Comscore Tracker

3 Atlet Binjai Beri Kontribusi Medali di PON Papua, Termasuk Emas

KONI Binjai sambut kepulangan para atlet

Binjai, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Binjai, bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Binjai, menyambut kepulangan empat atlet asal Kota Binjai yang memperkuat Sumatra Utara pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua, Sabtu (16/10/2021) malam. Tiga di antaranya sukses mempersembahkan medali untuk Sumut.

Mereka antara lain, Abdul Hafiz, atlet atletik peraih medali emas nomor lempar lembing putra, M Khairuddin Syahputra, atlet atletik peraih medali perak nomor lari gawang 400 meter putra, Jaka Kurniawan Ginting, atlet biliar peraih medali perak dan perunggu. Sementara Sri Astuti, atlet atletik nomor lempar lembing putri yang sayangnya tak meraih medali juga turut dalam rombongan.

1. Empat atlet peraih medali tiba di bandara dengan selamat

3 Atlet Binjai Beri Kontribusi Medali di PON Papua, Termasuk EmasKontingen biliar Sumut tiba di Mimika dan siap bertanding di PON Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Hadir dalam penyambutan itu, Ketua KONI Kota Binjai, Agus Supriantono, didampingi Sekretaris, Yusdi Ghazali, Bendahara, Edi Purnomo, serta Ketua Bidang Sport Science dan Iptek, yang juga Sekretaris Dispora Kota Binjai, H Nizwansyah.

"Alhamdulillah, empat atlet kita tiba dengan selamat di Bandara Kualanamu tadi malam, sekira pukul 21.15 WIB," ungkap Sekretaris KONI Kota Binjai, Yusdi Ghazali, saat dikonfirmasi melalui aplikasi Whatsapp, Senin (18/10/2021) pagi.

Baca Juga: Sumut Finish di Peringkat 13 Klasemen PON XX, Terburuk Sejak 2004

2. Sudah enam atlet Binjai pulang ke kampung halaman

3 Atlet Binjai Beri Kontribusi Medali di PON Papua, Termasuk EmasPelempar lembing Sumatera Utara Abd Hafiz mengikuti nomor Final Lempar Lembing PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). (Dok.IDN Times/PB PON XX Papua)

Dikatakannya, kepulangan empat atlet asal Kota Binjai yang memperkuat Kontingen Sumatera Utara di ajang PON XX/2021 di Papua tentunya melengkapi enam dari total sembilan atlet asal Kota Rambutan, julukan Binjai, yang sudah kembali ke kampung halaman mereka.

Sebelumnya pada 6 Oktober dan 15 Oktober 2021 lalu, M Iqbal, atlet taekwondo putra dan Kevin Armedya, atlet sepakbola putra terlebih dahulu tiba di Kota Binjai.

Sedangkan tiga atlet asal Kota Binjai lainnya, yakni M Syehan Alfarez dan Frengko Ginting, atlet pencak silat putra, serta Zulfikar Panjaitan, atlet catur, untuk sementara ini masih berada di Papua.

3. Beberapa atlet dan wasit asal Binjai masih jalani karantina di Papua karena COVID-19

3 Atlet Binjai Beri Kontribusi Medali di PON Papua, Termasuk EmasIlustrasi Pulau Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Sama seperti atlet, tiga dari total enam wasit asal Kota Binjai yang tampil pada ajang PON XX/2021 di Papua, yakni Alberto Maradona Sitepu dan Ardianja Tarigan, wasit hoki, serta Sri Wahyuni, wasit tinju, sudah kembali ke daerah mereka per 15 Oktober 2021.

"Kebetulan, dua atlet pencak silat, satu atlet catur, dan satu wasit angkat besi kita atas nama Fitriansyah, sedang dikarantina di Jayapura dan Merauke, karena terpapar COVID-19. Sedangkan dua wasit gulat kita, yakni Andilala Sitorus dan Basri Sitohang, rencananya pulang hari ini," ujar Yusdi.

Nanitnya kepulangan seluruh punggawa olahraga asal Kota Binjai tersebut akan disambut oleh Wali Kota Binjai, Amir Hamzah, dalam acara seremonial yang siap dilaksanakan dalam waktu dekat di Gedung Balai Kota Binjai.

Baca Juga: Klasemen PON 2021, Tambahan 2 Emas Belum Angkat Sumut ke 10 Besar

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya