Comscore Tracker

17 Tahun Membalap, Jorge Lorenzo Putuskan Pensiun dari MotoGP

Lorenzo: Hari ini telah tiba

Tanggal 14 November 2019 ternyata adalah hari yang berat bagi Jorge Lorenzo. Ya, hari itu keputusan mengejutkan dibuatnya dengan pensiun dari MotoGP.

Pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari lintasan dalam keputusan yang disampaikannya jelang balapan di Sirkuit Tomo, Valencia yang menjadi seri penutup MotoGP musim ini. Artinya Valencia akan menjadi balapan terakhir Lorenzo.

"Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pebalap; balapan pertama, kemenangan pertama, kejuaraan dunia pertama, dan kemudian hari Anda pensiun," kata Lorenzo pada konferensi pers dilansir dari MotoGP.com.

Mata Lorenzo tampak berkaca-kaca. Dia didampingi CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta. Di depannya para pembalap baik rekan setimnya Marc Marquez maupun rival lainnya.

"Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba untuk saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP," ucap Lorenzo.

Lorenzo sudah 17 tahun berkarir di ajang MotoGP, dengan koleksi lima gelar juara dunia, tiga di antaranya di kelas utama, masing-masing pada musim 2010, 2012, dan 2015.

Musim ini performa Lorenzo memang kurang maksimal. ia mengalami cedera sejak September tahun 2018 dan puncaknya cedera punggung parah saat MotoGP Belanda Juni 2019. Lorenzo bahkan hanya finish ke-11 sebagai catatan terbaik bersama Honda.

Terima kasih Jorge!

Baca Juga: MotoGP Buriram, 3 Alasan Marc Marquez akan Menyegel Gelar Juara

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You