39 Pereli Adu Cepat di 9 Special Stage Kejurnas Reli Danau Toba

Debu jadi tantangan, syukurnya turun hujan

Medan, IDN Times- Sebanyak 39 pereli akan beradu cepat di Kejuaraan nasional (Kejurnas) Reli seri pertama bertajuk "KFC Danau Toba Rally 2023" yang akan start mulai Sabtu (24/6/2023). Ceremonial start sudah dilakukan resmi oleh Wagub Sumatra Utara Musa Rajekshah di Aek Nauli, Simalungun, Jumat (23/6/2023). Ijeck, sapaan akrabnya juga akan turun bertanding.

Mereka akan beradu cepat di lintasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Ada 9 spesial stage yang akan dijajal para pereli. 

1. Peserta akan beradu cepat di 9 special stages

39 Pereli Adu Cepat di 9 Special Stage Kejurnas Reli Danau TobaMobil yang dikendarai Rihans Variza saat ceremonial start Kejurnas Danau Toba Reli Putaran I, Jumat (23/6/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Seluruh peserta akan adu kecepatan di 9 Special Stages dengan panjang total 151,23 kilometer yang membentang dari Negeri Dolok, Huta Tonga, hingga Aek Nauli-Gorbus. 

Hari pertama KFC Danau Toba Rally 2023, Sabtu (24/6/2023) hari ini, para pereli menjajal 6 SS dengan panjang 99.90 km, yang membentang dari Nagari Dolok, Huta Tonga, hingga Aek Nauli-Gorbus, pada Sabtu 24 Juni 2023. Sedangkan hari kedua, tersisa 3 SS dengan panjang lintasan 48.48 km.

Baca Juga: Ijeck Target Juarai Kejurnas Reli 2023, Ryan hingga Ricardo Jadi Rival

2. Debu jadi tantangan, syukurnya turun hujan sehari jelang lomba

39 Pereli Adu Cepat di 9 Special Stage Kejurnas Reli Danau TobaMobil H Atuy saat ceremonial start Kejurnas Danau Toba Reli Putaran I, Jumat (23/6/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Tantangan untuk pereli tahun ini disebut Ijeck adalah debu. Berbanding dengan tahun lalu, peserta mengeluhkan banyaknya batu kerikil di lintasan.

"Seri tahun lalu hujan, jadi debunya tidak banyak. Yang malah dikeluhkan itu adalah batu-batu kerikil di lintasannya,. Terus setelah kita bicarakan dengan pihak TPL, mereka timbun jalan dan akhirnya yang jadi tantangan rally sekarang debunya," ujarnya.

Menariknya, usai ucapan Ijeck di konferensi pers dan diamini rivalnya dari Toyota Gazoo Racing, Ryan Nirwan, hujan turun sejak sore hingga malam hari. Ceremonial start pun dilakukan di bawah guyuran hujan. 

"Alhamdulillah, Tuhan mendengar doa kita. Tadinya saya kasihan dengan penonton pasti sulit menyaksikan lomba karena debu. Sekarang turunnya hujan semoga membawa kebaikan untuk pereli maupun penonton," kata pereli Bla Bla Bla Motorsport itu.

3. Persaingan 7 mobil spesifikasi Asia Pasific dan WRC 2

39 Pereli Adu Cepat di 9 Special Stage Kejurnas Reli Danau TobaMobil Skoda Fabia yang akan digeber Wagub Musa Rajekshah di Kejurnas Danau Toba putaran 1 saat ceremonial start di Aek Nauli, Jumat (23/6/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

KFC Danau Toba Rally 2023 ini menjadi ajang persaingan bagi para pereli dengan tunggangannya. Terkhusus bagi 7 pereli yang tampil dengan mobil balap berspesifikasi Asia Pacific 4 (AP4) dan R5 (WRC2).

Ketujuh mobil reli tersebut adalah Citroen C3 yang dikemudikan oleh pereli senior Ricardo Gelael dari tim Jagonya Ayam dan Toyota GR Yaris AP4 milik Ryan Nirwan/Adi Indiarto dari tim Toyota Gazoo Racing (TGR) Indonesia.

Sementara pasangan pereli Ijeck/Hervian Soejono (Bla Bla Bla Motorsport) dan H Atuy Faturrahman/M Fahrezi (Dorsifa Motorsport) bakal mengendarai Skoda Fabia R5. Dan terbaru, adalah hadirnya Ford Fiesta R5 milik pasangan pereli Rihans Variza/Anthony Sarwono dan Dypo Fitra/Yudho Hadi. Dan terakhir, adalah Hyundai i20 yang akan dikemudikan oleh pasangan H Rahmat/Hade Mboi dari tim LFN Sederhana Motorsport.

Baca Juga: TPL Kembali Support Kejurnas Danau Toba Rally Tahun Ini

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya