rifat Helmy Sungkar dari Mitsubishi Xpander Rally Team memastikan gelar juara Asia Pasific Rally Championship (APRC) Seri IV Asia Cup yang dirangkai dengan Kejurnas seri II di Lintasan Aek Nauli, Simalungun, Sumatra Utara yang berakhir Minggu (25/9/2022). Bersaing ketat dengan Wagub Sumut, Musa Rajekshah dari Blablabla Motorsport, pereli senior itu sukses menuntaskan 12 special stage dengan catatan waktu 02:02:24.4.

Sementara Sang Flamboyan, julukan Ijeck menjadi runner up dengan selisih 1 menit 48,6 detik. Sementara posisi tiga diraih Ricardo Gelael, dari tim Jagonya Ayam Motorsport dengan mencatat waktu 02:12:33.0. Disusul pereli Dorisfa Motor Sport, H. Auty Faturahman 02:12:59.1. 

1. Persaingan ketat di 4 SS terakhir

Rifat Sungkar Juarai APRC Seri IV Danau Toba, Wagub Ijeck Runner UpRifat Sungkar dan Benjamin Searcy menjuarai APRC Seri IV Asia Cup di Danau Toba (IDN Times/Doni Hermawan)

Persaingan ketat terjadi di 4 SS tersisa. Rifat dan Ijeck saling kejar setelah di klasemen hari pertama keduanya menempati urutan 1 dan 2. Sementara Sean Gelael yang terkena penalti 8 menit hingga melorot ke urutan 3 pada hari pertama bertekad membalas di hari kedua demi mengejar posisi puncak.

Hasilnya, SS9 Sean Gelael bersama Hugo Magalhaes dengan Citroen C3 tampil tercepat dengan 0:07:23.7. Dia berselisih 11 detik dari Ijeck/Hervian Soejono. Sementara Rifat Sungkar/Benjamin di urutan ketiga dengan selisih 41,7 detik dari Sean.

Tapi petaka kembali menghampiri Sean di SS10. Mobilnya mengalami kerusakan. Dia pun gagal finish dan tak menyelesaikan sisa SS. Di lintasan Huta Tonga ini, Ijeck/Hervian berhasil jadi yang tercepat dengan Skoda Fabianya di angka 0:13:48.0. Mereka unggul 14,2 detik dari Rifat Sungkar di urutan kedua.

Namun di dua SS terakhir, Rifat Sungkar berhasil menjaga performanya hingga menjaga selisih waktu overall dengan Ijeck. Dia pun berhasil menjuarai APRC Asia Cup putaran IV ini.

Baca Juga: Rifat Sungkar Pimpin Hari Pertama APRC Danau Toba, Ijeck Urutan Kedua

2. Strategi Rifat dan Ijeck tentukan kemenangan

Rifat Sungkar Juarai APRC Seri IV Danau Toba, Wagub Ijeck Runner UpMusa Rajekshah memastikan runner up APRC Seri IV yang digelar di Danau Toba (IDN Times/Doni Hermawan)

Rifat Sungkar bersyukur bisa meraih kemenangan di APRC ini. Apalagi dia sudah 12 tahun absen. Ini juga menebus performa buruknya di seri pertama Kejurnas Danau Toba bulan lalu .

“Strategi yang kita pakai adalah kita mapping dulu di atas seperti apa, pesaing di bawah kita bagaimana dan di situ kita bisa tahu kapan harus kencang dan kapan harus lepas,” ujar Rifat.

Sebagai pemenang, Rifat memberi tips kepada para pereli muda untuk terus memperbanyak pengalaman, atau jam terbang. “Karena dengan jam terbang mereka juga akan bisa mementukan strategi apa yang akan mereka pakai karena terkadang pola pikirnya bagaimana cara nyetir kenceng sampe menang aja tapi gak tahu strateginya,” katanya.

Sementara Ijeck bersyukur bisa menuntaskan hingga peringkat kedua dan bersaing ketat merebut juara. "Alhamdulillah senang, selama ini, mobil aman dan tidak ada masalah. Alhamdulillah tidak ada masalah (dengan) mobil," sebut Ijeck.

3. Tak hanya Sean yang gagal finish

Rifat Sungkar Juarai APRC Seri IV Danau Toba, Wagub Ijeck Runner UpSean Gelael saat beraksi di APRC Danau Toba 2022 di lintasan Aek Nauli, Simalungun, Sabtu (24/9/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Dari 8 peserta bertanding di kelas M1 APRC 2022 Danau Toba, hanya empat pereli ini yang menyelesaikan pertandingan hingga 12 SS digelar di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Tak hanya Sean yang mengalami masalah di hari kedua. Tiga pereli lainnya Putra Rizky/Rizky Fauzi juga gagal finish meski sempat turun di SS9. Masalah itu sudah mereka alami di hari pertama.

Begitu juga dengan Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing yang gagal mempertahankan performanya seperti di Kejurnas putaran pertama setelah mobilnya mengalami kerusakan. Begitu juga dengan Rachmat/Hade Mboi.

Klasemen Overall APRC Seri IV Asia Cup
1. Rifat Sungkar/Benjamin Searcy (Mitsubishi Xpander Rally Team) 02:02:24,4
2. Musa Rajekshah/Hervian Soejono (Bla Bla Bla Motorsport) 02:04:13,0
3. Ricardo Gelael/Rony Maroun (Jagonya Ayam) 02:12:33.0
4. Atuy Faturahman/Achmad Faisal (Dorispa Motorsport) 02:12:59,1

Baca Juga: Ikut Suami di APRC, Sissy Prescillia Nangis Lihat Keindahan Danau Toba

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya