Comscore Tracker

Pendeta di Deli Serdang Ditembak, Polisi Periksa 8 Saksi

Diduga ditembak dari atas bukit

Medan, IDN Times – Polisi tengah melakukan penyelidikan mendalam terkait kasus dugaan penembakan terhadap Pendeta Fernando Tambunan (42) di rumahnya Komplek Perumahan Victory Land, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (27/6/2022).

Polisi sudah  melakukan pemeriksaan terhadap para saksi untuk mendalami peristiwa itu. “Hingga saat ini telah melakukan pemeriksaan terhadap kurang lebih 8 orang saksi,”ujar Kasatreskrim Polresta Deli Serdang Kompol I Kadek H Cahyadi, kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

1. Polisi masih kumpulkan semua keterangan untuk menyimpulkan dugaan kasus

Pendeta di Deli Serdang Ditembak, Polisi Periksa 8 SaksiTim Labfor Polda Sumut melakukan penyelidikan di lokasi Pendeta Fernando Tambunan tertembak. (Istimewa)

Kata Kadek, hingga saat ini timnya masih berada di lapangan. Mereka terus mengumpulkan keterangan para saksi lainnya. “Anggota masih di lapangan untuk mencari saksi lain dan mengumpulkan keterangan saksi itu, untuk mengetahui motif kejadian tindak pidana tersebut,” kata Kadek.

Namun Kadek belum merinci keterangan yang didapat dari saksi yang telah diperiksa. Pihaknya masih melakukan sinkronisasi fakta dari keterangan para saksi.

“Hingga saat ini, kita belum simpulkan, karena masih adanya simpang siur keterangan. Artinya kami simpulkan keterangan terlebih dahulu, dengan mengaitkan keterangan dari saksi saksi. Sehingga, bisa menyatakan itu keterangan yang lebih relevan,” ujarnya.

Baca Juga: Pendeta di Deli Serdang Ditembak di Rumah, Polisi Buru Pelaku

2. Penyelidikan libatkan tim gabungan

Pendeta di Deli Serdang Ditembak, Polisi Periksa 8 SaksiIlustrasi penyelidikan. (Pixabay.com/geralt)

Penyelidikan kasus dugaan penembakan itu, melibatkan tim gabungan Polsek Galang, Polretsa Deli Serdang dan Polda Sumut.  

Polda Sumut menerjunkan tim Bidang Laboratorium Forensik untuk melaksanakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Untuk hasilnya menunggu ahli dari Polda Sumut,”ujar Kanit Reskrim Polsek Galang Iptu Panji Nugraha kepada wartawan, Selasa (28/6/2022). 

3. Arah peluru diduga dari atas bukit

Pendeta di Deli Serdang Ditembak, Polisi Periksa 8 SaksiIlustrasi penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dugaan sementara, korban ditembak menggunakan senapan angin dari atas bukit yang berada tidak jauh dari rumah korban. Diketahui posisi rumah korban berada di dekat tembok komplek.

Di luar kompleks perumahan, bukit  itu tertutup pepohonan. Jarak dari bukit dengan rumah korban sekitar 10 meter. Dari tempat itu, diduga arah peluru datang.

“Belum bisa kita pastikan dari arah mana, cuma dari keterangan istri korban dan yang lain, dari atas sana atas bukit (menembaknya),” ujar Panji.

Saat ini, kondisi korban sudah terus membaik. Proyekyil peluru dari dada korban sudah dikeluarkan.

Sebelumnya, Kapolresta Deli Serdang, Komisaris Besar Irsan Sinuhaji mengatakan, penembakan terjadi pada pukul 20.30 WIB. Bermula saat korban selesai makan malam. 

“Kemudian duduk-duduk di teras rumahnya bersama dengan istrinya Noraya Purba. Kemudian tiba-tiba Korban berkata kepada istrinya ‘tertembak aku’ dan saksi melihat korban sudah memegang dadanya yang mengeluarkan darah,”ujar Irsan dalam keterangannya, Selasa (28/6/2022).

Korban langsung dievakuasi oleh tetangganya. Dia dibawa ke RSUD Amri Tambunan. Dia tertembak di bagian dada.

Baca Juga: Terungkap! Siswi SMP di Langkat Diperkosa dan Dibunuh Pacarnya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya