Comscore Tracker

Ternyata Mengajari Anak Berpuasa Gak Sulit, Simak Nih 5 Caranya

Memupuk kesadaran tidak butuh paksaan ya guys

Medan, IDN Times – Ibadah puasa menjadi kewajiban bagi umat Islam yang  sudah aqil baligh dewasa. Namun tak ada salahnya, jika anak-anak yang belum aqil baligh juga sudah mulai diajarkan berpuasa.

Paling tidak, jika diajarkan sejak dini anak-anak bakal terbiasa. Sehingga tidak canggung lagi ketika dia harus berpuasa saat dewasa.

IDN Times merangkum sejumlah tips untuk mengajari anak berpuasa. Yuk kita kulik satu persatu.

1. Anak harus memahami jika puasa itu adalah ajaran agama dan pahala merupakan ganjaran orang yang melakukannya

Ternyata Mengajari Anak Berpuasa Gak Sulit, Simak Nih 5 Caranyailmfeed.com

Pendidikan agama tidak hanya kewajiban sekolah untuk mengajarinya kepada anak. Peran orang tua adalah yang palaing penting untuk mendidik moral agama anaknya.

Dalam hal berpuasa, orangtua penting menjelaskan kepada anaknya tentang arti berpuasa. Setidaknya, menjelaskan jika ibadah puasa merupakan rukun Islam dalam perkara ketiga.

Jika ibadah itu dijalanan maka pahala akan jadi ganjarannya. Maka, apabila anak mengerti dia akan mulai belajar berpuasa.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Bulan Ramadan Gak Batalkan Puasa

2. Libatkan dalam setiap kegiatan menyangkut ibadah Ramadan

Ternyata Mengajari Anak Berpuasa Gak Sulit, Simak Nih 5 CaranyaIlustrasi tips sahur yang berkualitas. Foto: Dok. istock

Dalam fase belajar, biasanya anak punya rasa ingin tahu yang tinggi. Saat belajar berpuasa, anak-anak  kerap sekali ingin tahu apa saja sebenranya kegiatan yang sering dilakukan saat Ramadan.

Misalnya, sahur, salat berjamaah, buka puasa bersama, tarawih dan tadarusan. Upayakan anak-anak dilibatkan dalam setiap kegiatan tersebut. Perlahan-lahan dia akan belajar dan mulai mebiasakan di tahun-tahun berikutnya.

3. Jangan paksakan anak untuk berpuasa penuh

Ternyata Mengajari Anak Berpuasa Gak Sulit, Simak Nih 5 CaranyaPexels.com/Porapak Apichodilok

Dalam hal belajar, tak ada yang  langsung masuk dalam tahapan bisa. Untuk anak-anak yang baru belajar berpuasa, jangan terlalu dipaksakan.

Biarkan anak menahan haus dan lapar sampai waktu yang disanggupinya. Misalnya hanya setengah hari saja. Tidak memaksa anak juga memberikan pemahaman kepada mereka tidak ada paksaan menjalankan ibadah dalam agama Islam. Namun setiap perbuatan pasti punya konsekuensinya.

4. Ajari anak selalu bersyukur dalam berpuasa

Ternyata Mengajari Anak Berpuasa Gak Sulit, Simak Nih 5 CaranyaUnsplash/Ben White

Kita harus terus mengajari anak tentang bagaimana mensyukuri apapun dalam kehidupan. Nah, dalam berpuasa, jangan lupa juga untuk mengajari anak untuk bersyukur.

Mulai juga ajari anak untuk mengenal ayat-ayat Alquran yang membahas tentang rasa syukur. Salah satunya ada di dalam Surat Luqman.  

"Dan sungguh, telah kami berikan hikmah kepada Luqman yaitu bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya, Maha Terpuji." (QS. Luqman, 31:12)

5. Berikan reward jika anak mampu berpuasa penuh

Ternyata Mengajari Anak Berpuasa Gak Sulit, Simak Nih 5 Caranyaunplash.com/Ben White

Supaya anak-anak semakin bersemangat, berikan reward atau hadiah  jika mereka mampu menuntaskan ibadah puasa. Apalagi hadiah itu merupakan kesukaan anak.

Tapi bukan berarti kita  harus memberikan hukuman kepada anak  jika dia tidak mampu menjalankan ibadah puasa. Karena, yang perlu diingat mereka masih dalam tahapan belajar yah guys.

Baca Juga: Begini Cara Melek Finansial Biar Gak Tertipu dengan Crazy Rich Palsu

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya