Comscore Tracker

Mengenal Olahraga Kayak, Ini Perbedaannya dengan Arung Jeram

Salah satu cara nikmati keindahan alam

Medan, IDN Times - Sekelompok anak muda asal kota Medan melakukan kegiatan olahraga di Sungai Bingei, Kabupaten Langkat. Dari sebuah perahu kecil ini sekelompok anak muda tersebut mengeksplor keindahan alam yang jauh dari hiru pikuk penatnya kota dengan mengarungi jeram-jeram menantang.

Selain mengarungi jeram-jeram menantang juga menikmati keindahan sungai dapat menjadi bagian dari upaya mencintai negeri sendiri. Mereka menjalani upaya tersebut dengan menyusuri sungai berarus deras, di balik lipatan-lipatan hutan yang masih lebat di kawasan Sungai Bingei, Langkat.

Olahraga kayak menjadi pilihan para anak muda tersebut. Mau tahu lebih dalam soal olahraga ini?

1. Kegiatan rutin dengan berbekal perahu kayak

Mengenal Olahraga Kayak, Ini Perbedaannya dengan Arung JeramIDN Times/Indah Permata Sari

Berbekal perahu kayak berbahan fiber, sungai Bingei ini menjadi lokasi latihan yang selalu dinantikan oleh sekelompok anak muda tersebut.

"Kalau kayak itu salah satu olahraga arus deras, kayak itu satu perahu. Kalau untuk latihannya memang kita rutin di Sungai Bingei. Udah lama dari beberapa bulan yang lalu di awal 2019 itu udah mulai rutinnya," ungkap seorang pemain kayak Yudi Irawan.

Menurut Yudi, kegiatan rutin ini dilakukan dalam 2 minggu sekali bersama dengan teman-temannya menjadikan olahraga ini yang dimulai dari hobi baru.

Baca Juga: Ini Catatan Emas Olahraga Indonesia Setelah 5 Tahun Jokowi Menjabat

2. Beda Kayak dan Arung Jeram

Mengenal Olahraga Kayak, Ini Perbedaannya dengan Arung JeramIDN Times/Indah Permata Sari

Pastinya Kayak dan Arung Jeram memiliki perbedaan dari sisi permainan serta alat. Selain itu, olahraga yang cukup ekstrim ini tentu memiliki keseimbangan badan yang cukup untuk dapat bermain di atas air dengan jeram.

"Kalau secara alat yang bedakan cuman perahunya, kita pakai kayak. Kalau arung jeram pakai perahu karet dan kayak itu mainnya perorangan atau individual, kalau arung jeram dia mainnya tim," tambah Yudi.

Nah, dalam urusan teknik berkayak, selain kemampuan bermanuver di jeram, juga dituntut mampu menguasai teknik mendayung.

3. Ingat prosedur keselamatan sebelum bermain kayak

Mengenal Olahraga Kayak, Ini Perbedaannya dengan Arung JeramIDN Times/Indah Permata Sari

Dalam bermain kayak, prosedur keselamatan menjadi acuan yang tidak bisa di tawar-tawar. Selain wajib memakai helm, juga harus menggunakan life jacket agar terhindar dari bahaya.

"Main kayak salah satu yang ekstrim, kita butuh latihan pengetahuan dasar yang seperti karakteristik jeram. Kemudian keselamatan di jeram, Makanya kita tadi ada latihan roll juga demi keselamatan" ujarnya.
 
Sungai Bingei yang berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini sangat mudah dijangkau dari kota Medan. Hanya dengan kendaraan bermotor, cukup membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Baca Juga: Yoga Penyintas Kanker Beri Edukasi dan Olahraga untuk Penderita

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya