Comscore Tracker

RBC Pastikan Juara Umum Kejuaraan Judo Medan Terbuka 2022

Raih total 5 medali emas dan 1 perak

Medan, IDN Times- Para pejudo dari Remaja Bhayangkara Club (RBC) memastikan titel juara umum Kejuaraan Judo Medan Terbuka 2022 di Padepokan Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara, Minggu (5/6/2022). Itu setelah RBC meraih 5 medali emas, dan 1 perak. 

Torehan medali emas disumbangkan Johanes S (-46 kg), Nicholas (-55 kg), Jonathan (-60 kg), Winner (-73 kg) dan Novi M (-52 kg). Sedangkan satu-satunya perak dipersembahkan Timotius Purba (-73 kg). Posisi RBC diikuti Tim Pelatda Sumut dengan torehan 4 emas dan 3 perak serta PPLP Sumut 2 perak dan 4 perunggu di urutan ketiga.

1. Even ini dibutuhkan para atlet untuk menambah jam terbang

RBC Pastikan Juara Umum Kejuaraan Judo Medan Terbuka 2022Para atlet bertanding di Kejuaraan Judo Medan Open 2022 (Dok.Istimewa)

Ketua Pengcab PJSI Medan, Josef Yus mengatakan even ini digelar untuk menambah jam terbang para atlet. Dia senang para pejudo dari luar Medan juga ikut. 

"Total pesertanya mencapai seratusan. Tadinya mau Medan saja, tapi beberapa daerah minta ikut diundang. Ya, gak masalah. Biar daerah juga berkembang judonya. Ini bukti memang banyak yang sudah menantikan kejuaraan seperti ini setelah lama vakum, ada 2 tahun lebih selama pandemi," kata Josef saat menutup kejuaraan. 

2. Ada berbagai even judo yang akan digelar di Medan

RBC Pastikan Juara Umum Kejuaraan Judo Medan Terbuka 2022Para atlet bertanding di Kejuaraan Judo Medan Terbuka 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Dari event tersebut, Josep Yus berharap judo di Sumut semakin bergairah. Medan diakui sebagai barometer judo di Sumut, sehingga harus terus berbuat. Apalagi, banyak event menanti di depan seperti Popkot pada 20 Juni dan Porkot Agustus mendatang.

Pihaknya pun berpesan kepada para atlet agar mempersiapkan diri dengan baik. "Saya ingatkan kepada atlet, bahwa lebih baik bercucuran keringat saat latihan daripada bercucur air mata saat bertanding," katanya. "Kita sudah berbuat, selanjutnya prestasi kalian tunjukkan," katanya.

3. Even judo di daerah harus intens digelar

RBC Pastikan Juara Umum Kejuaraan Judo Medan Terbuka 2022Perwakilan Konjen Jepang turut menghadiri Kejuaraan Judo Medan Terbuka 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketua Pengprov PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah mengatakan even-even judo harus terus digalakkan di daerah. PJSI Sumut juga menurunkan seluruh atlet pelatdanya untuk menambah gairah sekaligus menguji hasil latihan para atlet. 

"Saya berterima kasih kepada Pengcab PJSI Medan yang menggelar kejuaraan judo Medan Open ini karena memang sudah lama tidak digelar even seperti ini. Terlihat para atlet sangat bersemangat untuk menguji hasil latihan mereka. Ke depan ada berbagai even yang menanti dan para atlet harus kerja keras berlatih," katanya.

Kejuaraan Judo Medan Open ini juga turut disaksikan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan. Yakni Konsul Muda Bagian Budaya, Kubo Ryutaro, dan Konsul Muda Bagian Kepolisian, Kagami Kazuya serta perwakilan KONI Medan dan Dispora Medan. Bahkan Kagami turut mempraktikkan kemampuan judonya pada pembukaan.

Baca Juga: Kunjungi Padepokan PJSI Sumut, Konjen Jepang Kagum Semangat Atlet Judo

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya