Futsal PON 2024: Jatim ke Semi Final, Sumut Tunggu Hasil NTT

Sumut kalah 1-2 dari Jatim

Deli Serdang, IDN Times- Tim futsal putra Sumatra Utara menelan kekalahan perdananya di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Pasukan Wawan Ferdiansyah ini ditumbangkan Jawa Timur 1-2 di Gor Futsal Dispora Sumut, Selasa (4/9/2024).

Hasil ini membuat Jawa Timur lolos ke semi final dengan status juara grup. Jatim mengoleksi 9 poin. Sementara Sumut turun ke urutan kedua dengan 7 poin. Sumut menanti hasil dari NTT yang berada di urutan ketiga dengan 4 poin. Sumut bisa lolos jika NTT tak menang kurang dari selisih 6 gol atas Sulawesi Barat.

1. Sumut sempat unggul 1-0

Futsal PON 2024: Jatim ke Semi Final, Sumut Tunggu Hasil NTTDuel Jawa Timur kontra Sumut pada lanjutan futsal PON 2024 di Gor Futsal Dispora Sumut, Rabu (6/4/2024) (dok.media futsal PON)

Laga tersaji dengan tensi tinggi. Sumatra Utara mampu unggul lebih dulu pada menit ke-12 lewat kaptennya Arya Wirawan memanfaatkan skema tendanan bebas. Jawa Timur coba mengejar. Namun terpancing emosi. Wasit mengusir Sandy Kusuma Triandy karena terlihat menendang pemain Sumut tanpa bola. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di paruh kedua Jawa Timur tampil lebih agresif. Hasilnya 7 menit babak kedua berjalan Arya Raja menyamakan skor. Berselang 2 menit Achmad Guntur membawa Jatim balik memimpin 2-1. Di sisa waktu Sumut tak mampu mengejar.

2. Sumut berharap lolos menanti hasil NTT

Futsal PON 2024: Jatim ke Semi Final, Sumut Tunggu Hasil NTTDuel Jawa Timur kontra Sumut pada lanjutan futsal PON 2024 di Gor Futsal Dispora Sumut, Rabu (6/4/2024) (dok.media futsal PON)

Asisten Pelatih Sumut Aidil Akbar mengatakan saat ini pihaknya menanti hasil pertandingan NTT.

" Alhamdulillah hari ini kita sudah berjuang maksimal. Kemarin kita salah perhitungan. Sempat berpikir sudah lolos semi final. ternyata masih ada perhitungan yang tidak kita ketahui. Poin Sumut 7 menunggu pertandinan NTT Sulbar. Kita yakin dan percaya Sumut mampu memecahkan rekor lolos ke babak berikutnya. Insya Allah bismillah, bantu doa," kata Aidil.

"Saat ini fokus mental anak-anak. Supaya tidak terganggu psikologis. Pertandingan masih ada. Harapan untuk lolos. Setelah lolos nanti kami fokus menghadapi semi final," tambahnya.

3. Jatim menang 3 kali beruntun setelah kalah di laga perdana

Futsal PON 2024: Jatim ke Semi Final, Sumut Tunggu Hasil NTTPemain Jawa Timur merayakan gol ke gawang Sumut pada lanjutan futsal PON 2024 di Gor Futsal Dispora Sumut, Rabu (6/4/2024) (dok.media futsal PON)

Sementara Pelatih Jawa Timur Ambar Supriyanto mensyukuri kemenangan timnya. Apalagi Jawa Timur menang 3 kali beruntun setelah kalah di laga perdana.

"Saya syukuri 3 poin. Saya apresiasi ke pemain yang tanpa lelah menghadapi teror tuan rumah. Teman-teman bersabar. Tidka terpancing permainan keras Sumut. Teman-teman tidak emosi. dan mengeluarkan kemampuan terbaik," kata Ambar.

Baca Juga: Futsal PON: Tim Putri Banten Gugur, Jabar-Papua Barat ke Semi Final

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya