Comscore Tracker

PBSI Resmi Tunjuk Sumut Jadi Tuan Rumah Pelatnas Junior Wilayah Barat

Fasilitas PBSI Sumut dinilai memadai

Medan, IDN Times- Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menunjuk Sumatra Utara sebagai tuan rumah Pemusatan Latihan Wilayah (Pelatwil) atau Pelatnas Junior untuk wilayah Barat Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua PP PBSI, Agung Firman Sampurna saat berkunjung ke Medan, Selasa (11/1/2022).

Salah satu hal yang menjadi keunggulan GOR PBSI Sumut untuk jadi tuan rumah desentralisasi pelatnas.

"Kita sama-sama lihat komitmen Pengrov PBSI Sumut menyiapkan sarana dan prasarananya. Untuk desentralisasi pelatnas junior, PBSI Sumut dapat kehormatan jadi tuan rumah wilayah Barat. Harapannya, pelatwil berjalan di 3 wilayah dari Barat, Tengah dan Timur," kata Agung Firman saat kunjungan ke GOR PBSI Sumut, Selasa (11/1).

1. Pelatwil akan cium potensi di daerah-daerah

PBSI Resmi Tunjuk Sumut Jadi Tuan Rumah Pelatnas Junior Wilayah BaratKetum PP PBSI, Agung Firman Sampurna saat meninjau GOR PBSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Agung mengatakan, saat ini potensi atlet bulu tangkis Indonesia sangat besar. Pelatnas selama ini hanya terpusat di Cipayung, padahal ada banyak potensi yang tak tercium di daerah-daerah.

"Sekarang tercatat ada 17 ribu atlet bulutangkis di Indonesia. Persaingan masuk pelatnas cukup besar. Untuk merekrut (Anthony) Ginting-ginting yang baru, butuh sarana. Pelatnas sudah tidak memadai. Perlu pemisahan atlet  junior dan senior. Makanya salah satu program PBSI itu pelatnas terdesentralisasi," kata Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI itu.

Untuk jadwalnya, akan segera disiapkan. Selanjutnya akan dilengkapi dengan regulasi. "Nantinya secara khusus kami siapkan regulasinya. Dukungan pemerintah daerah agar penetapan pelatwil memberi hasil maksimal untuk atlet.Kita juga berterima kasih kepada dukungan pemerintah daerah untuk mendukung pelatwil sebagai bagian dari Pelatnas. Pengurus provinsi komitmen dengan tersedia prasarana. Ini capaian yang besar," kata Agung.

Selain itu Medan juga akan ditunjuk jadi tuan rumah Sirkuit Nasional. "Sirnas yang digelar di sini nantinya kelas A," bebernya.

Baca Juga: Dukung PBSI Sumut, Edy Berharap Bulu Tangkis Raih Medali PON 2024

2. Dukungan Pemprov Sumut dengan perluasan lahan GOR PBSI Sumut

PBSI Resmi Tunjuk Sumut Jadi Tuan Rumah Pelatnas Junior Wilayah BaratGubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama Ketum PBSI Sumut, Suripno Ngadimin di GOR PBSI Sumut,Selasa (11/1/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yang hadir pada acara tersebut pun mengaku bersyukur dengan penunjukan tersebut. Pujian diberikan kepada Ketum PBSI Sumut, Suripno Ngadimin yang mampu 'menyulap' GOR jadi layak menggelar desentralisasi untuk pelatnas nantinya.

"Pastinya saya berterimakasih karena mendapatkan kepercayaan dari PP PBSI. Makanya kita akan berbuat yang terbaik, kita akan berikan gunanya untuk kesiapan anak-anak kita. Sasaran paling dekat adalah PON 2024 di Sumatera Utara. Makanya saya masih pikir atlet-atlet kita dan pak Suripno (Ketum PBSI Sumut) ini sudah menjanjikan akan lahir dari anak Sumatra Utara akan berbuat untuk nasional. Dengan kolaborasi ini, pastinya kita bisa," harap Edy.

Untuk itu Pemprov memberikan tambahan lahan sebesar 2ha lagi untuk untuk GOR PBSI Sumut.

"Saya melihat motivasi dari Ko Aseng (Suripno) ini, makanya saya termotivasi juga. Jadi saya izinkan lahan Pengprov Perbakin untuk perluasan GOR PBSI Sumut. Ini agar PBSI bangkit dan punya warna," kata Edy.

3. PBSI Sumut sebut pelatwil membuat atlet daerah dapat kesempatan masuk pelatnas

PBSI Resmi Tunjuk Sumut Jadi Tuan Rumah Pelatnas Junior Wilayah BaratKetum PP PBSI, Agung Firman, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama Ketum PBSI Sumut, Suripno Ngadimin di GOR PBSI Sumut,Selasa (11/1/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketum Pengprov PBSI Sumut, Suripno Ngadimin. Ia berharap atlet-atlet bulutangkis asal Sumatera, khususnya Sumatera Utara, dapat menimba ilmu di Pelatwil ini.

"Sebab selama ini banyak atlet-atlet daerah dalam tanda kutip dititipkan di klub-klub Jawa, sehingga persaingan hanya di sana saja. Dengan adanya Pelatwil ini tentu menjadi pemerataan buat semua daerah," bebernya.

"Dan demi menatap PON 2024 nanti, kami (PBSI Sumut) akan mencari pelatih-pelatih berkualitas untuk mendukung pelatih-pelatih asal Sumut yang sertifikat BWF untuk Pelatda PON," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, bersama Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menandatangani sejumlah prasasti telah rampungnya renovasi di komplek GOR Bulutangkis Sumut beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Suripno Ngadimin Pimpin PBSI Sumut untuk Periode Kedua

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya