Pimpin Periode Kedua, Alan Targetkan 70 Atlet NPC Sumut di Pelatnas

Alan terpilih secara aklamasi pada Musorprov

Medan, IDN Times- Alan Sastra Ginting kembali terpilih memimpin Pengurus Provinsi National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara (Sumut) periode 2022-2027. Ini merupakan periode kedua atlet pelatnas NPC ini.

Alan terpilih aklamasi pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) NPC Sumut yang berlangsung di Hotel Fave Medan, Kamis (20/1/2022). Ia didukung 16 Pengda NPC kabupaten dan kota.
 
Ketua NPC Sumut terpilih, Alan Sastra mengatakan, akan kembali mengemban tanggung jawab mempersiapkan atlet menuju event nasional maupun internasional dan pengembangan organisasi. Salah satunya mewujudkan Sumut juara umum pada Peparnas 2024.
 
“Kita punya tanggung jawab besar di Peparnas 2024 ini. Makanya kita fokuskan pada pembinaan atlet-atlet NPC Sumut. Target kita itu 350 atlet bisa membela Sumut di Peparnas 2024, sekaligus bisa menjawab tantangan sebagai juara umum,” ucap Alan.

1. Sumut targetkan minimal 70 atlet ke pelatnas

Pimpin Periode Kedua, Alan Targetkan 70 Atlet NPC Sumut di PelatnasAlan Sastra Ginting (tengah celana biru) kembali pimpin NPC Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Alan juga berharap Sumut bisa mengirim banyak atlet ke pelatnas. Ini peran serta dari NPC kabupaten dan kota fokus pada pembinaan atlet berprestasi khususnya memantau potensi mereka.

“Saya punya keyakinan atlet NPC Sumut bisa masuk ke pelatnas dan membela Indonesia di kancah nasional. Saat ini sudah 20 atlet Sumut ke Pelatnas, dan saya punya target sampai 2024 nanti minimal 70 atlet Sumut bisa ke pelatnas,” optimis Alan.
 
Sementara Ketua I bidang organisasi NPC Indonesia, Rio Suseno meyakini misi juara umum Sumut pada Peparnas 2024 bukan tidak mungkin. Penjaringan atlet potensial hingga ke tingkat daerah – daerah adalah kuci kesuksesan NPC Sumut untuk mewujudkan misi tersebut.
 
“Saya melihat bahwa perkembangan dari sisi organisasi dan prestasi, NPC Sumut sudah on the track. Rohnya dan spiritnya sudah ada, tinggal volumenya harus lebih besar. Alan Sastra Ginting sebagai ketua NPC Sumut, tidak hal sulit menjadi juara umum pada Peparnas 2024,” kata Rio.

Baca Juga: Atlet NPC Sumut Diarak Usai Pulang dari Papua, Edy: Saya Bangga!

2. Membangun komunikasi NPC provinsi dan Indonesia

Pimpin Periode Kedua, Alan Targetkan 70 Atlet NPC Sumut di PelatnasKetua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting (Dok.IDN Times/istimewa)

Rio mengatakan, tantangan terbesar yang bakal dihadapi pengurus adalah fokus pada pembinaan atlet sebelum Peparnas dimulai. Konsistensi dibutuhkan agar target yang diemban tidak meleset. Salah satunya membangun komunikasi antara NPC provinsi dengan NPC Indonesia.
 
“Tugas terberat adalah dari sisi organisasi tim dan tuan rumah. Makanya NPC Sumut harus fokus mempersiapkan tim kontingen dengan baik agar tidak terganggu. Makanya, jalin komunikasi dan sinergi antara NPC daerah dengan NPC pusat. Terkait Infrastruktur yang paling harus disiapkan adalah akses bagi disabilitas. Kalau itu sudah bisa terpenuhi, ke belakangnya itu tidak sulit menyelenggarakan Peparnas,” sambungnya.

3. NPC Sumut diharap bisa tingkatkan prestasi di PON 2024

Pimpin Periode Kedua, Alan Targetkan 70 Atlet NPC Sumut di PelatnasEmpat atlet Sumut meraih medali emas di Peparnas Papua 2021 diarak keliling Medan usai pulang dari Peparnas Papua, Senin (15/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Staf ahli bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pemberdayaan masyarakat Pemerintah Provinsi Sumut, Kaiman Turnip mengatakan selama ini berbagai prestasi NPC Sumut di kancah nasional dan internasional sangat membanggakan. Termasuk pada Peparnas 2021 di Papua, Sumut mampu bertengger di posisi 5 besar.
 
“Pada Peparnas 2021 di Papua, Sumut meraih 27 emas, 32 perak, dan 15 perunggu dan menduduki peringkat lima besar. Ini pencapaian luar biasa. Kalau bisa kita pertahankan dan bisa ditingkatkan di Peparnas 2024," kata Turnip.
 
Sementara pada pembukaan Musorprov NPC Sumut yang berlangsung sejak 19-21 Januari 2022 dihadiri oleh Kadispora Sumut Ardan Noor Hasibuan, Ketua STOK Bina Guna Medan Hj Liliana Puspasari, pengurus KORMI Sumut, dan Wakil ketua bidang organisasi NPC Indonesia Heri Isranto.

Baca Juga: PON 2021: Raih Emas Kedua dari Maraton, Terima Kasih Agustina Manik!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya