Comscore Tracker

Prajurit Kopassus yang Gugur di Papua Berencana Menikah Februari 2020

Sang kekasih sudah punya firasat sebelumnya

Dairi, IDN Times - Gugurnya prajurit Kopassus Lettu Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky menjadi duka mendalam bagi keluarga besar TNI . Keduanya gugur dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Selasa (17/12).

Lettu Erizal diketahui putra daerah asal Dairi, Sumatera Utara. Rencananya, pemakaman Lettu Zuhri akan dilaksanakan dengan upacara militer, Jumat (20/12). Erizal merupakan putra kandung Aiptu Rukur Sidabutar, personel Polres Dairi.

1. Lettu Erizal Zuhri berencana menikah Februari 2020

Prajurit Kopassus yang Gugur di Papua Berencana Menikah Februari 2020Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar (Facebook/Erizal Lumongga Zuhry)

Informasi yang dihimpun, ternyata Lettu Erizal berencana menikahi kekasihnya bernama Putri. “Kami dari Polres Dairi begitu berduka. Ananda Erizal berencana menikah Februari mendatang. Namun kehendak Tuhan berkata lain,” ujar Juru Bicara Polres Dairi Ipda Donny Saleh, kerabat ayahnya, Rabu (18/12).

Kata Donny, Erizal dikenal baik di lingkungan Asrama Polri Dairi. Bahkan, Donny sendiri mengenalnya dengan sosok yang begitu ramah.

“Erizal adalah sosok yang begitu ramah. Dia adalah anak yang bisa dijadikan teladan,” ungkapnya.

Baca Juga: Tertembak di Papua, Jenazah Kopassus Akan Tiba di Dairi Besok

2. Kekasih Lettu Erizal unggah foto kebersamaan di Instastory

Prajurit Kopassus yang Gugur di Papua Berencana Menikah Februari 2020Putri harus kehilangan kekasihnya yang gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Papua (dok. instagram @putrikladiaa)

Kepergian Erizal membuat kekasihnya kehilangan. Lewat akun instagram @putrikladia, Putri sang kekasih mengungkapkan duka mendalam. Ungkapan kesedihan itu diunggahnya di instastory pada Selasa (17/12).

Dia mengunggah foto kebersamaan dengan Erizal semasa hidup. Putri yang mengenakan kebaya merah menggandeng Erizal yang mengenakan seragam TNI dengan baret merah kebanggaannya.

"Innalilahi wainnalilahi rojiun telah berpulang Lettu (inf) Erizal Zuhry Sidabutar dalam tugas operasi Papua. Semoga beliua diterima di sisi Allah SWT, dan di apangkan kuburnya terima kasih atas perhatian dan doa doa rekan sekalian," ujar Putri di akun Instagramnya.

3. Sang kekasih sudah punya firasat sebelum Lettu Erizal gugur

Prajurit Kopassus yang Gugur di Papua Berencana Menikah Februari 2020Putri harus kehilangan kekasihnya yang gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Papua (dok. instagram @putrikladiaa)

Dalam unggahan instagramnya, Putri juga mengungkap soal firasat yang didapatnya sebelum Erizal gugur.

Hal itu diungkapkan Putri dalam unggahan foto Erizal dengan seragam lengkap dan memanggul ransel besar, Rabu (18/12) sekira pukul 09.00 WIB.

"Uda ngerasa banget dari Minggu lalu sebelum berangkat gerak. Kali ini lebih khawatir sampe gak bisa tidur berhari hari kepikiran terus sampe chat inang (ibu dalam bahasa Batak) minta doain abang, apalagi sebentar lagi mau pulang ke Jakarta, Ade percaya selalu abang pasti bisa tapi Allah berkata lain, Allah lebih sayang abg dibanding kita semua, Allah tahu yang terbaik untuk Abang, pernikahan kita yang sebentar lagi setelah abang pulang tugas Papua juga Allah berikan yang terbaik untuk kita, Al Fatihah," ujar Putri dalam Instastory-nya.

Hingga saat ini, para kerabat dan keluarga masih mendatangi rumah duka. Mereka begitu kehilangan dengan kepergian Lettu Erizal. 

Sebelumnya, terjadi baku tembak antara Satgas Penegakan Hukum (Gakum) TNI/Polri dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kepala Bidang Penerangan Umum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Selasa (17/12) sekitar pukul 15.30 WIT.

''(Baku tembak) menyebabkan dua prajurit TNI gugur saat melaksanakan tugas dalam menjamin keamanan warga Papua," kata Sus Taibur dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (18/12).

Baca Juga: Tewas di Papua, Kopassus Erizal Dikenal Ramah oleh Masyarakat Dairi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya