2 Atlet NPC Sumut Raih Emas Kejuaraan Dunia Atletik di Dubai

Nur Ferry pertahankan prestasi tahun lalu

Medan, IDN Times- Dua atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatra Utara meraih prestasi membanggakan di ajang World Athletics Grand Prix di Dubai, Uni Emirat Arab. Membawa nama Indonesia, dua atlet Sumut memboyong medali emas. 

Medali emas pertama disumbangkan melalui Eko Saputra di nomor lari 100 meter T12 Putra. Peraih medali emas Asean Para Games 2021 lalu ini sukses finish tercepat dengan waktu 11,11 detik. Sementara satu medali lainnya dari Nur Ferry Pradana di nomor 100 meter T47 putra, setelah finish tercepat dengan waktu 11,12 detik.

1. Modal bagi Eko sebelum ASEAN Para Games

2 Atlet NPC Sumut Raih Emas Kejuaraan Dunia Atletik di DubaiAtlet NPC Sumut Eko meraih medali emas Grand Prix di Dubai, UEA (Dok.Istimewa)

Eko Saputra mengaku cukup puas dengan prestasi di Grand Prix Dubai. Ini adalah modal baik baginya sekaligus evaluasi sebelum tampil di ajang Asean Para Games 2023 di Kamboja serta Asian Para Games di Hangzhou.

“Alhamdulillah, target saya akhirnya bisa terwujud. Ini kesempatan baik bagi saya karena secara kelas kan eventnya dunia. Mudah-mudahan ini sebagai langkah bagus untuk menatap APG di Kamboja nanti,” ucap Eko, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: NPC Sumut Diminta Bentuk Kepengurusan di 33 Kabupaten/Kota

2. Nur Ferry Pradana ungguli atlet India

2 Atlet NPC Sumut Raih Emas Kejuaraan Dunia Atletik di DubaiAtlet NPC Sumut Nur Ferry Pradana meraih medali emas Grand Prix di Dubai, UEA (Dok.Istimewa)

Sementara Nur Ferry unggul atas pelari India Mohan Harsha Uyyala yang harus puas meraih perak dengan catatan waktu 11,26 detik, dan Abdelaziz Hashem asal Mesir meraih perunggu dengan waktu 11,50 detik.

Secara khusus Nur Ferry Pradana menilai target yang ia emban dari awal akhirnya bisa terwujud. Meski harus beradaptasi dengan cuaca di Dubai, tapi peraih medali emas APG 2021 ini bisa mengatasi kendala tersebut.

“Saya sangat puas dengan raihan ini, meski harus banyak kendala yang kita lalui. Semoga prestasi ini bisa membawa saya lolos ke Paralimpik 2024,” kata Ferry.

Torehan medali emas yang diraih kedua atlet adalah prestasi membanggakan. Sebab, ini adalah kesempatan emas bagi keduanya memperbaiki peringkat dunia demi menjaga asa lolos ke paralimpik 2024. 

3. Jalan menuju paralimpiade

2 Atlet NPC Sumut Raih Emas Kejuaraan Dunia Atletik di DubaiKetua NPC Sumut dan Eko usai meraih medali emas Grand Prix di Dubai, UEA (Dok.Istimewa)

 Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting pun mengapresiasi kedua atletnya yang telah berjuang mengukir prestasi membanggakan bagi Indonesia, khususnya Sumatra Utara.

“Dari awal saya targetkan mereka ini bisa lolos ke paralimpik. Mudah-mudahan prestasi ini bisa mereka tingkatkan ke depan dan bisa konsisten di event-event selanjutnya,” ucap Alan.
Sebelumnya Nur Ferry dan Eko Saputra tergabung dengan tim Indonesia pada ajang Grand Prix atletik di Dubai. Selain sebagai persiapan menuju APG 2023 dan Asian para Games Hangzhou, ini langkah baik bagi para atletik Indonesia menuju Paralimpik 2024 di Paris.

Baca Juga: KONI Sumut Harap Sepak Bola Sumut Akhiri 35 Tahun Puasa Emas PON 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya