Comscore Tracker

Sejarah dan Seputar Batu Hobon di Samosir yang Penuh Misteri

Gak boleh asal bicara di dekat Batu Hobon

Ada berbagai macam sejarah bahkan misteri yang sampai saat ini menjadi tanda tanya. Ilmuan hingga arkeolog tak pernah berhenti menelusuri berbagai macam teka – teki yang ada. Baik secara alam maupun geologis. Di wilayah Samosir dikenal dengan wilayah yang penuh dengan misteri. Begitu pula perihal wisata Batu Hobon.

Batu Hobon sendiri merupakan bebatuan yang sejenis kubah batu lava. Yang menyembul ke permukaan akibat letusan Gunung Pusuk Buhit. Berikut merupakan sejarah seputar Batu Hobon. 

1. Sejarah dan misteri Batu Hobon

Sejarah dan Seputar Batu Hobon di Samosir yang Penuh MisteriBatu Hobon (toba.indonesian-tourism.com)

Sejarah batu hobon ini begitu panjang. Dimulai dari kisah Saribu Raja yang mendapatkan banyak warisan dari pendahulu. Ketika berangkat ke Gunung Pusuk Buhit. Untuk mengamankan pusaka Batak, mantra dan obat – obatan yang penting bagi warga batak terdahulu. Bahkan ketika zaman penjajahan belanda dulu. Penjajah ingin membongkar isi yang ada di dalam Batu Hobon. Namun tak pernah berhasil.

Batu Hobon sendiri merupakan buah tangan dari Raja Uti. Yang digunakan untuk menyimpan harta kekayaan warga batak terdahulu. Bahkan ada kepercayaan yang menyebutkan, bahwa harta yang ada di dalam batu hobon tersebut, akan dikeluarkan oleh Raja Uti. Yang dikisahkan tidak pernah mati.

Ada berbagai macam misteri yang menyelimuti Batu Hobon. Tak main-main bahkan, ketika ada seseorang yang ingin mencoba membongkar batu hobon ini. Konon akan menerima malapetaka atau bala yang akan mendatanginya. Apapun yang ingin dilakukan sebaiknya ikutilah prosedur yang ada. Karena semua demi kebaikan anda sendiri.

Baca Juga: Mengenal Tari Sigale-gale, Pengiring Upacara Kematian di Samosir

2. Lokasi Batu Hobon

Sejarah dan Seputar Batu Hobon di Samosir yang Penuh MisteriBatu Hobon Samosir (travelingmedan.com)

Lokasi Batu Hobon tidak sulit yakni berada di desa Limbong dan Desa Sagala. Karena batuan ini berada di luar pulau. Maka Anda tak perlu menyeberang lantaran bangunan ini cukup menonjol. Sehingga mudah dilihat dari kejauhan.

Di wilayah yang berdekatan dengan bebatuan Hobon ini, juga sudah disediakan berbagai fasilitas. Sehingga memudahkan wisatawan berkunjung.

Di sekitar Batu Hobon terbentang alam yang luas dan rumput yang hijau. Begitu hijaunya sehingga wisatawan akan merasa berada di dataran yang luas dan indah.

3. Destinasi wisata yang sakral

Sejarah dan Seputar Batu Hobon di Samosir yang Penuh MisteriBatu Hobon (tobatabo.com)

Sudah dipastikan Batu Hobon merupakan destinasi wisata yang sakral. Tidak asal wisatawan harus berperilaku sopan ketika mengunjungi batu hobon ini. Bahkan untuk mengucap kata kotor saja sangat dilarang. Budaya yang kental dengan aura mistis akan dirasakan saat kamu ke sana.

Banyak wisatawan yang penasaran akan sejarah dan terbentuknya Batu Hobon. Sehingga selalu ada penerjemah yang ditempatkan di sekitar lokasi wisata. Agar wisatawan memahami tentang sejarah dan asal – usul Batu Hobon.

Baca Juga: Asyiknya Wisata Air Panas Aek Rangat di Pangururan Samosir

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya