PJSI Sumut Berangkatkan 11 Atlet ke Kejurnas Judo Piala Menpora

Kontestan terbanyak sepanjang sejarah

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara menerjunkan 11 atlet untuk bertanding di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo senior Piala Menpora yang digelar di Cilodong, Jawa Barat, 26-28 Agustus 2022 mendatang. Ini menjadi bagian dari persiapan menuju PON 2024 mendatang.

Ketua PJSI Sumut, M Arief Fadhillah mengatakan ini jumlah atlet terbanyak sepanjang sejarah judo yang turun di kejurnas. "Ini sejarah, karena pertama kalinya kita turunkan sampai 11 atlet di kejurnas. Tentunya kita berharap mereka mendapatkan hasil maksimal karena ini jadi bagian dari persiapan menuju PON 2024," kata Arief, Rabu (24/8/2022).

1. Daftar 11 atlet yang turun di Kejurnas senior Piala Menpora

PJSI Sumut Berangkatkan 11 Atlet ke Kejurnas Judo Piala MenporaAtlet judo Sumut akan mengikuti Kejurnas Judo Piala Menpora 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

11 atlet yang turun merupakan para atlet pelatda Sumut dan sisanya hasil dari Selekda yang digelar PJSI Sumut 14 Agustus 2022 lalu.

Untuk atlet pelatda adalah Willy pratama (-90 kg), M.Okky Wicaksono (- 81 kg), Winner Felix Panggabean (-66 kg), Gusti Irawan Gowasa (-55 kg), Jihan Syakillah Lubis (-52 kg), Nanda Olivia Banurea (-70 kg), Helena susyen (-78 kg). Sementara hasil selekda ada Riki Ramadhani (-66 kg), M Husaini (73 kg), Adelia Nugroho (-52 kg), James Nainggolan (-60 kg). Mereka didampingi dua pelatih Eka Setya Wirawan Siregar dan Josef Yus.

Arief berterima kasih kepada KONI Sumut yang atas perhatiannya dengan bantuan moril maupun materil untuk keberangkatan ke Kejurnas ini. "Terima kasih kepada KONI Sumut, kami akan coba memberikan yang terbaik di Kejurnas ini," tambah Arief.

Baca Juga: Selekda Judo Sumut, Atlet Medan Dominasi Gelar Juara

2. Kejurnas ini menantang diikuti para atlet pelatnas

PJSI Sumut Berangkatkan 11 Atlet ke Kejurnas Judo Piala MenporaPara atlet Pelatda PJSI Sumut siap mengikuti Kejurnas Piala Menpora (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Pelatih Judo Sumut, Josef Yus mengatakan kejurnas ini sangat menantang karena cukup sulit. Namun mereka coba meraih medali.

"Kejurnas kita mempersiapkan yang terbaik. Seluruh atlet kita bisa menunjukkan performa yang terbaik. Kejurnas kali ini memang kejurnas yang cukup berat. Kenapa? karena hanya untuk senior dan seluruh atlet bekas Asian Games dan juara PON lalu ikut. Ini salah satu arena ajang untuk kita uji coba kemampuan dan hasil latihan kita. Tidak berani muluk-muluk, perak atau perunggu. Walaupun berharap bisa mencuri satu medali emas," kata Josef.

Selain hasil Pelatda, pihaknya juga membawa hasil selekda. Mereka dipersiapkan untuk tim lapis kedua.

"Dari hasil selekda ini la kita bawa, selain atlet Pelatda. Kita ingin memberi kesempatan untuk tampil ajang nasional," bebernya.

3. Tiga daerah ini diprediksi jadi lawan yang sulit

PJSI Sumut Berangkatkan 11 Atlet ke Kejurnas Judo Piala MenporaPara atlet Pelatda PJSI Sumut siap mengikuti Kejurnas Piala Menpora (IDN Times/Doni Hermawan)

Josef mengatakan ada tiga daerah yang saat ini diprediksi menjadi lawan yang sulit. Mereka dihuni atlet-atlet pelatnas.

"Sampai saat ini masih tiga daerah sebagai yang barometer Bali, Jawa Barat dan DKI. Banyak atlet nasionalnya. Ada atlet SEA Games dan Asian Games," pungkasnya.

Skuat judo Sumut akan bertolak dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang mulai Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Medan Polonia Juara Umum Judo Porkot Medan 2022

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya