Comscore Tracker

Jelang Pomnas, Tim Futsal Sumut Uji Kekuatan di Liga Futsal Nusantara

Target 8 Besar di Pomnas

Medan, IDN Times - Tim Futsal Sumatera Utara akan berlaga di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019 akan berlangsung di Jakarta, September mendatang. Persiapan serius pun dilakukan tim di bawah asuhan trio pelatih, Fajar Mugo Raharjo, Hendrawan Ferdiansyah, dan Nimrot Manalu.

Bulan puasa pun bukan menjadi penghalang bagi tim untuk berlatih. Sempat libur beberapa hari, para pemain kembali digenjot mulai dari fisik hingga teknik dan kerja sama tim lewat sparing.

Baca Juga: Selain Sriwijaya, Tim-tim Ini Diwaspadai PSMS di Wilayah Barat

1. Persiapan sejak April

Jelang Pomnas, Tim Futsal Sumut Uji Kekuatan di Liga Futsal NusantaraIDN Times/istimewa

Menurut Pelatih Fajar Mugo Raharjo, persiapan tim futsal mahasiswa Sumut sudah dimulai sejak April lalu. Persiapan diawali dengan seleksi selama tiga hari di lapangan futsal STOK Binaguna.

"Mulai persiapan dengan seleksi 11 April lalu sampai sekarang. Seleksi berjalan baik, para pemain mengikuti program latihan yang sudah disusun tim pelatih. Setiap bulannya ada evaluasi dan pencoretan pemain," kata pelatih yang akrab disapa Bombom ini di Medan, Kamis (16/5).

Diakuinya, persiapan hingga kini masih 40 persen. "Karena kami libur awal puasa dan baru mulai latihan lagi Selasa lalu. Kami latihan setiap Selasa, Kamis dan Sabtu. Sejauh ini tidak ada kendala palingan non teknis seperti cuaca yang saat ini di Medan kita ketahui sering hujan. Tapi Insya Allah kendala tersebut nantinya bisa kami atasi dengan mencari alternatif tempat latihan," tambahnya.

2. Uji coba rutin dan Ikuti di Liga Futsal Nusantara

Jelang Pomnas, Tim Futsal Sumut Uji Kekuatan di Liga Futsal NusantaraIDN Times/istimewa

Program latihan yang disusun tim pelatih terus berjalan. Salah satunya dengan rutin beruji coba satu kali dalam sepekan. Tim yang dihadapi merupakan lawan-lawan dari tim futsal kampus lain atau pun tim lokal yang ada di Kota Medan.

"Intensitas latihan saat puasa mungkin kita sedikit turunkan. Nantinya latihan lebih banyak pakai bola tapi tetap menjaga kondisi fisik para pemain," terangnya.

Di samping uji coba, Tim Futsal Pomnas Sumut akan mengikuti Liga Futsal Nusantara 2019 yang dimulai 8 Juli mendatang. "Ini sebagai ajang uji coba dan evaluasi pemain juga," sambung Fajar.

3. Target dan kans di Pomnas

Jelang Pomnas, Tim Futsal Sumut Uji Kekuatan di Liga Futsal NusantaraIDN Times/istimewa

Tim pelatih enggan sesumbar dengan mematok tinggi target di Pomnas nanti. Pihaknya mencoba realistis untuk bisa masuk 8 besar.

"Yang pasti saingan itu ada tuan rumah DKI, Jawa barat, Jawa timur dan juara bertahan Sulawesi Selatan. Kami tidak mau kasih target berlebih, nanti jadi beban. Target awal setidaknya bisa masuk perempatfinal," pungkasnya.

Baca Juga: Seleksi Timnas, Nurhayati Ingin Jadi Inspirasi Bagi Perempuan

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You