Comscore Tracker

Sekolah Tatap Muka, Wali Kota Bobby Tunggu Instruksi Gubernur Edy

20 persen pelajar diklaim sudah vaksin

Medan, IDN Times - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota  Medan akan segera dilakukan dan tengah dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan.

Hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Medan sudah melakukan kordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara.

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution menjelaskan untuk persiapan PTM terbatas yakni infrastruktur Protokol Kesehatan (Prokes) di sekolah-sekolah dan melakukan vaksinasi terhadap pelajar berusia di atas 12 tahun.

"Namun kemarin saya sampaikan dalam rapat itu, juga tentang tatap muka tetap harus berkoordinasi dengan Provinsi. Karena jangan pula SD (sekolah dasar), SMP. (Namun) kita buka tatap muka SMA-nya," ucapnya.

Baca Juga: Kisah Para Guru Inspiratif dan Rela Menerjang Bahaya Demi Siswa

1. Bobby akui telah melakukan koordinasi bersama Gubernur Sumut untuk melaksanakan PTM

Sekolah Tatap Muka, Wali Kota Bobby Tunggu Instruksi Gubernur EdyGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Sekdaprov Sumut R Sabrina melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (11/5/2021). (Istimewa/Dinas Kominfo Provinsi Sumut)

Untuk pelaksanaan PTM ini, Bobby mengaku telah berkoordinasi dengan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi juga Disdik Kota Medan berkordinasi dengan Disdik Sumut agar pelajar yang melaksanakan PTM terlindungi dari COVID-19 saat di sekolah hingga diluar sekolah.

"Kata pak Gubernur tadi pagi, menyatakan silahkan untuk melakukan tatap muka apabila mau dilakukan dulu Dulu SMP. Kami Pemerintah Kota Medan memperbolehkan. Mekanismenya, akan kami lanjuti lebih terperinci lagi. Karena, ini menyangkut keselamatan anak-anak kita," sebut Bobby.

2. Vaksinasi kepada pelajar sudah dilakukan 20 persen, dan menargetkan per hari 5 ribu pelajar

Sekolah Tatap Muka, Wali Kota Bobby Tunggu Instruksi Gubernur EdyVaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Bobby juga menjelaskan bahwa Pemkot Medan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar dan sudah 20 persen pelajar sudah divaksin.

Dalam status Kota Medan yang saat ini PPKM level II. Bobby menargetkan per hari 5 ribu pelajar akan divaksinasi.

"Hari ini, kurang lebih sudah dua Minggu. Kita kejar target kita kemarin Pemko Medan membuat target 20 persen sudah tervaksin dari jumlah siswa yang diperbolehkan itu dari 105.000 orang (pelajar). Kalau sudah 20 persen divaksin kita boleh melakukan tatap muka per hari ini sudah 46.000 (pelajar). Dengan target per hari 5.000 anak kita vaksin di 5 titik (di Medan)," ucap Bobby Nasution.

3. Bobby akui masih menunggu surat edaran dari gubernur untuk kelonggaran PTM

Sekolah Tatap Muka, Wali Kota Bobby Tunggu Instruksi Gubernur EdyIlustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Dirinya mengungkapkan, surat edaran Inmendagri telah keluar dan saat ini menunggu Ingub Sumut yang nantinya akan dituangkan dalam instruksi Wali Kota Medan nantinya.

"Nanti kita menunggu apa-apa saja yang diperlonggar. Mungkin jam buka ataupun persentase kehadiran anak ke sekolah itu kemarin sudah 50 persen. Namun, tetap kami kurangi 25 persen seperti itu nantinya perlonggaran-pelonggaran yang tetap kita perketat prokesnya," kata Bobby Nasution.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya