Musa Rajekshah Juarai Kejurnas Reli Danau Toba 2023 Putaran 1

Ijeck sempat mengalami kerusakan mesin

Medan, IDN Times- Pereli Sumatra Utara Musa Rajekshah dan co-driver Hervian Soejono memastikan podium teratas Kejuaraan Nasional Reli putaran I bertajuk "KFC Danau Toba Rally 2023". Pereli berbendera Bla Bla Bla Motorsport itu menjadi juara umum dengan catatan waktu overall 1:43.18,5.

Menyusul di urutan kedua Rahmat/Hade Mboi dari LFN Sederhana dengan catatan waktu 1:46:25.3. Sementara di urutan ketiga Bintang Barlean/Anondo Eko dari BART mencatat waktu 1:47.09,7.

Sementara itu runner up Kejurnas Reli 2022 Ryan Nirwan/Adi Indiarto tercecer di urutan ke-8 dengan catatan waktu 1:56.01.

1. Dua SS gagal diperlombakan karena hujan membuat trek licin dan membahayakan

Musa Rajekshah Juarai Kejurnas Reli Danau Toba 2023 Putaran 1Wagub Sumut Musa Rajekshah saat beraksi di lintasan Negeri Dolok, Aek Nauli, Simalungun, Sumatra Utara pada hari pertama Kejurnas Reli Danau Toba 2023 putaran I, Sabtu (24/6/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Setelah menjadi yang tercepat pada leg 1 atau hari pertama kejuaraan, Wakil Gubernur Sumatra Utara itu bersiap menggeber Skoda Fabianya menghadapi tiga SS tersisa pada leg 2 Minggu (25/6/2023).

Namun hujan deras yang mengguyur selama dua hari terakhir membuat trek menjadi licin di Negeri Dolok dan Huta Tonga yang diplot jadi SS 7 dan SS .

Panitia akhirnya memutuskan untuk tak menggelarnya di dua trek tersebut.

Baca Juga: Wagub Ijeck Tercepat di Hari Pertama Kejurnas Reli Danau Toba 2023

2. Meski urutan 4 di SS 9, sudah cukup membawa Ijeck jadi juara

Musa Rajekshah Juarai Kejurnas Reli Danau Toba 2023 Putaran 1Pereli Sumatra Utara Musa Rajekshah dan Hervian Soejono memastikan gelar juara umum Kejurnas Reli Putaran 1 atau KFC Danau Toba Rally 2023 di Aek Nauli, Simalungun, Minggu (25/6/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Akhirnya SS 9 menjadi satu-satunya SS yang diperlombakan pada hari kedua. SS terpanjang sejauh 24,12 kilometer yang merupakan gabungan dari Aek Nauli-Gorbus dimenangkan Rihans Variza dari Tim HRVRT BGM-HBM-BMM dengan catatan waktu 0:18:27,0.

Menyusul di urutan Rahmat/Hade Mboi yang menggeber Hyundai i20 R5 dengan 0:18.39,1 dan pereli senior dari Jagonya Ayam, Ricardo Gelael/Hugo Ismael menempati urutan ketiga dengan selisih 9,6 detik.

Sementara itu Ijeck dan Hervian harus puas berada di urutan 4 dengan waktu 0:18,52,6. Namun catatan waktu Ijeck yang sangat baik di hari pertama membuatnya tetap menempati posisi teratas sekaligus mengunci gelar juara umum dan juara di kelasnya M1.

3. Ijeck akui perjuangan berat meraih juara di Danau Toba karena sempat alami kerusakan mobil

Musa Rajekshah Juarai Kejurnas Reli Danau Toba 2023 Putaran 1Wagub Sumut Musa Rajekshah memastikan gelar juara Kejurnas Reli Danau Toba seri 1 (IDN Times/Doni Hermawan)

Kemenangan ini disambut gembira Ijeck dan timnya. Ini menjadi kemenangan pertama Sang Flamboyan, julukan Ijeck, di Danau Toba.

"Alhamdulilah Allah kasih kemenangan sesuai kemaren target kami bisa juara umum. Alhamdulilah bisa dapat juara umum ini pemberian Allah karena perjuangan berat kemarin dengan trouble mobil. Alhamdulillah tadi tidak ada masalah, SS kita lewati dengan baik, bisa sampai finish," kata Ijeck.

Soal batalnya SS 7 dan SS 8, Ijeck mengatakan kondisi force majoure tak terhindarkan karena cuaca tak bisa diprediksi.

"Hal itu membahayakan peserta pasti, sehingga dipertimbangkn SS7 dan SS8 (tak digelar). Malah zero car gak bisa lewat. Kalau mereka bisa lewat berarti situasi aman, tapi kalau mereka gak lewat akan dibatalkan, karena treknya parah. Sebagao pereli kita maklumi karena force majoure dan faktor alam. Insya Allah saya nanti bisa ikut di Kalimantan Selatan," kata Ijeck.

Sementara sang navigator Hervian Soejono bersyukur bisa menjadi juara di putaran ini. "Saya berharap (seri 2) di Kalimantan Selatan nanti bisa memertahankan kemenangan," pungkasnya.

 

 

Baca Juga: Ijeck Target Juarai Kejurnas Reli 2023, Ryan hingga Ricardo Jadi Rival

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya