Comscore Tracker

Medan Polonia Juara Umum Judo Porkot Medan 2022

Koleksi 4 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu

Medan, IDN Times- Kecamatan Medan Polonia memastikan sebagai juara umum cabang olahraga judo pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan 2022 di Padepokan PJSI Sumut, Jalan Gaharu Medan, Jumat (12/8/2022). Medan Polonia mengoleksi 4 medali emas, 2 perak, 1 perunggu.

Sementara Medan Denai harus puas di posisi dua dengan selisih satu medali emas yakni, 3 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Sedangkan Medan Helvetia dan Medan Ampas berada di posisi tiga bersama dengan merebut 2 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

1. Daftar atlet peraih medali Medan Polonia

Medan Polonia Juara Umum Judo Porkot Medan 2022Aksi pejudo di Porkot Medan 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Medan Polonia meraih medali emas di antaranya lewat Okky Wicaksana dan Winner Felix Panggabean. Kedua atlet Pelatda PON Sumut itu masih terlalu tangguh bagi lawan-lawannya. Satu medali emas lainnya disumbang Adrian Nicholas di kelas minus 40 kilogram dan Adelia Sari di kelas -48 kilogram putri.

Sementara dua perak disumbangkan Daniel Fransisko di kelas -40 kilogram dan Febby di -48 kilogram putri. Satu perunggu diraih M Husaini di -73 kg putra.

Sedangkan Medan Denai dengan dua medali emas dari Willy Putra dan Helena Susyen menasbihkan dirinya sebagai juara umum Porkot Medan 2022. Sebelumnya perolehan medali cukup ketat.

Baca Juga: Porkot Medan Ke XII 2022 Pertandingkan 22 Cabor, Catat Tanggalnya!

2. KONI Medan bersyukur peserta judo sangat banyak

Medan Polonia Juara Umum Judo Porkot Medan 2022Para pemenang Porkot 2022 cabor judo (IDN Times/Doni Hermawan)

Ketua Panitia Porkot Medan XII/2022, Liliana Puspa Sari yang menutup cabor judo ini mengucap syukur karena banyak peminat yang ikut di Porkot Medan tahun ini.

"Kami dari KONI Medan cukup bersyukur peserta di cabor ini cukup banyak dan mudah-mudahan ini terus berlanjut sehingga persiapan atlet Medan memperkuat Sumut di PON 2024 semakin baik. Kita juga berharap judo bisa kembali bangkit menyumbang medali," kata Liliana yang juga Wakil Ketua KONI Medan.

Sementara, Ketua KONI Kecamatan Medan Polonia, Heri F Simbolon didampingi bendahara Andriani mengaku sangat bangga menjadi juara umum. Apalagi ini menjadi ajang Porkot Medan pertama kali yang diikuti kontingennya di cabor judo.

"Ini memang target kami menjadi juara umum meskipun cabor judo merupakan ajang perdana bagi kontingen kami," kata Heri bangga.

3. Diikuti 100 peserta dari 16 kecamatan

Medan Polonia Juara Umum Judo Porkot Medan 2022Aksi pejudo Medan di Porkot 2022, Jumat (12/8/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sebelumnya kejuaraan judo ini diikuti 100 peserta dari 16 kecamatan se Kota Medan yakni Kecamatan Medan Denai, Medan Kota, Medan Amplas, Medan Johor, Medan Area, Medan Tuntungan, Medan Sunggal, Medan Helvetia. Kemudian, Medan Selayang, Medan Polonia, Medan Perjuangan, Medan Tembung, Medan Timur, Medan Baru, Medan Labuhan, dan Medan Marelan.

Sebanyak 13 kelas yang dipertandingkan terdiri dari 7 kelas putra dan 6 kelas putri. Ketua Pengcab PJSI Medan, Josef Yus mengatakan, bersyukur judo kembali dipertandingkan lagi di Porkot. Apalagi antusiasme tahun ini sangat besar.

"Kita mengembalikan lagi gairah atlet-atlet Medan berlatih judo. Ajang Porkot ini sangat positif. Kita lihat juga banyak kejutan yang terjadi, seperti semakin banyaknya peserta daeri kecamatan. Tahun ini ada 16 kecamatan," kata Josef.

"Yang mengejutkan lagi Medan Polonia juara umum. Biasanya Medan Denai, Amplas maupun Tembung yang mendominasi. Kali ini di luar perkiraan. Ada andalan yang di luar dugaan dapat dikalahkan. Berarti atlet-atlet kita makin bersaing. Dengan hasil ini kita berharap bisa menyumbang atlet. Sesuai moto menjadikan Medan kota atlet," pungkasnya.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Sahrul Rebut Emas Judo di ASEAN Para Games

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya