Kejurnas Atletik U-18 dan U-20, Atlet Sumut Boyong 3 Emas

Atlet Sumut juga raih 2 perak dan 1 perunggu

Medan, IDN Times- Atlet Sumatra Utara mencatat hasil gemilang pada Kejuaraan Nasional Atletik U-18, U-20 dan senior di Stadion Tri Lomba Juang Semarang Jawa Tengah, Senin (8/8/2022). Atlet Sumut meraih tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu. 

Tiga medali emas Sumut masing-masing disumbangkan Fadhil Aulia Mufti dari nomor lari 5000 m U-20 putra dengan catatan waktu 16 menit 04,16 detik, Bagas Simanjuntak 1500 m U-20 putra (4.11.09) dan M Syahrial Bakti (tolak peluru senior putra) dengan tolakan 16.09 meter.

1. Perak disumbangkan dari nomor tolak peluru dan lompat jangkit

Kejurnas Atletik U-18 dan U-20, Atlet Sumut Boyong 3 EmasIlustrasi cabor atletik (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Sementara dua perak disumbangkan Dwi Dermawan (tolak peluru U-20, 14,46 meter) dan Syahnan Lompat Jangkit senior putra. Sedangkan satu perunggu oleh Berman Siahaan (5000 m putra senior).

Pada lomba hari kedua Minggu lalu, Syafaat Tarigan lebih dulu menyumbangkan medali perak dari nomor jalan cepat 20 km putra senior.

Baca Juga: Atlet NPC Sumut Sumbang 24 Emas di ASEAN Para Games, Edy: Saya Bangga

2. PASI Sumut minta atlet tak cepat puas diri

Kejurnas Atletik U-18 dan U-20, Atlet Sumut Boyong 3 EmasKetua PASI Sumut, David Luther King (Dok.Istimewa)

Ketua PASI Sumut David Luther Lubis pun bangga dengan prestasi atletnya. Dia berharap atlet selalu kerja keras berlatih.

"Saya turut berbangga dan senang hati, terutama atas kiprah atlet muda kita. Raihan medali emas ini jadi bukti bahwa kita punya potensi mumpuni. Namun saya harapkan agar jangan cepat puas, harus terus tingkatkan latihan hingga benar-benar siap meraih prestasi tertinggi," kata David Luther Lubis Selasa (9/8/2022).

Diketahui, sebelum turun di ajang Kejurnas tersebut, David melihat langsung proses latihan para atlet di PPLP Sumut. David juga menyempatkan berbicara dari hati ke hati dengan para atlet. Itu menjadi lecutan semangat bagi para atlet untuk meraih prestasi.

"Benar, saya sempat datang dan berbicara dengan para atlet di PPLP Sumut beberapa waktu lalu. Saat pertandingan Kejurnas ini saya juga hadir langsung memberikan semangat dan motivasi. Saya bangga dengan prestasi atlet kita," lanjut David.

3. Atlet PPLP Sumut turut sumbang emas

Kejurnas Atletik U-18 dan U-20, Atlet Sumut Boyong 3 EmasPengurus dan atlet PASI Sumut usai tampil di Kejurnas U-18 dan U-20 (Dok.Istimewa)

Sementara itu Pelatih Kepala PPLP Sumut Irwan Pulungan membenarkan, bahwa atlet Sumut terkhusus yang digembleng di PPLP turut menyumbang medali emas.

Irwan bahkan memiliki penilian tersendiri terhadap Fadhil yang meraih medali emas 5000m U-20 putra. Menurutnya, pelari jebolan PPLP Sumut asal Deli Serdang, pantas nantinya diusulkan masuk Pelatda persiapan PON XXI/2024.

“Usianya masih muda. Ia salah atlet yang diproyeksi meraih medali di PON 2024 mendatang,”ujar Irwan.

 Di PPLP Sumut, Irwan menangani atlet bersama Edy Hariyanto Harahap, Sukraj Singh, Saddan Harahap dan Pelatih Fisik Mulia Harahap.

“Fadhil kita usulkan diikutkan dalam Kejurnas ini saat Ketua Pengprov PASI Sumut dr David Luther berkunjung ke PPLP Sumut didampingi Kepala UPT Kebakatan Apri Sugiarto. Usulan tersebut diterima, Alhamdulillah hasilnya juga maksimal, ia berhasil mempersembahkan medali emas,” pungkas Irwan.

 

Baca Juga: Potret Aksi-aksi Pereli Nasional Melibas Trek Danau Toba Rally 2022

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya