PON 2021: Sumut Tambah Perak dan Perunggu dari Wushu

Kans meraih emas ada pada nan quan putri

Medan, IDN Times - Sumut menambah koleksi medalinya di PON XX/2021. Dua medali diraih dari cabang olahraga wushu. Medali perak dan perunggu diraih dari nomor gabungan taijijian-taijiquan, di GOR Dispora Merauke, Papua, Kamis (30/9/2021).

Nicholas meraih medali perak setelah di nomor taijiquan mendapat nilai 9.57, sehingga total nilai yang didapatnya dari taijijian dan taijiquan 19.12. Sementara Sedangkan Fredy Wijaya yang sempat menempati peringkat kedua, turun ke peringkat ketiga atau meraih medali perunggu.

Pada lomba taijiquan Kamis (30/9/2021) tadi, ia sesungguhnya tampil baik, namun di jelang akhir aksinya mendapat pengurangan angka karena saat pendaratan sedikit agak goyang, sehingga ia hanya mendapat 9.31 atau total nilai 18.96.

1. Di nomor Jian Shu putra, Sumut gagal meraih medali

PON 2021: Sumut Tambah Perak dan Perunggu dari WushuCharles Sutanto, atlet wushu andalan Sumut (PWKI)

Medali emas nomor gabungan taijijian-taijiquan diraih atlet pelatnas Bobie Valentinus Gunawan (Jatim), total nilai 19.41. Di nomor Jian Shu Putra, dua atlet Sumut, Wilbert Sanjaya dan Charles Sutanto sementara berada di peringkat empat dan lima dari sembilan peserta.

Penampilan Wilbert sesungguhnya sangat baik, bahkan mendapat simpati banyak penonton. Ia mendapat nilai 9.61. Aksi apik juga diperlihatkan Charles Sutanto. Hanya saja di pengujung lomba, aksesoris di ujung pedangnya terlepas sehingga ia mendapat pengurangan angka, atau harus puas dengan nilai 9.55.

Baca Juga: PON Papua: Juwita Niza Berpeluang Raih Emas Wushu Sumut 

2. Sinyal positif Wushu Sumut

PON 2021: Sumut Tambah Perak dan Perunggu dari WushuAtlet Wushu Sumut siap bertolak ke Papua (Dok.IDN Times/istimewa)

Tampil di tempat pertama nomor ini M Daffa Golden Boy (Jatim) 9.72, disusul M Abdul Harist (DKI) 9.67 dan Erwein Wijayanto (DKI) 9.62.

Nilai nomor Jian Shu ini nantinya akan digabung dengan Qiang Shu. Sementara di Jian Shu dan Qiang Shu putri, Sumut tidak mengirim atletnya. Demikian juga di nomor gabungan Dao Shu / Gun Shu putra putri.

Keberhasilan Nicholas dan Fredy meraih perak serta emas nomor Taijijian/Taijiquan, disambut syukur dan sukacita oleh Sekum Pengprov WI Sumut Heriyanto dan Tim Manajer Harianto Tan. Menurut mereka ini adalah sinyal positif bagi Wushu Sumut.

“Hari ini kita meraih perak dan perunggu. Semoga besok harapan Sumut meraih medali emas dapat terwujud,” ujar Heriyanto.

3. Asa emas ada pada Niza yang bertanding besok

PON 2021: Sumut Tambah Perak dan Perunggu dari WushuAtlet-atlet PON Wushu Sumut usai berlatih tes event di Gor Hiad Sai Jl Prajutit. Merauke (Dok.PB PON XX Papua /Billy)

Tim Manajer Harianto menjelaskan, harapan Sumut meraih emas di antaranya dari Juwita Niza Wazni yang sementara memimpin perolehan nilai Nanquan putri. “Semoga Niza kembali menjadi yang terbaik di nomor Nan Dao. Kami mohon doa seluruh masyarakat,” ujar Harianto Tan.

Selain Niza, harapan Harris Horatius merebut medali emas juga belum tertutup meski di nomor Nanquan putra kemarin, ia sementara menduduki peringkat tiga nilai 9.45. Tempat pertama sementara diduduki William (Jatim) 9.68 dan Yofan (Jateng) 9.46. “Kita berharap Harris bisa tampil maksimal di nomor Nan Gun sehingga ia bisa menjadi yang terbaik ujarnya.

Baca Juga: Diandalkan Raih Emas, Tim Wushu Sumut Berangkat ke Merauke

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya