Comscore Tracker

Cabor Atletik Sumbang Medali Pertama Sumut di Pospenas

Para santri Sumut ikuti 5 cabang olahraga

Medan, IDN Times - Kontingen Sumatera Utara meraih medali pertama pada hari kedua Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) VIII/2019. Pada event yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat pada 25 hingga 30 November 2019 ini, Sumut berkekuatan 114 orang terdiri dari, atlet, pelatih dan official dengan jumlah dua kloter.

Sumut mengikuti lima cabang olahraga yakni, senam santri putera dan puteri, futsal putra, atletik putera puteri, bola voli putera putri, pencak silat putera-puteri.

1. M Eron sumbang perak sekaligus medali pertama Sumut

Cabor Atletik Sumbang Medali Pertama Sumut di PospenasKontingen Sumut hadapi Pospenas (Dok.IDN Times/istimewa)

Muhammad Eron menjadi santri pertama penyumbang medali pertama buat kontingen Sumatera Utara. Dia merebut perak pada nomor lompat jauh di Stadion Arcamanik, Bandung,Jabar, Selasa (26/11).

Di nomor itu, Mhd Eron membuat lompatan sejauh 6,05 meter. Medali emas di nomor ini diraih Yusuf asal Jateng dengan lompatan 6,50 m. Kemudian medali perunggu atas nama M Kusno (Jatim) dengan lompatan 6,04 m.

 

Baca Juga: Peparpenas 2019, Kontingen Sumut Bawa Pulang 17 Medali

2. Jadi motivasi buat atlet lainnya

Cabor Atletik Sumbang Medali Pertama Sumut di PospenasKontingen Sumut hadapi Pospenas (Dok.IDN Times/istimewa)

Sebelumnya santri asal Sergai ini membuat lompatan sejauh 5,87 m dan berada di lima besar. Baru di lompatan kelima dia mencapai 6,05 meter dan melonjak ke urutan dua setelah perlompat Jateng.

Keberhasilan M Eron disambut dengan suka cita. "Semoga medali perak pertama ini bisa memacu atlet lainnya. Semoga nanti bisa dapat emas," kata Kabid Pemberdayaan Olahraga Masyarakat Dispora Sumut, Rusli.

3. Atletik bisa tambah medali

Cabor Atletik Sumbang Medali Pertama Sumut di PospenasAtlet cabor atletik sumbang medali pertama Pekan Olahraga dan Seni Pesantren Nasional (Dok.IDN Times/istimewa)

Peluang Sumut untuk meraih medali dari cabor atletik masih terbuka. Atlet Sumut masih berlomba di nomor tolak peluru dan 800 m. Begitu juga dari cabor futsal, Sumut mengalahkan Bali 6-0. Kemenangan itu membuka peluang ke 8 besar.

"Saya optimis santri-santri Sumut siap memberikan yang terbaik," tambah Rusli.

Baca Juga: Anggota TNI Siantar Raih Medali Emas Pencak Silat Internasional

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya