Lepas Atlet Binjai ke PON Papua, Ini Pesan Wali Kota Binjai

Setiap atlet yang berangkat terima dana pembinaan

Binjai, IDN Times - Sembilan atlet dan enam wasit asal Kota Binjai resmi dilepas keberangkatannya oleh Wali Kota Binjai, Amir Hamzah menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua. Mereka dilepas dalam resepsi sederhana digelar di Aula Lantai II Gedung Balai Kota Binjai, Jumat (24/09/2021) pagi.

Dalam kesempatan itu, turut diserahkan dana pembinaan kepada sembilan atlet dan enam wasit terkait, yang masing-masing menerima Rp10 juta.

1. Di masa pandemik, penting untuk selalu menjaga kesehatan

Lepas Atlet Binjai ke PON Papua, Ini Pesan Wali Kota BinjaiPara atlet Binjai, yang diberangkan ke PON Papua (IDN Times/ istimewa)

Amir Hamzah dalam pidatonya mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet dan bertugas kepada wasit pada ajang PON XX/2021 di Papua. Ia berharap atlet dan wasit untuk senantiasa menjaga sikap, perilaku, dan nama baik Kota Binjai.

Terkhusus kepada para atlet, dia berharap mereka untuk terus menempa kondisi fisik, serta mematangkan teknik, strategi, dan mentalitas bermain, demi menampilkan kemampuan terbaik untuk dapat meraih medali.

"Saya juga ingatkan seluruh atlet, agar menjaga kesehatan selama di Papua, mengingat kondisi cuaca di sana berbeda dengan di Sumut. Apalagi saat ini kita masih dalam suasana pandemi COVID-19," seru Amir Hamzah.

Baca Juga: 9 Atlet Binjai akan Perkuat Sumut di PON Papua, Ini Daftar Namanya

2. Jadikan PON Papua sebagai sarana mengukur kemampuan para atlet

Lepas Atlet Binjai ke PON Papua, Ini Pesan Wali Kota BinjaiPara atlet Binjai, yang diberangkan ke PON Papua (IDN Times/ istimewa)

Lebih jauh mantan Ketua Pengkot INKANAS Binjai ini mengingatkan seluruh pihak terkait agar menjadikan penyelenggaraan PON XX/2021 di Papua sebagai sarana mengukur kemampuan atlet dan kualitas sarana dan prasarana olahraga jelang pelaksanaan PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh.

Sebab dia sadar, untuk meraih prestasi terbaik di bidang olahraga tidak hanya ditentukan oleh kemampuan atlet, pelatih, kemampuan fisik, serta ketersediaaan sarana dan prasarana yang memadai, tetapi juga ditentukan oleh dukungan finansial, serta intensitas dan kualitas kompetisi.

"Mohon maaf jika anggaran olahraga untuk tahun ini tidak maksimal. Namun yakinlah, di tengah keterbatasan kemampuan keuangan daerah, Pemko Binjai tetap berkomitmen mendukung program pembinaan olahraga, demi mengembaljkan kejayaan Kota Binjai sebagai salah satu gudang atlet di Sumut," tegas Amir Hamzah.

3. Sembilan atlet dan enam wasit asal Kota Binjai berangkat ke PON Papua

Lepas Atlet Binjai ke PON Papua, Ini Pesan Wali Kota BinjaiPara atlet Binjai, yang diberangkan ke PON Papua (IDN Times/ istimewa)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Binjai, Dra Nani Sundari, dalam laporannya mengatakan, secara total terdapat sembilan atlet dan enam wasit asal Kota Binjai yang berpartisipasi pada ajang PON XX/2021 di Papua.

Untuk atlet, mereka yang tampil pada even tersebut antara lain, Abdul Hafiz, M Khairudin Syahputra, dan Sri Astuti di cabor atletik, M Syehan Alfarez dan Frengko Ginting di cabor pencak silat, M Iqbal di cabor taekwondo, Jaka Kurniawan di cabor biliar, Zulfikar Panjaitan di cabor catur, serta Kevin Armedya di cabor sepakbola.

Sedangkan wasit terdiri dari Basri Sitohang dan Andilala Sitorus di cabor gulat, Alberto Maradona Sitepu dan Ardianja Tarigan di cabor hockey, Sri Wahyuni di cabor tinju, serta Fitriansyah di cabor angkat besi.

"Dana pembinaan bagi atlet dan wasit asal Kota Binjai yang ikutserta pada ajang PON XX/2021 di Papua bersumber dari APBD Kota Binjai tahun anggaran 2021. Dimana, uang pembinaan sebesar Rp 10 juta itu kita transfer ke masing-masing rekening bank milik para atlet dan wasit," ungkap Nani.

Baca Juga: Tim Futsal Sumut Pertama Berangkat ke Papua, Ini Targetnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya